Kriminal
Share this on:

Dua Orang DPO Dugaan Korupsi Terus Diburu

  • Dua Orang DPO Dugaan Korupsi Terus Diburu
  • Dua Orang DPO Dugaan Korupsi Terus Diburu

NGAWI - Sepanjang 2018 Kejaksaan Negeri (Kejari) Ngawi berhasil mengungkap sejumlah kasus tindak pidana korupsi (tipikor). Namun, masih ada dua PR (pekerjaan rumah) yang belum rampung.

Pertama, dua kasus dugaan penyimpangan penyaluran dana simpan pinjam koperasi di dinas koperasi dan usaha mikro (Dinkop-UM) 2016. Kedua, menangkap dua tersangka tipikor yang masuk daftar pencarian orang (DPO).

Kepala Kejari (Kajari) Ngawi Waito Wongateleng menyampaikan kasus di dinkop-UM masih dalam proses penyidikan. Dia menyebut ada dua koperasi simpan pinjam (KSP) agribisnis yang disidik. Yakni, KSP Rukun Agawe Santosa dan KSP Sumber Rejeki.

Keduanya diduga menyelewengkan pengelolaan dana bergulir dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM). Total bantuan yang digulirkan pemerintah Rp500 juta untuk masing-masing KSP.

Namun, sejauh ini belum ada tersangkanya. Dia menjelaskan saat ini masih sebatas penyidikan umum. Yakni, menggali sejumlah keterangan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun penerima manfaat dana bergulir itu.

‘’Secepatnya akan kami umumkan jika sudah ditetapkan (tersangkanya),’’ ungkap Waito.

Informasinya, kejari bakal menetapkan tersangka awal bulan depan. Begitu juga jumlah kerugian negara yang masih dihitung Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). ‘’Sekarang masih proses penghitungan oleh BPKP untuk kerugian negara yang ditimbulkan,’’ terangnya.

Sedangkan dua orang buron, Sukmana Endy Wijaya dan Musyafak Khoirudin. Sukmana adalah terdakwa perkara penyimpangan proyek pembangunan ruang poliklinik RSUD dr Soeroto Ngawi 2009. Dia merupakan rekanan pelaksana proyek tersebut. Sedangkan Musyafak terdakwa perkara penyimpangan pengelolaan dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) 2008.

‘’Keduanya diperkirakan merugikan negara Rp100 juta lebih,’’ sebutnya.

Sepanjang 2018 ini, kejaksaan sudah memburu kedua terdakwa tersebut. Pun akan terus dikejar sampai kapan pun. Pihaknya cukup kesulitan meringkusnya lantaran alamat tempat tinggal mereka berpindah-pindah.

‘’Tapi akan terus kami cari sampai tertangkap,’’ tegasnya.

Sepanjang 2018 ini pula Kejari Ngawi juga telah mengembalikan kerugian negara sebanyak Rp 212,5 juta ke kas negara dari hasil pengungkapan kasus tipikor. (tif/c1/sat/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Giliran Empat Pejabat PT Antam Diperiksa

Giliran Empat Pejabat PT Antam Diperiksa

Penyidik Pidsus Kejagung mulai memburu tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pembelian lahan batubara seluas 400 hektare di Sarolangun, Jambi.


Dugaan Korupsi KKP, Susi Dukung KPK

Dugaan Korupsi KKP, Susi Dukung KPK

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendukung KPK menuntaskan dugaan tindak pidana korupsi di Kementeriannya.


Bupati Bengkalis Tersangka Suap Proyek Jalan

Bupati Bengkalis Tersangka Suap Proyek Jalan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Bengkalis Amiril Mukminin sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.


Kinerja KPK Terbentur Kasus-kasus Mangkrak

Kinerja KPK Terbentur Kasus-kasus Mangkrak

Hingga kini masih ada juga beberapa kasus yang masih mangkrak atau belum terselesaikan dengan baik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)..


Idrus Marham Kembali Diperiksa

Idrus Marham Kembali Diperiksa

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerja sama PLTU Riau-1.


Penahanan Eggi Sudjana Terlalu Dipaksakan

Penahanan Eggi Sudjana Terlalu Dipaksakan

Tersangka dugaan makar Eggi Sudjana akhirnya dijebloskan ke jeruji besi terhitung, sejak Selasa (14/5) sekitar pukul 23.00 wib, hingga 20 hari ke depan.


KPK Perpanjang Penahanan Tiga Tersangka Suap

KPK Perpanjang Penahanan Tiga Tersangka Suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan tiga tersangka kasus suap terkait pinjaman daerah Kabupaten Lampung Tengah.


Tiga Kasus Dugaan Korupsi Mangkrak, KPK Digugat

Tiga Kasus Dugaan Korupsi Mangkrak, KPK Digugat

Lebih dari dua tahun, tiga kasus dugaan korupsi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mangkrak tanpa ada kejelasan.


Penangkapan Eggi Sah, Tapi Terkesan Politis

Penangkapan Eggi Sah, Tapi Terkesan Politis

Aparat kepolisian Ditreskrimum Polda metro Jaya akhirnya menangkap aktivis pembela Ulama, Eggi Sudjana usai diperiksa, pada Senin (13/4), terkait dugaan kasus m


Bupati Jepara Ditahan, Ketua DPRD Tulungagung Tersangka

Bupati Jepara Ditahan, Ketua DPRD Tulungagung Tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung 2014-2019 Supriyono (SPR), kemarin (13/5).



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!