Kriminal
Share this on:

Garong Toko Sembako, Komplotan Lampung Digulung

  • Garong Toko Sembako, Komplotan Lampung Digulung
  • Garong Toko Sembako, Komplotan Lampung Digulung

TANGSEL - Usai sudah aksi kejahatan kawanan perampok spesialis toko sembako. Kawanan yang dikenal dengan komplotan Lampung itu digulung polisi setelah terpergok beraksi membobol Toko Aqila di Jalan Pajajaran, Kecamatan Pamulang, Jumat dinihari (19/10).

Tiga anggota kawanan itu semuanya ditembak. Bahkan, salah satu pelaku tewas. Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan mengatakan, sempat terjadi aksi saling tembak antara jajarannya dengan kawanan perampok tersebut.

”Aksi kawanan perampok spesialis sembako ini dipergoki tim Vipers,” terangnya.

Ferdy menjelaskan peristiwa aksi saling tembak yang terjadi saat Tim Vipers yang merupakan tim khusus Satreskrim Polres Tangsel tengah patroli curiga dengan mobil Daihatsu Xenia F 1022 HB berada di depan toko sembako pada dinihari tersebut.

Ditambah gerak-gerik empat pria mencurigkan di dekat mobil itu membuat tim patrol mendekati lokasi. ”Anggota mencari tahu apa yang dilakukan empat pria di lokasi itu. Pas mau didekati, mereka menabrak mobil patroli kami,” ujar juga Ferdy saat konferensi pers di Mapolsek Pamulang, Jumat (19/10).

Selain itu, kata Ferdy juga, para pelaku juga menyerang dengan pistol. ”Saling tembak pun terjadi,” paparnya lagi. Tak sampai disana, lanjut Ferdy, saat baku tembak antara anggotanya dan pelaku, salah satu dari kawanan itu kabur. Tak mau buruannya lepas, polisi melumpuhkan dua pelaku yang ada di dalam toko.

Kedua pelaku tersebut, terkena tembakan di bagian kaki kiri dan kanan. ”Satu pelaku yang ada di dalam mobil pun mencoba menyerang. Terpaksa dilumpuhkan dan terkena tembakan di leher sebanyak dua kali. Pelaku yang kami duga sopir komplotan itu tewas di lokasi kejadian,” paparnya.

Adapun ketiga pelaku yang berhasil ditangkap bernama Gayus, 35, dan Ridwan, 40 (keduanya ditembak kakinya), sedangkan Agus, 44, tewas setelah timah panas bersarang di leher. Sementara, satu rekan pelaku berhasil melarikan diri dan kini tengah diburu polisi.

”Mereka merampok toko sembako. Sempat menggasak berbagai minuman kemasan dan puluhan tabung gas. Mereka ini semua warga asal Lampung yang tinggal di Kabupaten Tangerang,” jelasnya lagi.

Dari hasil penyelidikan, komplotan rampok ini berhasil masuk ke dalam toko agen sembako setelah merusak teralis besi dengan linggis. Mereka pun langsung memasukkan barang curian dari toko sembako itu ke dalam mobil. Akan tetapi naas aksi kawanan ini terpergok polisi.

Sejumlah barang bukti disita dari komplotan tersebut. Diantaranya, 32 unit tabung gas melon, lima kardus minuman sachet, puluhan boks minuman kemasan kaleng, puluhan slop rokok, satu unit mobil, sepucuk pistol rakitan jenis revolver beserta tiga peluru, dua bilah golok, dan satu alat pemotong besi.

Atas perbuatannya, dua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. ”Mereka ini sudah beraksi di banyak tempat. Termasuk Kota Tangsel. Kami masih terus melakukan pengembangan aksi perampokan toko sembako ini. Satu pelaku lagi masih kami buru,” cetusnya juga.

Sementara itu, Teguh pemilik Toko Aqila tidak mengetahui jika tokonya itu dirampok komplotan Agus Cs. Pasalnya, lokasi toko dengan rumahnya cukup jauh sekitar 2 kilometer (km). Namun, dia menaksir kerugian perampokan itu mencapai Rp8 juta lebih.

Sebab, barang-barang yang diambil para pelaku merupakan barang yang baru dai pesan. ”Rugi besar saya. Tahu ada perampokan dari pemilik toko lain. Saya juga diberitahu polisi tentang aksi perampokan itu. Untung saya tidak tidur di toko, kalau iya mungkin saya jadi korban penganiayaan,” tuturnya. (cok/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Alfamart Banjaranyar di Brebes Dikuras Komplotan Maling

Alfamart Banjaranyar di Brebes Dikuras Komplotan Maling

Alfamart di Jalan Gajah Mada Desa Banjaranyar Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, Rabu (20/3),


Lima Pencuri Kayu Jati Diburu Polisi

Lima Pencuri Kayu Jati Diburu Polisi

Kepolisian Resor Batang tengah memburu komplotan pelaku pemotong pohon jati milik Perum Perhutani di wilayah Kecamatan Limpung.


Kontrak Tak Diperpanjang, Mantan Karyawan Berkomplot Bobol Alfamart

Kontrak Tak Diperpanjang, Mantan Karyawan Berkomplot Bobol Alfamart

Tim Resmob Satreskrim Polres Tegal meringkus komplotan pencuri yang membobol sejumlah minimarket di Kabupaten Tegal.


Dua Anggota Sindikat Pencuri Kayu dan Kabel PLN Digulung

Dua Anggota Sindikat Pencuri Kayu dan Kabel PLN Digulung

Berakhir sudah sepak terjang dua kawanan yang sempat mencuri kayu jati dan jaringan kabel milik PLN di wilayah Kabupaten Tegal.


Komplotan Maling Sapi Kian Merajalela

Komplotan Maling Sapi Kian Merajalela

Para komplotan pencuri hewan ternak sapi di wilayah pinggiran akhir-akhir ini kian merajalela.


Perampok Berpistol Gasak Brankas Alfamart

Perampok Berpistol Gasak Brankas Alfamart

Komplotan perampok berpistor, Sabtu (16/2) pagi, berhasil menggasak brankas Alfamart di Jalur Pantura Desa Bondansari Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.


Sejumlah Merek Obat Diamankan Polisi

Sejumlah Merek Obat Diamankan Polisi

Sejumlah anggota Polres Pekalongan Kota, dipimpin Kapolres AKBP Ferry Sandy Sitepu mendatangi sebuah toko obat di Jalan Sultan Agung, Kota Pekalongan.


Kepergok Curi Uang Rp50 ribu, Pemuda Dimassa

Kepergok Curi Uang Rp50 ribu, Pemuda Dimassa

Tertangkap basah membobol toko, Asri Del Indra jadi bulan-bulanan massa. Beruntung polisi segera mengamankan dan menggelandangnya ke Mapolsek Jenangan.


Jual Miras, Pemilik Warung Sembako Diamankan

Jual Miras, Pemilik Warung Sembako Diamankan

Seorang pemilik warung sembako di Desa Bulu, Kecamatan Petarukan diamankan polisi.


Ratusan Botol Miras Diamankan

Ratusan Botol Miras Diamankan

Sebanyak 253 botol minuman keras (miras) dari sejumlah toko diamankan Satuan Sabhara Mapolres Tegal Kota, Selasa (27/11) pagi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!