Kriminal
Share this on:

Ditembak Dua Kali, Perampok Alfamart ternyata Oknum Mahasiswa

  • Ditembak Dua Kali, Perampok Alfamart ternyata Oknum Mahasiswa
  • Ditembak Dua Kali, Perampok Alfamart ternyata Oknum Mahasiswa

BATANGHARI - Tim Gabungan Polres Batanghari dan Polsek Muara Tembesi, berhasil menangkap satu dari dua pelaku perampokan Alfamart yang berada di Pall V, Keluarahan Kampung Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari.

Pelaku yakni ZA (23). Warga RT 03, Desa Sungai Pulai, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari, ini merupakan salah satu mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi. Dia ditangkap pada Rabu (23/1) sekitar pukul 22.00 WIB di kos yang berada di Komplek Air Panas, Muarabulian.

Wakapolres Batanghari, Kompol Soekamto, menyebutkan, dalam penangkapan pelaku melakukan perlawanan. Akhirnya, dilumpuhkan.

“Iya, ZA terpaksa dilumpuhkan karena melakukan perlawanan terhadap petugas. Dia ditembak dua kali di bagian kaki,” ujar Kompol Soekamto dalam pres rilisnya di Mapolres Batanghari, kemarin (24/1).

Diterangkanya, pelaku ZA ini merupakan mantan karyawan Alfarmart, sehingga dirinya sangat paham betul situasi dan kondisi di dalam Alframart. Ini memudahkannya dan rekannya dalam melancarkan aksinya.

“Dia (pelaku,red) beraksi tidak begitu lama. Pelaku pernah bekerja di Alfarmart. Dengan pengalaman itulah, pelaku ini sudah sangat tahu persis situasi kondisi sasaran (Alfarmart,red),” bebernya.

Atas perbuatannya, pelaku ZA akan dijerat Pasal 365 pencuian dengan kekerasan (Curas) dengan ancaman minimal 9 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.

Terpisah, saat ditanyai wartawan ZA mengakui perbuatannya. Aksi nekatnya melakukan perampokan ini sudah lama direncanakanya dari sebulan yang lalu. Sudah empat kali berniat untuk melancarkan aksinya. Namun batal karena belum ada nyali.

“Sudah empat kali ingin melaksanakan aksi perampokan tersebut, namun waktu itu Saya belum ada nyali. Dan baru ini dilakukan karena sudah sangat kepepet,”akunya.

Ditanya mengenai senjata berupa pistol mainan dan Senjata Tajam (Sajam) itu diperoleh?, ZA mengaku, untuk sajam memang telah disiapkan. Sementara pistol mainan baru dibelinya di toko mainan di kawasan Tembesi.

Disinggung alasan menggunkan pistol mainan dalam melakukan aksinya, ZA, beralasan agar bisa membuatnya bisa bernyali. Dan dengan mengunakan pistol kesanya lebih dapat untuk menakuti-nakuti karyawan yang akan dirampok.

“Kenapa saya berpikir harus mengunakannya (pistol mainan) karena bisa menambah nyali saya. Dan kesannya kalau menggunakan pistol itu gimana, mareka pasti akan merasa lebih takut daripada hanya mengunakan sajam saja,” ucapnya.

Untuk hasil dari rampokan, diakuinya, dibagi dua dengan rekannya. Untuk bagiannya telah digunakan untuk menebus laptop yang telah digadaikan. Kemudian digunakan untuk makan dan keperluar lain ketika di Jambi.

“Totalnya uangnya (uang hasil rampokan,red) ada sekitar Rp6 juta. Rp2 juta Saya kasih teman Saya satunya. Rp3 juta untuk nebus laptop. Sisanya untuk keperluan ketika Saya di Jambi dengan pacar Saya, seperti makan dan lainya,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun harian ini, penangkapan ZA berawal ketika tim gabungan melakukan penyelidikan dan mendapat informasi sekitar pukul 17.00 WIB tentang pelaku. Tim kemudian melakukan pendalaman.

