Kriminal
Share this on:

Hasil Kejiwaan Tersangka Pembuang Bayi Belum Jelas

  • Hasil Kejiwaan Tersangka Pembuang Bayi Belum Jelas
  • Hasil Kejiwaan Tersangka Pembuang Bayi Belum Jelas

PERIKSA – Ibu kandung bayi yang dibuang dari lantai 3 department store kawasan Alun-alun Kota Magelang diperiksa. (wiwt arief/magelang ekspress)

MAGELANG - Setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama sepekan, NAN, 21, tersangka kasus pembuangan bayi di salah satu department store Jalan A Yani, kawasan Alun-alun Kota Magelang, awal Oktober 2018 lalu, mulai menjalani pemeriksaan.

Wajah pucat pasi masih terlihat kental NAN tatkala mengenakan baju biru tua dengan tulisan ”Tahanan” di Ruang PPA, Polres Magelang Kota, Selasa (16/10). Ia hanya menjawab singkat dan wajahnya yang dipenuhi dengan tetesan air mata.

Sepintas, dia terlihat sangat menyesali perbuatan terkutuk, membuang bayi yang baru saja ia lahirkan di toilet salah satu department store tersebut. Memang seusai melakukan tindak kejahatan, NAN sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran kondisi kesehatannya.

Meski sudah dirawat hampir dua pekan, fisiknya nyaris tak berubah. Ia masih terlihat lemas dan seolah depresi. Sebelum digiring ke tahanan, NAN sempat pula diperiksa di RSJ dr Soerojo Kota Magelang.

Berkali-kali dia mengucapkan kata penyesalan atas perbuatan nekatnya itu. Meski demikian, hukum sudah menjeratnya. Ia tidak bisa lari begitu saja.

”Saya menyesal sudah melakukannya (melempar bayi),” kata NAN, warga Bandongan, Kabupaten Magelang itu di hadapan penyidik Polres Magelang Kota dengan nada lirih dan penuh tangis.

NAN mengaku nekat membuang bayi karena khawatir rekan-rekannya di department store akan mengetahuinya. Apalagi selama ini ia menutup-nutupi kondisi kehamilannya. ”Spontan, nggak ada rencana. Saya cuma panik, dan akhirnya saya melakukannya. Saya benar-benar nyesel,” katanya.

Dia mengaku tidak terpikirkan hal apapun sehingga tangannya nekat melemparkan bayi yang masih tergabung dengan plasenta tersebut dari lantai 3 dengan ketinggian sekitar 10 meter. ”Sebelum kejadian nggak kepikiran apa-apa, spontan saja saya melakukannya. Saya juga dengar kalau bayi saya selamat,” tutur dia.

Kasat Reskrim AKP Rinto Sutopo mengatakan bahwa Tersangka mengaku bahwa kehamilannya itu bukan hasil hubungan dengan suami sahnya yang kini bekerja di pelayaran. Melainkan dengan orang lain, yang diduga kuat adalah mantan pacarnya.

”Kami memang sudah memeriksa pacar tersangka dan dirinya juga mengakui pernah berhubungan dengan tersangka. Namun yang bersangkutan tidak mengetahui jika tersangka telah mengandung dan melahirkan karena dirinya sudah putus hubungan dengan tersangka sejak bulan Mei yang lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengatakan, jika hasil tes kejiwaan tersangka dari RSJ dr Soerojo baru akan diketahui, Rabu (17/10) hari ini. ”Hasil dari observasi ini nantinya akan menjadi pertimbangan berkas perkara yang akan kita limpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Magelang,” ucapnya. (wid/fat/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Polri Pastikan 9 Pati-nya Berpengalaman di Penyidikan

Polri Pastikan 9 Pati-nya Berpengalaman di Penyidikan

Sembilan perwira tinggi (Pati) Polri yang mengajukan ikut seleksi capim KPK masih menunggu hasil asesmen.


Amsor, Tersangka Kecelakaan Maut Tol Cipali Alami Luka Berat

Amsor, Tersangka Kecelakaan Maut Tol Cipali Alami Luka Berat

Aparat kepolisian telah menetapkan tersangka pada kecelakaan beruntun di Tola Cipali Km 151, Majalengka yang mengakibatkan 12 orang tewas.


Kivlan Zein Kirim Surat Perlindungan Hukum ke DPR

Kivlan Zein Kirim Surat Perlindungan Hukum ke DPR

Tersangka dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zein mengirimkan surat perlindungan hukum ke Komisi II DPR.


Sanksi Oknum dan Pejabat Lapas Harus Dipublikasikan

Sanksi Oknum dan Pejabat Lapas Harus Dipublikasikan

Pemindahan Setya Novanto (Setnov) dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur dinilai belum menyelesaikan masalah.


Pidato Sofyan Jacob Belum Penuhi Kualifikasi Tersangka Makar

Pidato Sofyan Jacob Belum Penuhi Kualifikasi Tersangka Makar

Setelah mangkir, Senin (10/6) lalu, Komjen Pol (Purn) Sofyan Jacob akhirnya hadir di Polda Metro Jaya, Senin (17/6) kemarin.


Lima Komisioner KPU Kota Palembang Jadi Tersangka

Lima Komisioner KPU Kota Palembang Jadi Tersangka

Lima komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Palembang kini berstatus tersangka dalam laporan kasus pidana Pemilu 2019.


Perkara Situng, 02 Klaim Cukup Bukti

Perkara Situng, 02 Klaim Cukup Bukti

Para pihak yang bersengketa atas hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) akan beradu bukti pekan depan.


Sofyan Jacob Pertanyakan Penetapannya Sebagai Tersangka Makar

Sofyan Jacob Pertanyakan Penetapannya Sebagai Tersangka Makar

Polda Metro Jaya akan kembali melakukan panggilan kepada mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol (Purn) M Sofyan Jacob, Senin (17/6) hari ini.



Kivlan Zein Dijerat Tiga Kasus

Kivlan Zein Dijerat Tiga Kasus

Pemeriksaan terhadap tersangka dugaan makar Mayjen (Purn) Kivlan Zein, Jumat (14/6), terhenti sementara.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!