Entertainment
Share this on:

Tutup Usia setelah Fans Galang Dana

  • Tutup Usia setelah Fans Galang Dana
  • Tutup Usia setelah Fans Galang Dana

JAKARTA - Leo Kristi, salah seorang legenda maestro musik ballad Indonesia, telah menuntaskan konsernya di dunia. Dia meninggal setelah sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Immanuel Bandung, akibat komplikasi penyakit.

Pria yang terlahir dengan nama Leo Imam Sukarno itu berpulang pukul 00.59 kemarin (21/5) di usia 67 tahun. Beberapa sumber menyebut dia mengalami gagal ginjal.

Namun, keluarga Leo mengatakan, musisi yang jika manggung identik dengan jubah hitam itu menderita disentri amoeba. Yakni, radang usus yang disebabkan amoeba. Tensi darahnya terus turun sehingga dibawa ke rumah sakit.

Dua hari di ruang perawatan ternyata drop lagi, lalu masuk ke ruang ICU, jelas kakak Leo, Boni, saat dijumpai di rumah duka, kawasan Jatiwaringin Asri, Jakarta Timur, kemarin.

Boni melanjutkan, sebenarnya kondisi adiknya sempat membaik. Sebab, sudah sekitar dua minggu dia kembali dipindahkan ke ruang rawat inap. Tapi, tadi malam drop lagi. Nggak tahu kenapa sebabnya, dia masuk ke ICU lagi, imbuhnya.

Boni merasa sebelumnya tidak ada yang mengetahui sakit yang diidap Leo. Menurut dia, keluarga baru mengetahuinya 23 hari yang lalu. Saat itu sudah terlambat. Sebab, kondisi badan Leo semakin turun.

Leo dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Iqro, Jatimakmur, Pondok Gede, Jakarta Timur, setelah salat Asar kemarin.

Yang bikin makin sedih, Leo pergi tepat setelah para sahabat fans yang bergabung dalam LKERS menggelar konser penggalangan dana buat dirinya. Acara itu diadakan di Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu malam (20/5).

Iya, benar (ada) konser itu. Tapi, saya belum dikasih penjelasan atau keputusan dari mereka seperti apa, jelas Boni.

Leo lahir di Surabaya, 8 Agustus 1949. Dia pernah membuat trio bareng Gombloh dan Franky Sahilatua. Namanya Lemon Tree?s. Semasa aktif berkarya, dia dikenal memilih jalan yang sunyi. Dalam arti, tak ikut arus. Anti-mainstream kata anak zaman sekarang. Bahkan, di kalangannya, dia dianggap nyeleneh.

Ketika SMP, Leo menjalani kursus gitar kepada Toni Kerdijk, direktur sekolah musik rakyat. Selepas SMA, dia sempat kuliah di ITS, namun drop out untuk belajar musik kepada Syam Kamaruzaman.

Hanya sebentar kursus formal, Leo memilih berdagang daster. Di situ dia bertemu dengan Gombloh, lantas menjadi pengamen jalanan. Setelah bertemu dengan Franky, terbentuklah Lemon Tree?s.

Namun, Leo tetap nyeleneh. Suatu ketika, dia melakukan konser di Bentara Budaya, Jogjakarta. Di tengah konser, tiba-tiba dia menghilang. Leo pergi ke belakang gedung, merokok. Penonton heboh.

Di waktu lain, Leo diundang konser akbar. Dia muncul di panggung dengan mulut ditutup plester. Dia hanya mau main gitar, ogah menyanyi.

Pernah juga, saat konser, dia mengajak anaknya yang masih bayi dan meletakkannya di atas piano. Si kecil memainkan tuts piano sekenanya. Leo spontan menyahut dengan petikan gitarnya. Unik. Leo kini telah pergi. Membawa serta keunikan dan segala masterpiece-nya. (glo/c19/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Sempat Memanas, Dewi Perssik-Rosa Meldianti Akhirnya Resmi Berdamai

Sempat Memanas, Dewi Perssik-Rosa Meldianti Akhirnya Resmi Berdamai

Setelah sempat memanas hubungan Dewi Perssik dengan keponakannya, Rosa Meldianti. Bahkan sampai berujung saling lapor ke polisi.


Didesak Nikah Netizen, Pacar Deddy Corbuzier Sedih

Didesak Nikah Netizen, Pacar Deddy Corbuzier Sedih

Setelah Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf, sang kekasihnya, Sabrina Chairunnisa banjir desakan menikah oleh netizen.


Sempat Kontroversi, Film Zara JKT48 Akhirnya Lolos Juga

Sempat Kontroversi, Film Zara JKT48 Akhirnya Lolos Juga

Setelah sempat menjadi kontroversi sebelum ditayangkan, akhirnya Kamis (11/7), film 'Dua Garis Biru' tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia.


Keren, Mikha Tambayong Kuliah S2 di Harvard

Keren, Mikha Tambayong Kuliah S2 di Harvard

Setelah Maudy Ayunda berhasil masuk ke universitas bergengsi Harvard, kini giliran Mikha Tambayong.


Kasus 'Ikan Asin,' Galih, Rey Utami dan Pablo Ditetapkan Jadi Tersangka

Kasus 'Ikan Asin,' Galih, Rey Utami dan Pablo Ditetapkan Jadi Tersangka

Setelah melewati berbagai proses pemeriksaan akhirnya, Kamis (11/7) polisi menetapkan Galih Ginanjar, dan pasangan Rey Utami serta Pablo sebagai tersangka.


Konser di Daerah, Siti Badriah Kaget Dicium Fans Lelaki

Konser di Daerah, Siti Badriah Kaget Dicium Fans Lelaki

Pedangdut Siti Badriah alias Sibad terlihat kaget ketika salah fansnya mencium pipinya ketika sedang mengisi acara di salah satu daerah.


Kasus Ikan Asin Dibawa ke Komnas Perempuan

Kasus Ikan Asin Dibawa ke Komnas Perempuan

Setelah melaporkan sang mantan suami, Galih Ginanjar, ke Polda Metro Jaya, Fairuz A. Rafiq kemudian mengadukan kasus ikan asin ke Komnas Perempuan.


Ashanty Kaget Digugat Rp9,4 M

Ashanty Kaget Digugat Rp9,4 M

Setelah sempat bungkam, akhirnya penyanyi Ashanty buka suara perihal digugat Rp9,4 miliar dalam kasus wanprestasi bisnis kosmetik oleh rekan bisnisnya.


Digugat Rekan Bisnis, Ashanty Tetap Bungkam

Digugat Rekan Bisnis, Ashanty Tetap Bungkam

Setelah digugat di Pengadilan Negeri Tangerang oleh Martin Pratiwi, Ashanty bak ditelan bumi.


Tata Janeeta Resmi Cerai

Tata Janeeta Resmi Cerai

Setelah menghadiri sidang perceraian beberapa kali, akhirnya penyanyi Tata Janeeta resmi bercerai dari suaminya Mehdi Zati di Pengadilan Agama.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!