Dalam pendalaman tersebut, keberadaan pelaku akhirnya diketahui. Sekitar pukul 22.00 WIB, tim gabungan yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Batanghari, AKP Dhadhag Anindito dan Kapolsek Tembesi, IPTU Orivan melakukan penangkapan di persembunyiannya Komplek Air Panas, Muarabulian.

Dari interogasi awal, pelaku mengaku melakukan perampokan di Alfamart Muara Tembesi bersama satu orang rekannya JAF (belum tertangkap).

Kemudian tim melakukan pengumpulan barang bukti dari beberapa lokasi yang berbeda. Adapun barang bukti yang diamankan, satu pucuk pistol mainan, satu buah sajam jenis pisau, satu unit handphone merek Nokia dan satu unit tablet Samsung.

Selain itu, petugas juga berhasil mengamankan satu unit receiver CCTV, empat slop rokok Sampoerna, dua slop rokok Surya, satu unit laptop merek Toshiba, satu sepeda motor Honda Beat, uang sebesat Rp510 ribu, satu tas warna hitam dan beberapa potong pakaian.

Seperti diwartakan sebelumnya, pelaku melakukan aksinya di Alfamart Samping Pasar PU di Pall V Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, pada Selasa malam (22/1). (rza/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Indonesia Surga Para Bandar Narkoba

Indonesia Surga Para Bandar Narkoba

Peredaran narkoba di Indonesia tak pernah habis, walau polisi berulang kali mengungkapnya.


WNI Cabuli Siswi SMP di Singapura

WNI Cabuli Siswi SMP di Singapura

Seorang guru les matematika asal Indonesia, terbukti telah mencabuli muridnya sebanyak lima kali di Singapura, Selasa (9/7).


Perkembangan Kasus Pelanggaran HAM Brimob Dipertanyakan

Perkembangan Kasus Pelanggaran HAM Brimob Dipertanyakan

Kelanjutan kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan oknum Brimob saat menangani kerusuhan 21-22 Mei dipertanyakan Amnesty Internasional Indonesi


IPW: Coret Petahana Komisioner KPK

IPW: Coret Petahana Komisioner KPK

Dua komisioner KPK saat ini diketahui ikut dalam proses seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023.


Erdogan Sebut AS Sebagai Perampok

Erdogan Sebut AS Sebagai Perampok

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bereaksi keras, atas penolakan Amerika Serikat (AS) untuk menyerahkan jet tempur F-35 yang sudah dibeli Turki.


Jaksa Agung Beber Ada Upaya Pembusukan

Jaksa Agung Beber Ada Upaya Pembusukan

Operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap dua oknum jaksa Kejati DKI Jakarta sempat menjadi bola liar di lingkungan korps Adhyaksa.


Bapak-Anak Terduga Teroris di Magetan Ditangkap Densus 88

Bapak-Anak Terduga Teroris di Magetan Ditangkap Densus 88

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua terduga teroris di Magetan, Jawa Timur, Selasa (2/7) lalu.


Dua Jaksanya Kena OTT, Kejagung Buru-buru Rombak Kejati DKI

Dua Jaksanya Kena OTT, Kejagung Buru-buru Rombak Kejati DKI

Kejaksaan Agung kembali merombak beberapa jabatan di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Rabu (3/7) kemarin.


Lahan Sawit Milik Pimpinan JI di Sumatera dan Kalimantan

Lahan Sawit Milik Pimpinan JI di Sumatera dan Kalimantan

Dua lokasi perkebunan sawit pemimpin Jemaah Islamiyah (JI) Para Wijayanto (54) tengah ditelusuri Tim Densus 88 Antiteror Polri.


KPK Baru Terima LHKPN Dua Pati Polri

KPK Baru Terima LHKPN Dua Pati Polri

Menjelang H-2 penutupan pendaftaran, baru dua Pati yang telah melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2018 ke KPK.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!