Kriminal
Share this on:

BPOM Bersama Interpol Bongkar Produksi Miras Ilegal Kakap

  • BPOM Bersama Interpol Bongkar Produksi Miras Ilegal Kakap
  • BPOM Bersama Interpol Bongkar Produksi Miras Ilegal Kakap

JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM) kembali mendapat temuan kelas kakap. Ini hasil kerja sama dengan International Criminal Police Organization (ICPO) Interpol.

Dalam keterangan resminya, Kepala Badan POM Penny K. Lukito menegaskan, temuan terbesar pada operasi kali ini adalah produksi minuman beralkohol ilegal dan pengemasan ulang pangan kedaluwarsa.

"BPOM menyita pangan segar dan pangan olahan ilegal, kedaluwarsa dan tidak memenuhi syarat sebesar Rp61 miliar dalam Operasi Opson VIII," terang Lukito, kemarin (5/4).

Operasi kali ini, banyak ditemukan makanan ringan seperti biskuit, wafer, dan sebagainya yang sudah kedaluwarsa, kemudian dikemas ulang dan diubah tanggal kedaluwarsanya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Badan POM pun berhasil menyita 1.000 drum minuman beralkohol yang diproduksi secara ilegal di Jakarta Barat. Temuan ini semakin menguatkan, masih banyak produksi rumahan ilegal yang indikasinya memiliki jaringan kuat di berbagai daerah.

"Tahun lalu, banyak korban jiwa akibat minuman beralkohol ilegal yang meresahkan masyarakat dan bisa merusak generasi bangsa. Karena itu, kita harus memutus mata rantai produksi dan distribusi minuman beralkohol ilegal ini," kata Penny.

Operasi Opson merupakan operasi global di bawah koordinasi ICPO Interpol yang berpusat di Lyon, Perancis. Operasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberantas jaringan kejahatan terorganisir dibalik perdagangan pangan segar dan pangan olahan ilegal dan tidak memenuhi persyaratan.

Tahun ini adalah tahun keempat Indonesia berpartisipasi pada operasi yang telah digelar sebanyak delapan kali ini sejak 2011 lalu. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Badan POM ditunjuk sebagai National Coordinator Operasi Opson VIII-2019.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Interpol Indonesia Napoleon Bonaparte mengatakan, pada operasi tahun ini hasil penangkapan mengalami peningkatan yang signifikan. "Dari sisi angka Tahun ini mengalami kenaikan hingga 100 persen. Kami sangat mengapresiasi kinerja Badan POM dalam mengatasinya," ujarnya.

Napoleon juga mengatakan, pasca Pemilihan Umum (Pemilu) nanti, pihaknya akan memperkuat lagi tim koordinasi Interpol Indonesia beserta kementerian yang terkait.

Dalam Operasi Opson ini, Badan POM bersama National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia, Bareskrim Polri, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan, dan Perikanan, serta Kementerian Perdagangan turut serta memerangi tindak pidana di bidang pangan segar, olahan, dan atau tidak memenuhi persyaratan keamanan pangan ini. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Malaysia Deportasi Ratusan WNI Ilegal

Malaysia Deportasi Ratusan WNI Ilegal

Sebanyak 149 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja secara ilegal di Negeri Sabah, dipulangkan oleh pemerintah Malaysia ke Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara


Jaksa Tahan Kivlan Zen di Rutan Guntur

Jaksa Tahan Kivlan Zen di Rutan Guntur

Tersangka kasus dugaan kepemilikan dugaan senjata api ilegal, Kivlan Zen ditahan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat di Rutan Gunt


Nunung dan Suami Hanya Direhabilitasi

Nunung dan Suami Hanya Direhabilitasi

Tersangka kasus narkotika komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung bersama suaminya July Jan Sambiran dinyatakan harus direhabilitasi medis atau sosial.


Tersangka Suap Bakamla Bertambah

Tersangka Suap Bakamla Bertambah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polisi Militer Angkatan Laut (POM AL) menetapkan empat tersangka baru.


Kekerasan Masih Tinggi, Negara Belum Hadir Lindungi Perempuan

Kekerasan Masih Tinggi, Negara Belum Hadir Lindungi Perempuan

Komnas Perempuan bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mencatat, sebanyak 406.178 kasus kekerasan terjadi di tahun 2019.


Pemasok Sabu ke Nunung Seorang Narapidana

Pemasok Sabu ke Nunung Seorang Narapidana

Polisi terus mengembangkan kasus narkotika yang menyeret komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung bersama suaminya, July Jan Sembiring.


Puluhan Warga Turki Tewas Akibat Miras Oplosan

Puluhan Warga Turki Tewas Akibat Miras Oplosan

Akibat mengkonsumsi minuman alkohol oplosan, lebih dari 20 orang meninggal dunia di Turki selama satu bulan terakhir.


Dua Kapal Penyelundup BBM Diciduk

Dua Kapal Penyelundup BBM Diciduk

Kapal MT yang diduga melakukan transfer BBM ilegal di Perairan Muara Baru, Jakarta Utara ditangkap, Kamis (18/7).


Kivlan Zen Tak Akan Diberi Penangguhan Penahanan

Kivlan Zen Tak Akan Diberi Penangguhan Penahanan

Tersangka kasus hoaks, makar, dan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen tak akan memperoleh penangguhan penahanan.


Selundupkan Gula Ilegal, Empat WNI Ditangkap Polisi Malaysia

Selundupkan Gula Ilegal, Empat WNI Ditangkap Polisi Malaysia

Empat warga negara Indonesia (WNI) ditangkap Kepolisian Maritim Malaysia di Tawau (Negeri Sabah), Malaysia, Kamis (11/7) lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!