Kriminal
Share this on:

Dua Kapal Penyelundup BBM Diciduk

  • Dua Kapal Penyelundup BBM Diciduk
  • Dua Kapal Penyelundup BBM Diciduk

JAKARTA - Angin Laut di Teluk Jakarta masih mengilir sepoi-sepoi. Cuaca saat itu masih bagus. Riak ombak mendebur buritan Kapal Motor MT yang melaju di kecepatan 15 knot. Dua tiga orang terlihat duduk-duduk santai di geledak kapal setelah meninggalkan Kota Jakarta, Kamis (18/7) sore.

Di jarak 1 mil laut, speed boat bermuatan satu peleton pasukan bersenjata lengkap melaju dengan kecepatan tinggi. Mereka adalah pasukan patroli Badan Keamanan Laut (Bakamla) sekitar Teluk Jakarta. Sore itu, sang komandan baru mendapat info, baru saja ada upaya penyelundupan BBM oleh Kapal MT.

Kejadian itu bukan simulasi, memang benar adanya. Sasaran mereka adalah Kapal MT yang diduga melakukan transfer BBM ilegal di perairan Muara Baru, Jakarta Utara.

Suara sirine memekakan telinga para ABK Kapal MT. "Mohon berhenti, jangan melawan" ujar petugas di dalam speedboat.Tak ada perlawanan, para ABK dan Nahkoda lalu mengangkat tangan tanda menyerah. Usaha penyelundupan BBM kali ini gagal total.

Di atas kapal, petugas menahan 11 orang anak buah kapal (ABK). Dari dalam petugas menemukan 35 kilo liter (KL) BBM ilegal.

Direktur Operasi Laut (Diropsla) Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla Nursyawal Embun mengatakan, hasil dari pemeriksaan awal, diketahui bahwa kapal tanker tersebut tidak dilengkapi surat izin olah gerak ataupun dokumen pergerakan kapal lainnya. "Sedangkan dalam kaitannya kegiatan transfer BBM ke dua kapal nelayan, kapal tersebut juga tidak dapat menunjukkan dokumen resmi," jelasnya kepada Fajar Indonesia Network, Jumat (19/7).

Di hari yang sama, kapal SPOB yang dinahkodai oleh SP bersama 8 anak buah kapal ikut diamankan petugas. Mereka ditangkap sebelum melakukan transfer BBM ke kapal motor (KM) sekitar 5 KL dari 10 KL yang direncanakan. "Jadi dalam sehari, dua penyelundup BBM Ilegal berhasil kami tangkap," jelasnya.

Untuk kepentingan penyidikan lanjutan, kedua kapal diizinkan buang jangkar. Sementara, kedua nahkoda kapal dimintai keterangan di Markas Besar Bakamla RI Perairan Pondok Dayung, Jakarta Utara. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Dua TKI Tewas Tertimpa Beton di Malaysia

Dua TKI Tewas Tertimpa Beton di Malaysia

Dua pekerja konstruksi warga negara Indonesia (WNI) tewas tertimpa dinding beton di Shah Alam, Selangor, Malaysia, pada Selasa (20/8).


Kejagung: Kami Pecat Jika Terbukti

Kejagung: Kami Pecat Jika Terbukti

Dua oknum jaksa kembali terjaring operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Penyerang di Polsek Wonokromo, Pemain Tunggal

Penyerang di Polsek Wonokromo, Pemain Tunggal

Seorang pria bernama Imam Musthofa nekat melakukan aksi penyerangan terhadap dua anggota polisi di kantor Polsek Wonokromo, Surabaya, Sabtu (17/8).


Anggota Polri Diculik dan Dibunuh KKB Papua

Anggota Polri Diculik dan Dibunuh KKB Papua

Dua anggota Polri dihadang kelompom kriminal bersenjata di sekitar kampung Usir, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (12/8) kemarin.


Bawa Dua Koper, KPK Geledah Tiga Lokasi

Bawa Dua Koper, KPK Geledah Tiga Lokasi

Bukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namanya jika tidak bereaksi cepat. Ini setelah mendapatkan beberapa sinyal kuat atas kasus dugaan suap impor bawang.


Dua WNI Curanmor di Malaysia

Dua WNI Curanmor di Malaysia

Kepolisian Malaysia menangkap dua pria warga negara Indonesia (WNI) terkait pencurian sepeda motor.


Lima ABK WNI Hilang di Perairan Taiwan

Lima ABK WNI Hilang di Perairan Taiwan

Sedikitnya lima anak buah kapal (ABK) asal Indonesia, dilaporkan hilang saat melaut di perairan dekat Pulau Diaoyutai, Taiwan.


Kasus Nunung Ditangani Dua Jaksa

Kasus Nunung Ditangani Dua Jaksa

Tim jaksa Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta mulai meneliti berkas kasus sabu Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat dan suaminya.


Taswin Nur Orang Kepercayaan Pejabat PT INTI

Taswin Nur Orang Kepercayaan Pejabat PT INTI

PT INTI membantah dua orang yang terjaring OTT KPK, Rabu (31/7) dan Kamis (1/8) lalu, bukan pegawai perusahaan.


Malaysia Tangkap Nakhoda WNI

Malaysia Tangkap Nakhoda WNI

Seorang Nakhoda dan teknisi kapal berkewarganegaraan Indonesia (WNI) ditahan oleh Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!