Kriminal
Share this on:

Diduga Pembuang Bayi, Dua Pelajar Diamankan

  • Diduga Pembuang Bayi, Dua Pelajar Diamankan
  • Diduga Pembuang Bayi, Dua Pelajar Diamankan

GIRI MENANG - Seorang bayi perempuan Kamis (20/12) sekitar 17.00 Wita lalu ditemukan di sekitar kali Dusun Duduk Desa Batulayar Barat Kecamatan Batulayar. Bayi tersebut diduga dibuang oleh dua orang pelajar yang merupakan orang tua kandungnya. Sehingga, pihak Polsek Senggigi kemarin (21/12) telah menetapkan dua pelajar di bawah umur ini sebagai tersangka.

“Berdasarkan hasil lidik dari tim opsnal dugaan kuat pelaku pembuangan bayi mengarah ke ke pelaku. Tim opsnal pun kemudian menangkap kedua pelaku masing-masing di rumah orang tuanya,” jelas Kapolsek Senggigi AKP Arjuna Wijaya.

Barang bukti berupa sebuah kain, satu setel pakaian yang dugunakan saat bersalin, celana dalam hingga pembalut juga diamankan. Dugaan pelaku pertama atas nama TG, laki-laki 17 tahun merupakan pelajar asal Dusun Tanak Embet Desa Batulayar Barat. Sementara terduga pelaku keduan NL, perempuan 17 tahun merupakan pelajar asal BTN Griya Asri Desa Senteluk.

TG terlebih dulu diamanakan dan dibawa ke Polsek Senggigi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara NL pelaku perempuan dibawa ke IGD RS Bhayangkara Mataram untuk diberikan pertolongan pertama pengobatan pihak rumah sakit. Mengingat ia baru saja melahirkan.

Kejadian bermula sekitar pukul 17.00 Wita Kamis lalu. Petugas piket SPKT mendapatkan info via telpon, telah ditemuka seorang bayi perempuan. Tepatnya di pinggir kali sebelah musala Dusun Duduk Desa Batulayar Barat Kecamatan Batulayar.

Bayi itu pertama kali ditemukan oleh TG yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Ia mengaku kepada pihak Polsek Senggigi mendengar tangisan bayi saat sedang berjalan. Selanjutnya ia mengaku bayi tersebut diketahui berada di tumpukan daun bambu yang terbungkus dengan plastik kain.

“Setelah menemukan bayi, ia kemudian bersama warga membawanya ke Puskesmas Meninting,” tutur Kapolsek Senggigi.

Dari hasil pemeriksaan petugas Puskesmas, identitas bayi itu berjenis kelamin perempuan dengan berat 900 gram. Saat ditemukan, kondisi tubuh bayi sudah melemah. Sehingga pihak Reskrim Polsek Senggigi berkoordinasi agar pihak Puskesmas Meninting bisa menyelamatkan bayi tersebut.

Sayangnya, keterbatasan sarana medis yang ada membuat pihak Puskesmas Meninting menyarankan agar bayi tersebut dibawa ke RSUP Provinsi NTB. “Karena katanya tidak ada alat NICU untuk perawatan bayi tersebut,” jelas Arjuna.

Anggota Polsek Senggigi pun kemudian membawanya ke rumah sakit didampingi pihak Peksos Mataram. Sayangnya meski sudah berupaya di selamatkan, nyawa bayi itu tidak tertolong. “Saat ditemukan bayinya awalnya hidup. Namun kondisinya yang lemah membuat bayi meninggal dunia,” lanjut Arjuna.

Kini kedua pelajar yang diduga sebagai pelaku pembuangan bayi harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Mereka terancam mendekam di penjara dengan ancaman kurungan 10 tahun. (ton/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Berkas Perkara Eggi dan Lieus Dilimpahkan

Berkas Perkara Eggi dan Lieus Dilimpahkan

Polri telah melimpahkan berkas perkara tahap I kasus dugaan makar dua tokoh ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta pekan ini.


Komnas HAM Desak Polri Tangkap Pelaku Penembakkan

Komnas HAM Desak Polri Tangkap Pelaku Penembakkan

Dua korban tewas pada kerusuhan 21-22 Mei akibat tertembak peluru tajam.


Ingin Namanya Viral, Ancam Ledakan Mako Brimob

Ingin Namanya Viral, Ancam Ledakan Mako Brimob

Seorang pria penangguran diamankan tim Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri.


Polisi Bekuk Pria Bersorban Hijau Pengancam Jokowi

Polisi Bekuk Pria Bersorban Hijau Pengancam Jokowi

Polisi menangkap seseorang yang diduga sebagai pria bersorban hijau yang mengancam akan membunuh Presiden Jokowi dan Wiranto, Jumat (24/5) lalu.


Polisi Tetapkan 32 Tersangka Bentrokan Antardesa di Buton

Polisi Tetapkan 32 Tersangka Bentrokan Antardesa di Buton

Polri menetapkan 36 tersangka dari 82 orang yang diamankan dalam peristiwa bentrokan antara warga dua desa di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.


Oknum Juru Parkir yang Viral Itu ternyata Nyambi Tukang Cuci Mobil

Oknum Juru Parkir yang Viral Itu ternyata Nyambi Tukang Cuci Mobil

Oknum juru parkir di Obyek Wisata Guci yang menariki tarif parkir Rp20 ribu per mobil, akhirnya diamankan Tim Saber Pungli Polres Tegal.


Dua Tokoh BPN Prabowo Bebas, Dua Lagi Masih Menunggu

Dua Tokoh BPN Prabowo Bebas, Dua Lagi Masih Menunggu

Empat tokoh pendukung Capres 02 Prabowo-Sandi yang ditahan aparat kepolisian terkait kasus hoaks dan dugaan makar minta ditangguhkan penahanannya.


Penyebar Hoaks Brimob China Ditangkap

Penyebar Hoaks Brimob China Ditangkap

Said Djamalul Abidin (SDA) diamankan karena menyebar berita bohong alias hoaks polisi China yang dikerahkan dalam aksi unjuk rasa di depan kantor Bawaslu.


Uang Suap Bowo Sidik Rampung Dihitung

Uang Suap Bowo Sidik Rampung Dihitung

KPK telah selesai menghitung keseluruhan dana suap dan gratifikasi yang diduga diterima Anggota DPR RI Bowo Sidik Pangarso.


KPK Ungkit Uang di Laci Kerja Menag Lukman

KPK Ungkit Uang di Laci Kerja Menag Lukman

Dua hari berturut-turut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!