Kriminal
Share this on:

Dengan Tangan Kosong, Curi Motor Hanya dalam Lima Menit

  • Dengan Tangan Kosong, Curi Motor Hanya dalam Lima Menit
  • Dengan Tangan Kosong, Curi Motor Hanya dalam Lima Menit

BALIKPAPAN - Punya skill mumpuni di bidang otomotif, pria 33 tahun ini justru menyalurkan untuk kegiatan negatif. Muhammad Agus Fahruzal Sulaiman alias Eman, memilih jalan pintas mencari uang dengan cara mencuri.

Namun, selihai apapun, aksinya terhenti juga setelah ditangkap tim Jatanras Polres Balikpapan. Ditemui di ruang pemeriksaan, Eman mengaku pilih-pilih ketika mencuri.

Setiap motor yang diincarnya harus yang tidak dikunci setang. Karena lebih mudah dan tak perlu repot membongkar kunci. Usahanya dilakukan setiap dini hari. Memanfaatkan suasana gelap dan sepi.

“Saya ambil sekira pukul 2 pagi. Saya jalan-jalan dulu. Lihat-lihat kalau ada motor yang tidak dikunci setang. Setelah itu, saya dorong agak menjauh dan sepi. Terus saya coba putus kabel listrik di bawahnya dan saya sambung lagi untuk menyalakan motor,” terangnya, kemarin.

Dia pun mempraktikkan cara menyalakan motor. Tangan kanannya merayap ke bawah kap bagian lampu depan motor.

Lalu dia meraba sejumlah kabel dengan keahliannya, mengatur agar kelistrikan motor menyala. Tidak sampai lima menit, lampu di spidometer motor menyala tanda mesin motor siap dihidupkan.

“Bergantung juga lamanya. Kadang bisa sampai lima menit lebih,” lanjut pria yang ditangkap Minggu (12/11) dini hari itu.

Dia yang beraksi sendiri kemudian membawa motornya ke seorang pemesan. Setiap motor yang dicuri dihargai Rp800 ribu. Hingga kemarin, menurut pengakuannya, ada dua motor yang diambil. Semua sudah berhasil dijual. Namun dari keterangan polisi, korban kemungkinan bisa bertambah.

“Baru saja kami juga terima laporan. Tersangka menggelapkan motor temannya. Kemudian, motor tersebut dipreteli dan dijual spare part-nya,” terang Paur Subbag Humas Polres Balikpapan, Tri Ekwan DJ.

Tersangka merupakan residivis kasus Curanmor pada 2015 lalu. Kemudian ditangkap dan dihukum penjara selama 2,2 tahun. “Pada 17 Agustus lalu, tersangka dibebaskan. Namun sejak Oktober, kembali menjalankan aksinya. Hingga kini, kami berhasil mengamankan dua barang bukti curanmor dan satu barang bukti penggelapan yang dilakukan tersangka,” bebernya. (rdh/rsh/k15/jpg)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!