Kriminal
Share this on:

Hendak Kabur, ABG Pelaku Curas Didor

  • Hendak Kabur, ABG Pelaku Curas Didor
  • Hendak Kabur, ABG Pelaku Curas Didor

JOMBANG - Timah panas bersarang di betis kaki kanan Diki Yudha Pratama alias Beluk. Dia merupakan otak pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di wilayah hukum Ponorogo. Pemuda asal Desa Karangjoho, Badegan, itu diamankan di sebuah warung bakso di Mojoagung, Jombang, Kamis malam (21/6).

Polisi terpaksa mengambil tindakan tegas terhadap pemuda 20 tahun tersebut. Sebab, Beluk sempat mencoba kabur saat akan ditangkap. Selanjutnya polisi melakukan pengembangan. Dari keterangan Beluk, petugas turut mengamankan Riski Mardari Eka alias Gendon. Dia dibekuk di rumahnya di Desa Karangan, Badegan, tanpa perlawanan.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Rudi Darmawan mengungkapkan, penangkapan kedua pelaku itu bermula dari laporan Muhammad Vito. Dia telah menjadi korban curas oleh para pelaku pada 9 Juni lalu.

Modusnya, kedua pelaku yang berboncengan naik sepeda motor pura-pura meminta bantuan kepada korban untuk diantarkan ke suatu alamat karena mengaku tidak tahu wilayah Ponorogo. Saat itu kedua pelaku bertemu dengan korban di sebuah minimarket di dekat pertigaan Jenes.

‘’Pelaku mengaku orang Wonogiri,’’ kata Rudi kepada Radar Ponorogo (Jawa Pos Group).

Selanjutnya, tanpa curiga korban akhirnya mengantarkan ke alamat tujuan. Namun, sesampainya di Jalan Veteran atau persisnya di belakang Makodim 0802 Ponorogo masuk Kelurahan Surodikraman, Beluk dan Gendon memberhentikan paksa korban.

Beluk lantas mengeluarkan sebilah golok yang disembunyikan di balik bajunya. Dia mengancam

korban untuk menyerahkan sepeda motornya. Namun, korban menolak. Sebagai gantinya korban menyerahkan kamera DSLR dan telepon genggam miliknya kepada Beluk dan Gendon.

Setelah itu kedua pelaku meninggalkan korban di lokasi kejadian. Mereka lantas kabur untuk menghilangkan jejak. Beluk kabur di tempat persembunyiannya di Purwoasri, Kabupaten Kediri.

Sedangkan Gendon di Badegan. ’’Berdasarkan keterangan pelaku, barang curian itu dijual kepada seseorang kenalannya di Mojokerto dengan harga total sekitar Rp 2,7 juta,’’ terang Rudi.

Lebih lanjut, Rudi mengungkapkan kedua pelaku bukan kali pertama melakukan tindak pidana curas tersebut. Sebelumnya, mereka pernah beraksi di sekitar Alas Sukun. Tepatnya masuk Desa Sidoharjo, Pulung, pada 12 Juni lalu. Dari aksi tersebut mereka berhasil menyita handphone milik korban.

’’Hasil penjualan barang curian itu kemudian mereka bagi,’’ ujarnya.

Dari tangan pelaku petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Meliputi sebilah golok, kaus pelaku yang dibeli dari hasil penjualan curas, satu unit handphone, sepeda motor Honda Vario yang digunakan pelaku beraksi, dan tas berisi sejumlah pakaian.

Akibat perbuatannya itu, kedua pelaku disangkakan melanggar pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (her/c1/ota/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kenalan lewat Medsos, Motor Mahasiswi Dibawa Kabur

Kenalan lewat Medsos, Motor Mahasiswi Dibawa Kabur

Surija (23), mahasiswi warga Jalan Makam Pasir RT 04 RW 01 Desa Mejasem Timur Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal menjadi korban penipuan.


Modal Foto Syur, Intimi ABG hingga Empat Kali

Modal Foto Syur, Intimi ABG hingga Empat Kali

Tidak tahan dengan ancaman yang dialaminya, Ji (16), warga Kecamatan Telukpandan, Pesawaran, melaporkan kasus pencabulan ke Polsekta Telukbetung Utara.


Begal ABG Dibekuk Warga

Begal ABG Dibekuk Warga

Komplotan begal yang kerap beraksi di di Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi dibekuk kepolisian setempat.


Polisi ‘Kantongi’ Penembak Ibu Hamil

Polisi ‘Kantongi’ Penembak Ibu Hamil

Polrestro Tangerang telah mendapatkan ciri-ciri pelaku curanmor sadis yang menembak mati seorang wanita hamil, Kota Tangerang, Rabu (4/7) malam.


Gagal Salip Mobil, Kepala ABG Pecah

Gagal Salip Mobil, Kepala ABG Pecah

Naas dialami Dimas Rizki Fauzi, 19. Pengendara sepeda motor ini tewas setelah terbentur separator di Kabupaten Bekasi, Rabu (4/7).


Resahkan Warga, Pelaku Curanmor Didor Polisi

Resahkan Warga, Pelaku Curanmor Didor Polisi

Dua pelaku pencurian sepeda motor dan penadahnya diringkus Satreskrim Polresta Bekasi Kota di Kota Bekasi.


Kabar Penangkapan Pelaku Penusukan Ternyata Hoax

Kabar Penangkapan Pelaku Penusukan Ternyata Hoax

Berita penangkapan pelaku penusukan warga Desa Jojo, Mejobo, yang beredar di media sosial (medsos) ternyata bohong.


Rekaman CCV Beredar, Pelaku Kabur

Rekaman CCV Beredar, Pelaku Kabur

Beredarnya rekaman CCTV milik Balai Desa Jojo, Mejobo, Kudus membuat kepolisian kesulitan.


Berusaha Kabur, 9 Napi Sekap Petugas

Berusaha Kabur, 9 Napi Sekap Petugas

Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Blora berhasil menggagalkan upaya pelarian sembilan penghuni lapas belum lama ini.


Dicuriga Akan Curi Motor, ABG Dimassa

Dicuriga Akan Curi Motor, ABG Dimassa

Mabuk jamur kotoran sapi berujung babak belur dihajar warga.



Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!