Kriminal
Share this on:

BPOM Bersama Interpol Bongkar Produksi Miras Ilegal Kakap

  • BPOM Bersama Interpol Bongkar Produksi Miras Ilegal Kakap
  • BPOM Bersama Interpol Bongkar Produksi Miras Ilegal Kakap

JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM) kembali mendapat temuan kelas kakap. Ini hasil kerja sama dengan International Criminal Police Organization (ICPO) Interpol.

Dalam keterangan resminya, Kepala Badan POM Penny K. Lukito menegaskan, temuan terbesar pada operasi kali ini adalah produksi minuman beralkohol ilegal dan pengemasan ulang pangan kedaluwarsa.

"BPOM menyita pangan segar dan pangan olahan ilegal, kedaluwarsa dan tidak memenuhi syarat sebesar Rp61 miliar dalam Operasi Opson VIII," terang Lukito, kemarin (5/4).

Operasi kali ini, banyak ditemukan makanan ringan seperti biskuit, wafer, dan sebagainya yang sudah kedaluwarsa, kemudian dikemas ulang dan diubah tanggal kedaluwarsanya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Badan POM pun berhasil menyita 1.000 drum minuman beralkohol yang diproduksi secara ilegal di Jakarta Barat. Temuan ini semakin menguatkan, masih banyak produksi rumahan ilegal yang indikasinya memiliki jaringan kuat di berbagai daerah.

"Tahun lalu, banyak korban jiwa akibat minuman beralkohol ilegal yang meresahkan masyarakat dan bisa merusak generasi bangsa. Karena itu, kita harus memutus mata rantai produksi dan distribusi minuman beralkohol ilegal ini," kata Penny.

Operasi Opson merupakan operasi global di bawah koordinasi ICPO Interpol yang berpusat di Lyon, Perancis. Operasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberantas jaringan kejahatan terorganisir dibalik perdagangan pangan segar dan pangan olahan ilegal dan tidak memenuhi persyaratan.

Tahun ini adalah tahun keempat Indonesia berpartisipasi pada operasi yang telah digelar sebanyak delapan kali ini sejak 2011 lalu. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Badan POM ditunjuk sebagai National Coordinator Operasi Opson VIII-2019.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Interpol Indonesia Napoleon Bonaparte mengatakan, pada operasi tahun ini hasil penangkapan mengalami peningkatan yang signifikan. "Dari sisi angka Tahun ini mengalami kenaikan hingga 100 persen. Kami sangat mengapresiasi kinerja Badan POM dalam mengatasinya," ujarnya.

Napoleon juga mengatakan, pasca Pemilihan Umum (Pemilu) nanti, pihaknya akan memperkuat lagi tim koordinasi Interpol Indonesia beserta kementerian yang terkait.

Dalam Operasi Opson ini, Badan POM bersama National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia, Bareskrim Polri, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan, dan Perikanan, serta Kementerian Perdagangan turut serta memerangi tindak pidana di bidang pangan segar, olahan, dan atau tidak memenuhi persyaratan keamanan pangan ini. (ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Australia Denda Nelayan Indonesia Rp 40 juta

Australia Denda Nelayan Indonesia Rp 40 juta

Nakhoda sebuah kapal nelayan asal Indonesia ditangkap dan dinyatakan bersalah, karena menangkap ikan secara ilegal di Perairan Australia.


BPOM Sita Makanan Kedaluwarsa Rp3,4 Miliar

BPOM Sita Makanan Kedaluwarsa Rp3,4 Miliar

Bagi yang membeli produk pangan segar dan olahan untuk berbuka puasa agar lebih berhati-hati.


Empat TKI Ilegal Ditangkap di Taiwan

Empat TKI Ilegal Ditangkap di Taiwan

Anggota kepolisian sekitar Zhonghe, Taipei, Taiwan menangkap empat wanita tenaga kerja Indonesia yang sedang belanja di pasar malam setempat.


Direktur WKE Dituntut Empat Tahun Penjara

Direktur WKE Dituntut Empat Tahun Penjara

Direktur Utama PT Wijaya Kusuma (WKE) Emindo Budi Suharto bersama-sama dengan istri, anak dan kerabatnya dituntut 4 tahun penjara


Pengacara Rommy Anggap Penyadapan KPK Ilegal

Pengacara Rommy Anggap Penyadapan KPK Ilegal

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang gugatan praperadilan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romy, Senin (6/5) kemarin.


Amnesti Internasional Siap Bawa Kasus Novel ke Kongres AS

Amnesti Internasional Siap Bawa Kasus Novel ke Kongres AS

Manager Advokasi Asia Pasifik Amnesti Internasional, Fransisco Bencosme, membahas kasus penyiraman air keras yang menimpa Novel Baswedan bersama Wadah Pegawai (


Kawal Pemilu, 9 Anggota Polri Gugur

Kawal Pemilu, 9 Anggota Polri Gugur

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menilai pelaksanaan pemilu serentak tahun ini berjalan aman.


488 Kapal Ikan Ilegal Ditenggelamkan

488 Kapal Ikan Ilegal Ditenggelamkan

Kementerian Kelautan dan Perikanan serius mengamankan teritori laut Nusantara.


Enam Kapal Berbendera Vietnam dan Malaysia Ditangkap

Enam Kapal Berbendera Vietnam dan Malaysia Ditangkap

Dua kapal Hiu Macan milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap enam kapal berbendera asing yang tengah menangkap ikan secara ilegal (illegal fishi


Polisi Amankan Truk Sarat Muatam Kayu Ilegal

Polisi Amankan Truk Sarat Muatam Kayu Ilegal

Satreskrim Polres Brebes mengamankan puluhan batang kayu yang diduga hasil pembalakan liar, kemarin.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!