Kriminal
Share this on:

Curi Burung, Dua Buruh Dibekuk

  • Curi Burung, Dua Buruh Dibekuk
  • Curi Burung, Dua Buruh Dibekuk

DIAMANKAN - Kedua tersangka tengah diamankan anggota Pos Pait usai mencuri burung jenis beo milik warga, Minggu (12/11) dinihari. (triyono/jpg)

SIWALAN - Lantaran kepergok tengah mencuri burung beo di Jalur Pantura Siwalan, dua buruh asal Kelurahan Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Dari tangan kedua tersangka, anggota Pos Pait berhasil mengamankan barang bukti berupa seekor burung beo, sangkar burung, STNK dan sepeda motor milik pelaku.

Kedua tersangka, Rohman Hadi (23) dan Saeful Rohman (26), alamat Kelurahan Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. Untuk korban sendiri, yakni Imam Suharjo (39), warga Dukuh Rembun Lor RT 1 RW 4 Desa Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.

Peristiwa terjadi Minggu (12/11) sekira pukul 02.00 wib, bermula ketika kedua tersangka mengendarai SPM Honda supra fit G 3675 WA dari arah Pemalang menuju ke Kota Pekalongan. Namun saat melintas di depan rumah korban, selah seorang pelaku melihat ada burung yang berada di halaman depan rumahnya.

Kemudian mereka berhenti dan bersekongkol untuk mengambil burung tersebut. Pelaku akhirnya memarkir sepeda motornya di depan rumah korban, sedangkan Saeful berusaha masuk ke halaman rumahnya dengan cara memanjat pagar.

Selang 10 menit kemudian Saeful kembali dengan membawa seekor burung beo, lalu memasukkan burung tersebut ke dalam bagasi sepeda motor. Namun di saat kedua pelaku melanjutkan perjalanan pulang dan melintas di depan Pismatex Siwalan, korban ternyata mengetahui perbuatan tersangka yang langsung menghadang dan memberhentikan keduanya, lalu diajak ke Pos Polisi Sipait.

Atas perbuatanya, tersangka yang langsung dimintai keterangan ternyata langsung mengakui tindakannya, sehingga tersangka diamankan oleh petugas.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan AKP M Dahyar ketika dikonfirmasi membenarkan atas kejadian itu. Menurutnya, akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian materi ditaksir mencapi Rp5.000.000. Penangkapan bermula adanya laporan dari masyarakat datang ke Pos Pait bahwa ada dua orang menggunakan sepeda motor supra fit berhenti di depan rumah korban di Desa Rembun, Siwalan.

Atas kecurigaan tersebut petugas Pos Pait melaksakan patroli seputaran jalan raya rembun, mengetahui ada mobil patroli ahirnya pemuda tersebut lari kearah timur kemudian dilakukan pengejaran.

Sesampainya di Jembatan Ampel dua petugas berhasil memberhentikan dua pemuda tersebut dilakukan interogasi dan pemeriksaan kendaraan ternyata petugas berhasil menemukan burung ditaruh di bawah jok sepeda motornya.

"Petugas Pos Pait langsung mengamankan 2 pemuda tersebut beserta barang bukti, dan kini kedua pelaku harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut," terangnya.

Adapun modus operandi, salah satu pelaku, Rohman dan masuk ke dalam rumah dengan cara memanjat pagar kemudian merusak pintu kandang burung beo dan setelah dapat dibuka Rohman mengambil burung beo tersebut.

"Sedangkan Saeful berperan stand by di atas sepeda motor sambil mengamati situasi sekitar," imbuhnya. (yon/har/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kecelakaan di Suramadu, Dua Motor Terbakar

Kecelakaan di Suramadu, Dua Motor Terbakar

Pengguna jalan yang melintas menuju Surabaya maupun sebaliknya di Jalur Tol Jembatan Suramadu KM 5200 mendadak heboh Selasa (19/6) sekitar pukul 06.30.


Dua Pelaku Begal Diminta Menyerahkan Diri

Dua Pelaku Begal Diminta Menyerahkan Diri

Dua dari empat pelaku begal yang berhasil melarikan diri usai beraksi pada Jumat (8/6) di perbatasan Desa Penawar dengan Desa Kemantan Hilir, Kerinci.


Kepergok Curi Helm, Pria Paro Baya Babak Belur

Kepergok Curi Helm, Pria Paro Baya Babak Belur

RH (37), warga Slamaran, RT 2/9 Kelurahan Degayu, Pekalongan Utara, akhirnya harus merelakan wajahnya babak belur.


Bocah Dua Tahun Dibunuh Bapaknya, Pelaku Diisolasi

Bocah Dua Tahun Dibunuh Bapaknya, Pelaku Diisolasi

Kusnanto (46), pelaku penganiayaan terhadap anaknya sendiri AN hingga meninggal dunia, masih menjalani perawatan di RSUD RA Kartini Jepara kemarin.


Curi Aki, Teguh Habiskan Ramadan di Tahanan

Curi Aki, Teguh Habiskan Ramadan di Tahanan

Teguh Priyanto (20), warga Karangnanas, Sokaraja harus rela melepas kebahagiaannya berkumpul bersama keluarga di bulan Ramadan ini.


Ikut Konvoi, Anak Putus Sekolah Bacok Korban Pakai Pedang

Ikut Konvoi, Anak Putus Sekolah Bacok Korban Pakai Pedang

RO (17), pelaku pembacokan Ahmad Fatoni, siswa XII MA Miftahul Ulum Kayen dikenai dua pasal pidana.


Hendak Kabur ke Jakarta, Pelaku Pembacokan Siswa SMA Dibekuk

Hendak Kabur ke Jakarta, Pelaku Pembacokan Siswa SMA Dibekuk

Pelaku pembacokan saat konvoi perayaan kelulusan SMA sederajat di Pati ternyata bukan pelajar. Rohman alias Maman ini telah bekerja.


Terbakar Habis, Dua Rumah Rata dengan Tanah

Terbakar Habis, Dua Rumah Rata dengan Tanah

Peristiwa tragis menimpa Pujiono (51) dan Suryati (48).


Lima Komplotan Anggota Pengganjal ATM Dibekuk Polisi

Lima Komplotan Anggota Pengganjal ATM Dibekuk Polisi

Komplotan spesialis pencurian bermodus mengganjal kartu anjungan tunai mandiri (ATM) diringkus Satuan Reskrim Polres Purworejo.


Kirim ABG Kerja di Karaoke, Dua Perempuan Ditahan

Kirim ABG Kerja di Karaoke, Dua Perempuan Ditahan

Setelah Ika Dewi Ratnasari (44) ditahan, pihak kepolisian Polres Metro Bekasi Kota kembali meringkus pelaku lainnya, Novi, 22.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!