Entertainment
Share this on:

Titi Qadarsih Tutup Usia

  • Titi Qadarsih Tutup Usia
  • Titi Qadarsih Tutup Usia

JAKARTA - Artis senior Titi Qadarsih berpulang dalam usia 73 tahun kemarin (22/10). Perempuan kelahiran Pare, Kediri, yang dikenal sebagai peragawati, penari, dan pemeran film itu mengawali karir sebagai personel grup Salanti Bersaudara pada era 1960-an.

Kabar meninggalnya Titi disampaikan sang putra, Indra Chandra Setiadi alias Indra Qadarsih, melalui akun Instagram-nya @indraqadarsih kemarin siang. ”Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah berpulang ibunda kami tercinta Titi Qadarsih binti Sardjan. Dalam perjalanan pulang ke rumah beliau di Cinangka,” tulis Indra.

Titi meninggal karena kanker usus stadium 4. Penyakit tersebut diidap Titi sejak bulan puasa lalu dan terdeteksi setelah menjalani operasi. ”Mama sudah sering nggak enak badan dan mulai pengobatan selama dua bulan,” ujar Indra saat ditemui kemarin sore di rumah duka di kawasan Cinangka, Depok.

Sebelumnya, artis yang dikenal dengan gayanya yang kenes itu sempat menjalani pengobatan di RS Fatmawati selama dua minggu. Indra yang juga musisi BIP mengatakan bahwa sang ibu berpulang pukul 12.00. Indra yang baru kembali dari Makassar setelah manggung dengan BIP menjemput sang ibu dari sebuah hotel.

Mendiang yang rencananya dirawat lagi di rumah sakit sempat diinapkan di hotel, lantaran kamar rumah sakit penuh. Hingga menjelang wafat, Titi belum mendapatkan kamar inap di rumah sakit.

Atas berbagai pertimbangan, Indra memutuskan membawa sang ibu kembali ke rumahnya di Cinangka. Dalam perjalanan dari hotel ke Cinangka itulah sang ibu wafat. ”Kata mama, rumah ini punya banyak kenangan untuk dia, karena artefak seni dan kaset-kasetnya ada di sini,” ujar Indra.

Indra tak menyangka sang ibu akan berpulang. Menurut dia, Titi tak pernah mengeluh soal penyakitnya. Dia selalu tegar dan kuat. Bahkan, di masa-masa akhir hidupnya, Titi terbilang cukup lincah. ”Cuma, mama memang sempat mengeluh sakit di perut,” lanjutnya.

Mantan personel Slank itu juga memohon maaf jika almarhumah ada salah. ”Dan bila beliau ada tanggungan yang belum ditunaikan, mohon kabari kami,” lanjutnya. Rencananya, jenazah dimakamkan hari ini (23/10) di TPU Tanah Kusir. (nor/len/c25/jan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Hibur Anak Yatim dan Kaum Dhuafa
Hibur Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Berita Sejenis

Film Sedang Tayang di Bioskop

Film Sedang Tayang di Bioskop

Di usia remaja, Ahok harus meninggalkan Belitung dan hidup mandiri di Jakarta.


Malam Tahun Baru ke-20 Titi dan Tian

Malam Tahun Baru ke-20 Titi dan Tian

Titi Kamal dan Christian Sugiono merayakan pergantian tahun menuju 2019 di Berlin, Jerman.


Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia

Ibunda Roger Danuarta Tutup Usia

Pesinetron Roger Danuarta berduka. Sang ibu, Engnawati Atmadja, meninggal, Jumat lalu (23/11) lalu, di usia 63 tahun.


Titi DJ Ternyata Idolakan Raisa

Titi DJ Ternyata Idolakan Raisa

Sejumlah penyanyi kenamaan turut hadir dalam konser tunggal Raisa bertajuk Fermata Intimate Concert, Rabu (21/11) malam.


Stan Lee Wariskan Dirt Man

Stan Lee Wariskan Dirt Man

Tidak semua superhero mengenakan jubah. Salah satunya adalah Stan Lee, pencipta karakter superhero Marvel yang wafat di usia 95 tahun.


Pretty Asmara Tutup Usia setelah Sakit Dua Bulan

Pretty Asmara Tutup Usia setelah Sakit Dua Bulan

Berakhir sudah hari-hari Pretty Asmara di Rutan Jakarta Timur alias Rutan Pondok Bambu.


Sepertinya Bakal Punya Anak Cowok

Sepertinya Bakal Punya Anak Cowok

Memasuki usia kehamilan 7 bulan, aktris Ardina Rasti menjalani upacara 7 bulanan atau mitoni.


Luna Maya Jadi Suzzanna

Luna Maya Jadi Suzzanna

Ratu film horor Indonesia Suzzanna dihadirkan lagi. Aktris yang berkarir mulai 1950 itu memang sudah tutup usia.


Berbagi dan Manjakan Diri

Berbagi dan Manjakan Diri

Tetap cantik di usia tak muda menjadi kebanggan kaum hawa.


Hamil ’’Dua-duanya’’

Hamil ’’Dua-duanya’’

Komika Babe Cabiita dan istri tengah menanti kelahiran anak pertama. Saat ini usia kehamilan Zulfati Indraloka memasuki minggu ke-40.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!