Entertainment
Share this on:

Tutup Usia setelah Fans Galang Dana

  • Tutup Usia setelah Fans Galang Dana
  • Tutup Usia setelah Fans Galang Dana

JAKARTA - Leo Kristi, salah seorang legenda maestro musik ballad Indonesia, telah menuntaskan konsernya di dunia. Dia meninggal setelah sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Immanuel Bandung, akibat komplikasi penyakit.

Pria yang terlahir dengan nama Leo Imam Sukarno itu berpulang pukul 00.59 kemarin (21/5) di usia 67 tahun. Beberapa sumber menyebut dia mengalami gagal ginjal.

Namun, keluarga Leo mengatakan, musisi yang jika manggung identik dengan jubah hitam itu menderita disentri amoeba. Yakni, radang usus yang disebabkan amoeba. Tensi darahnya terus turun sehingga dibawa ke rumah sakit.

Dua hari di ruang perawatan ternyata drop lagi, lalu masuk ke ruang ICU, jelas kakak Leo, Boni, saat dijumpai di rumah duka, kawasan Jatiwaringin Asri, Jakarta Timur, kemarin.

Boni melanjutkan, sebenarnya kondisi adiknya sempat membaik. Sebab, sudah sekitar dua minggu dia kembali dipindahkan ke ruang rawat inap. Tapi, tadi malam drop lagi. Nggak tahu kenapa sebabnya, dia masuk ke ICU lagi, imbuhnya.

Boni merasa sebelumnya tidak ada yang mengetahui sakit yang diidap Leo. Menurut dia, keluarga baru mengetahuinya 23 hari yang lalu. Saat itu sudah terlambat. Sebab, kondisi badan Leo semakin turun.

Leo dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Iqro, Jatimakmur, Pondok Gede, Jakarta Timur, setelah salat Asar kemarin.

Yang bikin makin sedih, Leo pergi tepat setelah para sahabat fans yang bergabung dalam LKERS menggelar konser penggalangan dana buat dirinya. Acara itu diadakan di Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu malam (20/5).

Iya, benar (ada) konser itu. Tapi, saya belum dikasih penjelasan atau keputusan dari mereka seperti apa, jelas Boni.

Leo lahir di Surabaya, 8 Agustus 1949. Dia pernah membuat trio bareng Gombloh dan Franky Sahilatua. Namanya Lemon Tree?s. Semasa aktif berkarya, dia dikenal memilih jalan yang sunyi. Dalam arti, tak ikut arus. Anti-mainstream kata anak zaman sekarang. Bahkan, di kalangannya, dia dianggap nyeleneh.

Ketika SMP, Leo menjalani kursus gitar kepada Toni Kerdijk, direktur sekolah musik rakyat. Selepas SMA, dia sempat kuliah di ITS, namun drop out untuk belajar musik kepada Syam Kamaruzaman.

Hanya sebentar kursus formal, Leo memilih berdagang daster. Di situ dia bertemu dengan Gombloh, lantas menjadi pengamen jalanan. Setelah bertemu dengan Franky, terbentuklah Lemon Tree?s.

Namun, Leo tetap nyeleneh. Suatu ketika, dia melakukan konser di Bentara Budaya, Jogjakarta. Di tengah konser, tiba-tiba dia menghilang. Leo pergi ke belakang gedung, merokok. Penonton heboh.

Di waktu lain, Leo diundang konser akbar. Dia muncul di panggung dengan mulut ditutup plester. Dia hanya mau main gitar, ogah menyanyi.

Pernah juga, saat konser, dia mengajak anaknya yang masih bayi dan meletakkannya di atas piano. Si kecil memainkan tuts piano sekenanya. Leo spontan menyahut dengan petikan gitarnya. Unik. Leo kini telah pergi. Membawa serta keunikan dan segala masterpiece-nya. (glo/c19/na/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Diisukan Dekat Ariel Noah, Pevita Pearce ternyata Jomlo

Diisukan Dekat Ariel Noah, Pevita Pearce ternyata Jomlo

Setelah cukup lama enggan berkomentar soal kedekatannya dengan Ariel Noah, kini aktris cantik Pevita Pearce akhirnya mau terbuka pada awak media.


Reino Barak Ditagih Unggah Foto Pernikahannya dengan Syahrini

Reino Barak Ditagih Unggah Foto Pernikahannya dengan Syahrini

Setelah menikahi Syahrini, Rabu (27/2) lalu, Reino Barack kembali aktif di media sosial (medsos) Instagram untuk kali pertamanya, Kamis (28/2) malam.


Rossa dan Super Junior Siapkan Lagu Duet

Rossa dan Super Junior Siapkan Lagu Duet

Penyanyi Rossa (40) membuat para ELF (sebutan fans boyband Super Junior) ngiri. Pelantun Body Speak tersebut bakal berkolaborasi dengan Super Junior.


Film Sedang Tayang di Bioskop

Film Sedang Tayang di Bioskop

Di usia remaja, Ahok harus meninggalkan Belitung dan hidup mandiri di Jakarta.


Ubay, Vokalis Baru Nidji

Ubay, Vokalis Baru Nidji

Setelah melalui pencarian sejak akhir tahun lalu, akhirnya Nidji menemukan vokalis baru untuk meneruskan perjalanan setelah Giring memutuskan rehat bermusik.


BTS Jadi Presenter di Grammys

BTS Jadi Presenter di Grammys

Ada kabar baik untuk ARMY (sebutan fans BTS) sejagat raya. BTS bakal hadir dalam 61st Grammy Awards pada 10 Februari mendatang.


Penampilan Perdana setelah Menikah

Penampilan Perdana setelah Menikah

Pasangan Miley Cyrus dan Liam Hemsworth akhirnya tampil di publik setelah menjadi suami istri.


Istri Hamil? Baim Wong: Doakan Saja ya...

Istri Hamil? Baim Wong: Doakan Saja ya...

Setelah pergi bulan madu ke AS dan Italia akhir tahun lalu serta liburan di Jepang awal bulan ini, pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven dikabarkan akan memili


Aura Kasih Hamil, Mual, dan Minta Rujak

Aura Kasih Hamil, Mual, dan Minta Rujak

Setelah membagikan kabar pernikahan yang diresmikan 22 Desember lalu, Aura Kasih mengabarkan bahwa dirinya telah hamil.


Bermotor ke Carita, Rio Dewanto Bagikan Logistik

Bermotor ke Carita, Rio Dewanto Bagikan Logistik

Sehari setelah tsunami, Minggu (23/12), Rio Dewanto mengunjungi kawasan terdampak di Pantai Anyer Carita, Banten, dan sekitarnya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!