Kriminal
Share this on:

Baku Tembak di Papua Kembali Pecah

  • Baku Tembak di Papua Kembali Pecah
  • Baku Tembak di Papua Kembali Pecah

JAKARTA - Aparat gabungan TNI/Polri turus melakukan presure terhadap posisi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Bahkan langkah itu menyebabkan baku tembak pecah di pusat keramaian, Pasar Jibama, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, kemarin (23/8). Satu tewas dalam peristiwa itu.

Kapolres Jayawijaya Ajun Komisaris Besar Polisi Tonny Ananda Swadaya dalam keterangannya mengatakan satu pelaku ditembak mati. KKB juga menembak satu polisi di bagian paha dan seorang kamra yang kini dirawat di RSUD.

Pelaku dilaporkan mengancam masyarakat yang berada di lokasi sehingga masyarakat berhamburan ke luar wilayah pasar. "Kita melakukan negosiasi untuk persuasif tetapi dia tembak ke arah saya tiga butir sehingga kita tembak mati," katanya.

Pelaku dan empat orang lainnya yang turun ke kota Wamena merupakan kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya. "Sebelumnya Egianus menyampaikan bahwa mereka akan buat teror di kota Wamena," katanya.

Kapolres memastikan empat hari belakangan KKB meneror warga di Kimbim dengan tembakan serta membawa senjata laras panjang masuk pusat keramaian. Saat melakukan penyisiran di lokasi Pasar Jibama, empat orang yang bersama korban sudah kabur.

KKB yang sebelumnya identik dengan penyerangan di wilayah hutan belantara kini masuk ke pusat keramaian dan belum diketahui pasti penyebab mereka turun ke kota. Sebanyak 13 satuan setingkat kompi (SSK) dari sejumlah Polda masih diperbantukan di wilayah Papua Barat meski kondisi keamanan dinilai sudah kondusif.

Terpisah, Kapolda Papua Barat Brigjen Polisi Herry Rudolf Nahak menegaskan sejak sehari setelah kericuhan terjadi di Manokwari, Polda Papua Barat mendapat kekuatan tambahan sebanyak enam SSK.

Kemudian satu SSK di antaranya digeser ke Kabupaten Fakfak karena terdapat aksi sehingga sebanyak 5 SSK dari Polda Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Maluku bersiaga di Manokwari. Untuk keamanan Fakfak, selain 1 SSK dari Polda Sulawesi Tenggara yang digeser dari Manokwari, juga terdapat tambahan kekuatan 1 SSK dari Polda Kalimantan Timur.

Sementara untuk Kota Sorong, personel yang diperbantukan sebanyak 6 SSK dari Sulawesi Selatan, Bali dan NTB. "Saya berharap aktivitas berjalan normal seperti sedia kala. Kegiatan sekolah dan ekonomi berjalan normal," ujar Herry Rudolf Nahak.

Menurut dia, terdapat aksi unjuk rasa pada Jumat di Sorong, tetapi semua berjalan normal, masyarakat pun membantu membuka ruas jalan yang diblokade dan bersih-bersih. Sedangkanaksi damai juga terjadi di Kabupaten Kaimana menolak rasisme yang hingga akhir berjalan lancar.

"Kabupaten lain relatif tidak ada kegiatan sehingga bisa dikatakan secara umum situasi wilayah hukum Polda Papua Barat dalam keadaan baik dan kondusif. Saat ini siaga jaga situasi keaamanan," tutur Kapolda. Ia belum diketahui sampai kapan tambahan kekuatan tersebut bersiaga di wilayah Papua Barat. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Instalasi Minyak Arab Saudi Diserang Pemberontak

Instalasi Minyak Arab Saudi Diserang Pemberontak

Produksi minyak Arab Saudi, kembali terganggu dengan adanya serangan awak pesawat yang diduga dilakukan pemberontak Yaman, kemarin (15/9).


Transaksi Mencurigakan di 6 Rekening Veronica Koman Ditelusuri Polisi

Transaksi Mencurigakan di 6 Rekening Veronica Koman Ditelusuri Polisi

Polisi menemukan transaksi mencurigakan di enam rekening tambahan milik tersangka ujaran kebencian dan hoaks Asrama Mahasiswa Papua Surabaya, Veronica Koman.


Kejaksaan Tunggu Pelimpahan Berkas Veronika Koman Cs

Kejaksaan Tunggu Pelimpahan Berkas Veronika Koman Cs

Penanganan kasus dugaan tindak pidana umum, provokasi publik yang mengakibatkan kericuhan di Papua dan Papua Barat memasuki babak baru.


Waras Wasisto Diperiksa KPK Lagi

Waras Wasisto Diperiksa KPK Lagi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Waras Wasisto.


Mantan Ketua BEM Uncen Tersangka Baru Kerusuhan Papua

Mantan Ketua BEM Uncen Tersangka Baru Kerusuhan Papua

Mantan Ketua BEM Universitas Cendrawasih (Uncen), Feri Kombo (FK) menjadi tersangka baru kasus kerusuhan Papua dan Papua Barat.


Lima Jazad Penambang Emas di Yahukimo Belum Ditemukan

Lima Jazad Penambang Emas di Yahukimo Belum Ditemukan

Kasus penyerangan kelompok bersenjata tajam kepada ratusan penambang emas di Yahukimo, Papua beberapa waktu lalu masih didalami polisi.


Buru Veronica Koman, Polri Koordinasi dengan Interpol

Buru Veronica Koman, Polri Koordinasi dengan Interpol

Merujuk evaluasi situasi dan kondisi di Papua maupun Papua Barat, pemerintah menepati janji membuka pembatasan akses internet di kedua daerah tersebut.


Australia Diminta Intervensi Soal Papua

Australia Diminta Intervensi Soal Papua

Benny Wenda mendesak pemerintah Australia turun tangan mengutuk 'tindakan keras' Indonesia baru-baru ini terhadap demonstran di Papua.


Bintang Kejora Harus Diubah dengan Simbol NKRI

Bintang Kejora Harus Diubah dengan Simbol NKRI

Pemerintah Indonesia akan menangkap Benny Wenda. Hal Itu dilakukan apabila Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) tersebut masuk ke wilaya


555 Ribu Kanal Terdeteksi Sebar Hoaks Wiranto

555 Ribu Kanal Terdeteksi Sebar Hoaks Wiranto

Peran warga negara asing (WNA) yang terlibat dalam aksi unjuk rasa di Papua terus didalami.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!