Kriminal
Share this on:

2,2 Juta Milenial Terpapar Narkoba

  • 2,2 Juta Milenial Terpapar Narkoba
  • 2,2 Juta Milenial Terpapar Narkoba

JAKARTA - Sasaran peredaran dan penggunaan narkoba kini diarahkan untuk generasi muda. Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat setidaknya 2.297.492 pelajar atau mahasiswa pernah menyalahgunakan narkoba.

Sementara di kategori pekerja sebanyak 1.514.037 orang. Hal itu diungkapkan Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko di sela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pertamanya di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Di depan ribuan jajaran BNN seluruh Indonesia yang hadir dalam acara itu, mantan Kapolda Lampung ini mengatakan, dari data penelitian BNN bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) jumlah pelajar dan mahasiswa yang terpapar narkoba adalah 3,21 persen dari jumlah generasi milenial saat ini.

"Tingkat peredaran di kalangan remaja sudah sangat mengkhawatirkan," katanya.

"Jumlah kelompok pelajar dan mahasiswa itu paling tinggi, dibandingkan kelompok pekerja yang prevalensinya hanya, sebesar 2,1 persen atau setara dengan 1.514.037 pekerja pernah menyalahgunakan narkoba pada tahun 2018," sambung Heru.

Heru juga membeberkan, data tentang penyalahgunaan narkotika jenis baru biasa disebut new psychoactive substances(NPS) yang setiap tahun terus bertambah. Saat in terdapat 803 narkotika jenis baru (NPS), dari angka tersebut, 74 di antaranya ada di Indonesia.

"Dari 74 NPS itu, ada beberapa di antaranya telah masuk dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No 20 Tahun 2018 tanggal 3 Juli 2018, yakni ssbanyak 66 jenis. Sehingga, 8 jenis lagibelum diatur di Kementerian Kesehatan," bebernya.

Heru menjelaskan, berangkat dari fenomena itu, kegiatan Rapimnas harus menyamakan persepsi dalam pemantapan pelaksanaan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) hingga kabupaten/kota seluruh Indoensia.

"Persoalan narkoba perlu ditangani secara komprehensif dan integral dengan langkah-langkah menyeluruh baik, dari segi demand reduction(pengurangan permintaan) sampai supply reduction (pengurangan pasokan). Selain itu, tentu harus didukung dengan inovasi-inovasi pelayanan publik dalam program P4GN," kata Heru.

Pada kesempatan ini, Heru pun memaparkan hasil pengungkapan narkotika oleh BNN bersama Polri di tahun 2018 lalu. Di mana ada 40.553 kasus yang telah diungkap dan menyita puluhan ton narkotika mulai dari ganja hingga sabu.

Dijlaskan Heru, ada 40.553 kasus narkoba yang melibatkan 53.251 tersangka. Barang bukti yang disita pada tahun 2018, antara lain ganja sebanyak 41,3 ton, sabu sebanyak 8,2 ton, dan ekstasi sebanyak 1,5 juta butir.

Heru menambahkan, terkait jenis narkotikan yang paling dianggap oleh pihaknya menjadi perhatian itu sesuai temuan BNN dilapangan, yakni ganja yang saat ini masih tetap menjadi salah satu jenis narkoba yang harus diperhatikan secara khusus.

"Kenapa ganja, karena pada tahun 2018 lalu BNN berhasil mengungkap 47 hektar lahan ganja yang di Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya,Ketum Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Henry Yosodiningrat menyampaikan, pemberantasan narkoba ini butuh langkah yang serius oleh semua pihak, tidak cukup dengan aparat hukum negeri menangkap dan mengungkap pelakunya.

"Kalau cuma mengandalkan aparat polisi tidak cukup. Kita perlu upaya lain, seperti memberikan pengetahuan terhadap masyarakat agar mengtahui bahaya narkoba. Dan keduanya ini, harus kita lakukan seimbang dan paralel," tandasnya. (mhf/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Australia Denda Nelayan Indonesia Rp 40 juta

Australia Denda Nelayan Indonesia Rp 40 juta

Nakhoda sebuah kapal nelayan asal Indonesia ditangkap dan dinyatakan bersalah, karena menangkap ikan secara ilegal di Perairan Australia.


Napi Narkoba Berulah Lagi, Lapas Langkat yang Dibakar Kondusif

Napi Narkoba Berulah Lagi, Lapas Langkat yang Dibakar Kondusif

Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Simpang Ladang Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dibakar narapidana narkotika.


80 Persen Narkoba Dikontrol dari Dalam Lapas

80 Persen Narkoba Dikontrol dari Dalam Lapas

Bisnis narkoba menjadi skandal buruknya wajah lembaga pemasyarakatan kita.


Sabu 200 Kg Ternyata Diangkut Truk Muatan Kelapa

Sabu 200 Kg Ternyata Diangkut Truk Muatan Kelapa

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggerebek dua tempat berbeda di Bekasi dan berhasil mengamankan sekitar 200 Kg narkoba jenis sabu-sabu, Minggu (12/5) dinihari


Fee Rp500 Juta Bui Tiga Tersangka

Fee Rp500 Juta Bui Tiga Tersangka

KPK menahan tiga tersangka dugaan tindak pidana korupsi suap terkait penanganan perkara pidana di Pengadilan Negeri Balikpapan tahun 2018.


Manfaatkan Jalur Laut,137 Kg Sabu Asal Malaysia Terendus

Manfaatkan Jalur Laut,137 Kg Sabu Asal Malaysia Terendus

Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipid Narkoba) Bareskrim mengungkapkan penangkapan 14 orang tersangka kasus narkotika yang memiliki 137 kg sabu.


Satu Gadis Tasik Rp25 Juta

Satu Gadis Tasik Rp25 Juta

Empat Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok diketahui telah memberikan uang Rp25 Juta kepada empat gadis asal Karangnunggal, Tasikmalaya.


Dimuat Truk Ekspedisi, Sabu 120 Kilogram Nyaris Lolos

Dimuat Truk Ekspedisi, Sabu 120 Kilogram Nyaris Lolos

Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat menggagalkan penyelundupan 120 kilogram sabu-sabu yang diangkut truk ekspedisi via Tol Bakauheni, Lampung.


Mantan Menteri Sosial Divonis Tiga Tahun Penjara

Mantan Menteri Sosial Divonis Tiga Tahun Penjara

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memvonis eks Menteri Sosial Idrus Marham tiga tahun penjara dan denda Rp150 juta subsider dua b


1,9 Juta Aparat Gabungan Kawal 17 April

1,9 Juta Aparat Gabungan Kawal 17 April

Sebanyak 1,9 juta aparat gabungan disiapkan untuk mengamankan hari pencoblosan 17 April besok.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!