Kriminal
Share this on:

Empat Pengedar Psikotropika Ditangkap

  • Empat Pengedar Psikotropika Ditangkap
  • Empat Pengedar Psikotropika Ditangkap

DITANGKAP - Polres Pekalongan Kota menggelar konferensi pers penangkapan empat tersangka pengedar dan atau pemakai obat-obatan. (wahyu hidayat/radar pekalongan)

PEKALONGAN - Satuan Reserse Narkoba Polres Pekalongan Kota, belum lama ini menangkap empat orang yang diduga sebagai pengedar dan atau pemakai obat-obatan jenis psikotropika di Kota Pekalongan. Keempat tersangka ditangkap di empat lokasi berbeda, hanya dalam selang waktu kurang dari empat jam.

Dalam gelar perkara di aula Mapolres Pekalongan Kota, kemarin, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu didampingi Kabag Ops Kompol Suharsono dan Kasat Narkoba AKP Rohmat Ashari, menjelaskan selain menangkap para tersangka, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya 193 butir obat-obatan psikotropika yang terdiri dari 97 butir Riklona dan 96 butir Alprazolam.

Kapolres AKBP Ferry menuturkan, pengungkapan peredaran obat-obatan jenis psikotropika ini berawal dari informasi masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti anggota Sat Narkoba Polres Pekalongan Kota dengan melakukan penyelidikan. Petugas mendapat informasi tentang dugaan kalau di TKP diduga sering ada transaksi obat-obatan terlarang.

"Informasi dari masyarakat ditindaklanjuti, kemudian anggota berhasil menangkap tersangka pertama. Dari penangkapan tersangka pertama ini kemudian dikembangkan lagi. Anggota kami bergerak cepat, takut bocor. Akhirnya dalam waktu cepat, kurang dari 24 jam keempat tersangka berhasil ditangkap," ungkapnya.

Penangkapan pertama dilakukan terhadap tersangka FAH, 21, warga Jl Urip Sumoharjo, Medono, Pekalongan Barat. Tersangka ditangkap pada Kamis (28/2) pukul 23.00 WIB di Jl WR Supratman, Pekalongan Utara. Dari FAH, polisi mengamankan barang bukti berupa 10 butir Alprazolam.

Tersangka FAH kemudian diinterogasi petugas. Akhirnya mengarah ke tersangka lain. Selanjutnya, Kamis (28/2) pukul 23.45, anggota Sat Narkoba menangkap tersangka kedua. Tersangka berinisial ABD alias Sidul, 22, warga Kradenan Gg 1, Pekalongan Selatan. ABD ditangkap di depan Grosir Setono, Pekalongan Timur. Dari ABD, polisi mengamankan barang bukti berupa 5 butir Alprazolam.

Tak berhenti di situ, pada Jumat (1/3) pukul 00.30 WIB, tim dari Sat Narkoba Polres Pekalongan Kota menangkap tersangka ketiga, berinisial ESR, 19, warga Jl Karya Bhakti, Medono, Pekalongan Barat. Tersangka ditangkap di Jalan Urip Sumoharjo (depan Masjid Jami') Kelurahan Pringrejo, Pekalongan Barat. Dari ESR, polisi mengamankan barang bukti berupa 5 butir Alprazolam yang disimpan dalam bungkus rokok Sampoerna Mild.

Selanjutnya, satu jam berikutnya, tepatnya pada Jumat (1/3) pukul 01.30 WIB, petugas menangkap tersangka keempat. Tersangka keempat ini yakni NI, 25, warga Buaran Kradenan Gg 1, Pekalongan Selatan. Tersangka NI ini ditangkap di rumahnya. Dari NI, polisi mengamankan barang bukti berupa 97 butir riklona dan 76 butir alprazolam yang disimpan dalam bungkus parfum dan disembunyikan di almari kamar serta uang tunai Rp400 ribu.

Kapolres menambahkan bahwa kasus ini masih akan dikembangkan lagi. Berdasar pemeriksaan terhadap tersangka, obat-obatan golongan psikotropika itu didapat dari seseorang berinisial A yang saat ini sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Adapun obat-obatan tersebut diduga dikirim dari luar kota.

"Sementara A masih melarikan diri dan sedang dalam pencarian petugas. Informasi dari tersangka, obat-obatan tersebut dikirim dari kota B. Tetapi masih akan kita dalami lagi. Sebelum terbukti kita belum bisa memastikan," jelas Kapolres.

AKBP Ferry menambahkan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka saat ini sudah diamankan di sel tahanan Mapolres Pekalongan Kota. Mereka akan dijerat dengan Pasal 62 UURI No.5 tahun 1997 tentang Psikotropika, dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp100 juta. (way/wan/zul)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu

Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu

Dua pengedar narkoba berhasil ditangkap aparat Polres Magelang Kota.


Di-TO Polisi, Mahasiswa Undip Ditangkap karena Edarkan Sabu

Di-TO Polisi, Mahasiswa Undip Ditangkap karena Edarkan Sabu

Kasus peredaran narkotika di Kota Semarang melibatkan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip).


Pembakar Sepeda Motor Ditangkap

Pembakar Sepeda Motor Ditangkap

Polres Temanggung, hingga saat ini masih memburu aktor intelektual kasus pembakaran dua sepeda motor di Dusun Kali Salam Desa Ketitang Kecamatan Jumo.


Gara-gara Iseng, Ponpes Terbakar

Gara-gara Iseng, Ponpes Terbakar

Teka teki terbakarnya Pondok Pesantren Ummul Qura di lantai dua dan tiga bangunan berlantai empat tersebut, terbongkar.


Bandar, Pengedar, dan Pengguna Pil Koplo Dibekuk Polisi

Bandar, Pengedar, dan Pengguna Pil Koplo Dibekuk Polisi

Satu mata rantai peredaran pil koplo di Bumi Orek-Orek berhasil diputus polisi. Dini hari kemarin (11/2), seorang bandar dan dua pengedar berhasil dibekuk.


Bekuk Pengedar, Amankan 19 Poket SS

Bekuk Pengedar, Amankan 19 Poket SS

Pengedar narkoba jenis sabu-sabu (SS) berhasil diamankan anggota Reskrim Polsek Sukolilo.


Nyambi Jadi Kurir Narkoba, Sopir Disergap Polisi

Nyambi Jadi Kurir Narkoba, Sopir Disergap Polisi

NE (26), warga Desa Bener Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan yang berprofesi sebagai sopir ditangkap Sat Res Narkoba Polres Pemalang, Senin (28/1) lalu.


Lagi, Pengedar Dextro Ditangkap Polisi

Lagi, Pengedar Dextro Ditangkap Polisi

Jajaran Polres Pekalongan Kota kembali berhasil mengungkap peredaran obat-obatan terlarang.


Terjerat Kasus Narkoba, Perwira Polda Divonis Empat Tahun

Terjerat Kasus Narkoba, Perwira Polda Divonis Empat Tahun

Oknum Perwira Polda Jateng AKP Kokok Wahyudi, 51, akhirnya menerima putusan empat tahun penjara, atas perkara dugaan kepemilikan narkoba jenis sabu seberat 0,50


Awal Tahun, Tiga Pengedar Sabu Diamankan

Awal Tahun, Tiga Pengedar Sabu Diamankan

Sejak awal tahun ini tiga pengedar sabu diringkus jajaran Polres Jepara.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!