Kriminal
Share this on:

Enam Copet HP Spesialis Konser Diringkus

  • Enam Copet HP Spesialis Konser Diringkus
  • Enam Copet HP Spesialis Konser Diringkus

COPET – Enam pencopet dengan barang bukti puluhan ponsel dan tiga mobil operasional berplat D berhasil diamankan. (dimas budi/radarmas)

PURWOKERTO - Satreskrim Polres Banyumas berhasil meringkus tiga kelompok copet lintas wilayah. Total ada enam tersangka yang diciduk polisi dari tiga kelompok copet yang beraksi saat konser musik di GOR Satria, Jumat (11/5) lalu.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK, melalui Wakapolres Kompol Malpa Malacoppo mengatakan, kelompok copet ini beraksi dengan terorganisir. Masing-masing kelompok, setidaknya terdiri dari empat orang.

”Para pelaku tertangkap saat beraksi di konser musik artis Via Vallen di Gor Satria pekan lalu,” kata dia.

Penangkapan terhadap tersangka, bermula dari kecurigaan petugas atas banyaknya HP penonton yang hilang. Dari laporan itu, polisi melakukan penyelidikan.

Akhirnya, satu per satu pelaku berhasil ditangkap. Mereka adalah Reki, 31, warga Karawang; Nispi, 23, warga Bandung; Kasdiyanto , 55, warga Tegal; Supriyanto, 43, warga Surabaya; Ali Masda, 25, warga Surabaya; dan Ardi Laksono, 32, warga Tegal.

”Para pelaku ini dari tiga kelompok berbeda. Perannya antara lain menunggu eksekutor, pengalih perhatian, mengawasi teman yang beraksi, menerima hasil kejahatan dan bahkan pemain tunggal,” jelas dia.

Wakapolres mengungkapkan, para pelaku beraksi dengan mengalihkan perhatian korban saat menyaksikan konser. Saat korban lengah, pelaku lain beraksi mengambil HP korban.

”Dari tangan eksekutor. HP itu kemudian diserahkan ke pelaku lain untuk dimasukkan ke dalam tas. Setelah terkumpul beberapa HP, tas akan diserahkan ke pelaku lain untuk dikumpulkan ke dalam mobil pelaku,” ungkap dia.

Dari enam tersangka yang sudah diamankan, polisi masih memburu pelaku lain. Setidaknya ada tujuh pelaku yang belum tertangkap.

”Kami masih mengembangkan kasus ini. Sebab, ada puluhan HP yang belum diketahui pemiliknya. Juga ada 10 orang yang diamankan dan patut diduga sebagai tersangka.Kemungkinan jumlah korban dan tersangka akan bertambah,” tegas dia.

Wakapolres memaparkan, kelompok copet ini merupakan sindikat yang terorganisir dengan baik. Mereka rela mengeluarkan biaya operasional, bahkan dengan menyewa mobil demi datang ke acara konser.

”Barang bukti ada tiga mobil masing-masing dua unit Sigra nopol D 1037 AFV dan D 1127 VBM dan Xenia nopol D 1182 AEL. Juga 46 HP berbagai merk, serta tas dan sarana untuk melakukan pencopetan,” papar dia.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka kini mendekam di balik jeruji besi Polres Banyumas. Mereka dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman maksilam tujuh tahun penjara. (mif/bay/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Malekar Jual "Cempe" Curian via FB

Malekar Jual "Cempe" Curian via FB

Lantaran terlibat dalam penjualan Honda C70, Aan Setiawan, pemuda asal Dukuh Kempit Desa Sokosari, Kecamatan Karanganyar diringkus anggota Polsek Kedungwuni.


Hendak Kabur, Buron Jambret Didor

Hendak Kabur, Buron Jambret Didor

Terduga pelaku jambret berinisial Ar, 22 tahun, diringkus tim opsnal Polres Mataram.


Gembong Curat Miliki Senjata M16

Gembong Curat Miliki Senjata M16

Spesialis bobol rumah tewas ditembak aparat Satreskrim Polres Lahat lantaran pelaku berusaha melawan saat akan ditangkap.


Bejad, Sudah Kakek-kakek Setubuhi Gadis di Bawah Umur

Bejad, Sudah Kakek-kakek Setubuhi Gadis di Bawah Umur

Seorang pria berinisial AR, warga Purworejo diringkus Satuan Reskrim Polres Purworejo karena dilaporkan telah menyetubuhi gadis di bawah umur.


Simpan Sabu dalam Bungkus Rokok, Pedagang Diringkus

Simpan Sabu dalam Bungkus Rokok, Pedagang Diringkus

Syaiful Bahrudin (29), warga Desa Karanganyar Gang 16 Kecamatan Tirto Kota Pekaongan ditangkap anggota Sat Narkoba Polres Pekalongan Kota, Kamis (30/8) lalu.


Maling Spesialis Pencongkel Rumah Akhirnya Takluk

Maling Spesialis Pencongkel Rumah Akhirnya Takluk

Seorang pencuri spesialis pengcongkel rumah, Sunaryo (48) asal Desa Lambanggelun, Kecamatan Paninggaran diamankan anggota Buser Polres Pekalongan, Sabtu (1/8).


Pelaku Jambret Sadis Diringkus

Pelaku Jambret Sadis Diringkus

M Ichsan Setiawan alias Ican (19) mendekam di balik jeruji besi.


Pembakar Istri Dibekuk saat Ziarah ke Makam

Pembakar Istri Dibekuk saat Ziarah ke Makam

Sempat buron dua bulan, Maliadi alias Mali (36) yang membakar istrinya sendiri akhirnya diringkus.


Nunggu Keluarga Operasi, HP Diembat

Nunggu Keluarga Operasi, HP Diembat

Suhermoko, 33, warga Jalan Kramat Gang II No.3, Wiyung, Surabaya diringkus Unit Reskrim Polsek Gubeng.


Spesialis Pecah Kaca Colong Ratusan Juta

Spesialis Pecah Kaca Colong Ratusan Juta

Hamdi Zulfahmi (35) dan Usman (31) terus meringis ketika turun dari mobil khusus anggota Unit Jatanras Satreskrim Polresta Samarinda.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!