Kriminal
Share this on:

334 Tersangka Kerusuhan Mei Segera Diadili

  • 334 Tersangka Kerusuhan Mei Segera Diadili
  • 334 Tersangka Kerusuhan Mei Segera Diadili

**JAKARTA ** - Polri telah menuntaskan berkas perkara ratusan pelaku kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta. Berkasnya sudah dinyatakan lengkap. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, 334 tersangka kasus kerusuhan pada aksi 21-22 Mei lalu, akan segera diadili.

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah merampungkan berkas perkara kasusnya dan telah dinyatakan lengkap atau P21. Polda Metro pun langsung melakukan pelimpahan tahap kedua ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

"Ini Pelimpahan berkas perkara tahap dua dari total tersangka sebanyak 334. Mereka kita kirim berikut barang buktinya ke Kejati DKI Jakarta hari ini," kata Argo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (19/7) kemarin.

Adapun dari total tersangka, kata Argo, ada sebanyak 106 berkas perkara yang dinyatakan P21. Dan selanjutnya, polisi berkewajiban untuk dilimpahkan ke Kejaksaan. "Seluruhnya sudah kita kirim 106 berkas perkara yang dinyatakan lengkap secara formil dan materilnya," jelas Argo.

Argo mengungkapkan, total 334 tersangka ini bukan hanya yang melakukan kerusuhan di Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, melainkan diantaranya para tersangka kerusuhan 22 Mei di kawasan Jakarta Barat. Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan, pihaknya telah melimpahkan berkas perkara dari 75 tersangka kerusuhan 22 Mei, usai dinyatakan lengkap (P21), Rabu (17/7) lalu.

"Jadi, untuk tahap satu proses penyidikan para tersangka ini sudah selesai. Dan selanjutnya, kita pun berkewajiban menyerahkan tersangka dan barang bukti untuk dikirim ke Kejaksaan Negeri Jakarta Barat," jelas AKBP Edy dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (18/7).

Untuk diketahui, pada kerusuhan 21-22 Mei lalu polisi berhasil menangkap 447 tersangka dalam kasus kerusuhan. Dari 447 orang itu, 35 di antaranya anak di bawah umur. Menurut Argo, ada sejumlah keputusan terhadap tersangka yang masih di bawah umur, mulai dari dipulangkan kepada orangtua dan ada pula yang sidang diversi.

"Sidang diversi, ada yang diputus dua bulan dan juga ada pula dikirim mengikuti pelatihan di Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani, Jakarta Timur," pungkasnya. (mhf/gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kasus Meikarta, KPK Bidik Tersangka Baru

Kasus Meikarta, KPK Bidik Tersangka Baru

Tidak hanya melakukan konfirmasi terhadap mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar terkait pembahasan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi di P


Jaksa Tahan Kivlan Zen di Rutan Guntur

Jaksa Tahan Kivlan Zen di Rutan Guntur

Tersangka kasus dugaan kepemilikan dugaan senjata api ilegal, Kivlan Zen ditahan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat di Rutan Gunt


258 Napi Lapas Sorong Kabur

258 Napi Lapas Sorong Kabur

Kerusuhan di wilayah Papua Barat, juga terjadi di Lapas Sorong, Senin (19/8). Ratusan napi di Lapas tersebut ikut membuat kerusuhan dengan membakar sejumlah fas


KPK Beberkan Konstruksi Perkara Suap Jogja

KPK Beberkan Konstruksi Perkara Suap Jogja

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga tersangka kasus dugaan suap terkait lelang proyek pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukima


KPK Ungkap Suap Restitusi Pajak Perusahaan

KPK Ungkap Suap Restitusi Pajak Perusahaan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan lima tersangka terkait kasus dugaan suap restitusi pajak PT WAE (Wahana Auto Ekamarga).


KPK Ungkap Peran Empat Tersangka Baru Korupsi KTP Elektronik

KPK Ungkap Peran Empat Tersangka Baru Korupsi KTP Elektronik

Tindak pidana korupsi pengadaan KTP elektronik (KTP-el) seakan tak berujung. Satu persatu, mereka yang terlibat diungkap kepermukaan.


Berkas Kasus Polisi Tembak Polisi Dilimpahkan

Berkas Kasus Polisi Tembak Polisi Dilimpahkan

Berkas perkasa kasus penembakan yang dilakukan tersangka Brigadir Rangga Tianto terhadap Bripka Rahmat Efendi telah selesai. Dan telah dilimpahkan ke Kejaksaan.


TNI Terpapar Radikalime Harus Segera Diverifikasi

TNI Terpapar Radikalime Harus Segera Diverifikasi

Salah satu cara agar kembali ke ideologi Pancasila dan kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah dengan melakukan sterilisasi.


Jadi Tersangka TPPU, Mantan Bos Garuda Ditahan

Jadi Tersangka TPPU, Mantan Bos Garuda Ditahan

Emirsyah Satar dan Beneficial Owner Connaught International Pte. Ltd. Soetikno Soedarjo sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU).


Nunung dan Suami Hanya Direhabilitasi

Nunung dan Suami Hanya Direhabilitasi

Tersangka kasus narkotika komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung bersama suaminya July Jan Sambiran dinyatakan harus direhabilitasi medis atau sosial.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!