Kriminal
Share this on:

Ditinggal Nongkrong, Rumah Ludes Terbakar

  • Ditinggal Nongkrong, Rumah Ludes Terbakar
  • Ditinggal Nongkrong, Rumah Ludes Terbakar

LUDES - Diduga akibat hubungan pendek arus listrik, rumah milik Kasnoto (50) di Dusun Bandingan 04/05 Desa Gunturmadu Mojotengah ludes terbakar. (istimewa)

WONOSOBO - Diduga akibat hubungan pendek arus listrik, rumah milik Kasnoto, 50, di Dusun Bandingan04/05 Desa Gunturmadu Mojotengah ludes terbakar. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Kondisi rumah rusak berat, tidak bisa digunakan, pemilik rumah untuk sementara waktu diungsikan ke rumah saudara terdekat.

Sekretaris BPBD Wonosobo Sumarno mengemukakan, kebakaran di Dusun Bandingan Desa Gunturmadu Mojotengah terjadi, Minggu (18/11) lalu, sekitar pukul 17.00 WIB. Kondisi rumah ludes, sementara pemilik rumah untuk sementara waktu diungsikan.

“Tidak ada korban jiwa maupun terluka, tapi kerusakan akibat kebakaran itu sangat parah, rumah tidak bisa dihuni, untuk sementara korban diungsikan,” katanya.

Dijelaskan, kronologis peritiwa kebakaran itu, saat kejadian pemilik rumah sedang berada di luar rumah. Api dengan cepat membakar rumah, dia terkejut karena tetangga dan warga setempat berteriak-teriak menunjuk rumahnya sudah terbakar, kelur asap tebal dari dalam rumah.

Api dengan cepat langsung menyembar ruangan dan seisi rumah. Warga setempat berupaya keras memadamkan api dengan alat seadanya, namun kecepatan api dengan tekanan udara tinggi, menjadikan rumah Kastono tidak tertolong lagi, seisi rumah ludes menjadi abu. Rumah Kasnoto akhirnya ambruk berubah menjadi abu.

“Sumber air di sekitar rumah korban memang sangat minim, dan akses jalan juga sangat sempit, sehingga warga maupun petugas kesusahan untuk memadamkan api,” ujarnya

Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam sesudahnya, setelah warga dibantu oleh relawan dan TNI Polri terus berupaya memadamkan dan mengendalikan api agar tidak merembet ke pemukiman yang lain.

Sementara itu, Camat Mojotengah Bandiryo mengemukakan, pihak desa telah berkoordinasi dengan kecamatan dan instansi terkait. Untuk sementara korban diungsikan ke rumah saudara terdekat, sedangkan warga diminta gotong-royong melakukan pembersihan lokasi kebakaran.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak terkait, agar korban secepatnya bisa dibantu. Proses awal melakukan assesment bersama BPBD, gotong royong pembersihan puing dan membuat langkah lanjutan lain,” katanya.

Pihaknya mengimbau, meski sudah memasuki musim hujan, bahaya kebakaran tetap harus diwaspadai. Sebab pemicu utama kebakaran di pemukiman bukan lagi masalah musim, tapi kerusakan jaringan listirk di rumah tangga dan lupa mematikan kompor atau tungku.

“Saya minta kepada warga Mojotengah untuk terus pantau dan waspadai potensi bencana yang ada di sekitar lingkungan masing-masing,” pungkasnya. (gus/ela/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Bawor Gasak Ratusan Botol Miras
Bawor Gasak Ratusan Botol Miras

Berita Sejenis

WNI Tewas Berlumuran Darah di Rumah Kontrakan

WNI Tewas Berlumuran Darah di Rumah Kontrakan

Kepolisian Malaysia menemukan sepasang jenazah (Pria dan Wanita) yang diyakini sebagai warga negara asing (WNA), di sebuah rumah di wilayah Banting.


Pabrik Sabu Rumahan Diawasi Lewat CCTV

Pabrik Sabu Rumahan Diawasi Lewat CCTV

Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat menggerebek sebuah rumah mewah di Perum Citra 2 Kalideres, Minggu (23/6) kemarin.


Disidak, Fasilitas Rutan KPK Ternyata Bagus

Disidak, Fasilitas Rutan KPK Ternyata Bagus

Rumah tahanan negara (rutan) cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mendapat perhatian.



Dilempar Bom Molotov, Mapolsek Tambelangan Terbakar

Dilempar Bom Molotov, Mapolsek Tambelangan Terbakar

Kantor Polsek Tambelangan dibakar oleh massa, Rabu (23/5) pukul 22.00, menggunakan Bom Molotov.


Ngaku Telah Diperkosa, PRT Indonesia Dihukum 14 Hari

Ngaku Telah Diperkosa, PRT Indonesia Dihukum 14 Hari

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga (PRT) diadili dan dibui di oleh pengadilan Singapura.


Petisi Protes Pembebasan Majikan Adelina Tembus 18.709 Pendukung

Petisi Protes Pembebasan Majikan Adelina Tembus 18.709 Pendukung

Petisi jejaring yang memprotes pembebasan majikan pembantu rumah tangga asal Kupang Nusa Tenggara Timur Adelina Sau tembus 18.709 pendukung.


Rumah Bupati Solok Selatan Digeledah KPK

Rumah Bupati Solok Selatan Digeledah KPK

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah membenarkan kabar penggeledahan di kediaman Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, Kamis (25/4) kema


Logistik Pemilu yang Terbakar di Malaysia Bukan Sabotase

Logistik Pemilu yang Terbakar di Malaysia Bukan Sabotase

Kasus kebakaran enam kotak dan 1.818 lembar surat suara Pemilu 2019 di Jalan Sapi Nangoh, Pamol, Sandakan, Negeri Sabah, Malaysia 7 April lalu, belum terungkap.


Jokdri Jalani Pemeriksaan Mendalam

Jokdri Jalani Pemeriksaan Mendalam

Mantan Plt Ketua umum ketum PSSI Joko Driyono (Jokdri) telah mendekam di Rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya, sejak Senin (25/3).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!