Kriminal
Share this on:

Kasus Menu Makanan Youtuber Rius Vernandes Diminta Damai

  • Kasus Menu Makanan Youtuber Rius Vernandes Diminta Damai
  • Kasus Menu Makanan Youtuber Rius Vernandes Diminta Damai

**JAKARTA ** - Kasus menu makanan yang ditulis pihak maskapai Garuda Indonesia berujung masalah hukum diminta diselesaikan dengan secara kekeluargaan. Sebab hal ini kontraproduktif bagi konsumen maupun perusahaan penerbangan pelat merah itu.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyarankan kepada maskapai Garuda tidak terburu-buru menempuh ke jalur hukum. Karena masalah tersebut bisa diselesaikan secara baik tanpa harus melibatkan pihak kepolisian.

"Kami berharap kasus ini bisa diselesaikan secara damai," ujar Tulus kepada Faja Indonesia Network (FIN), kemarin (18/7) kemarin.

Lanjut Tulus, sebaiknya sebelum menempuh jalur hukum antara pihak Garuda dan konsumen melakukan pertemuan untuk menyelesaikan masalah tersebut tanpa harus melibatkan pihak hukum. "Jangan langsung ke pidana, karena hal ini kontra produktif baik bagi konsumen maupun pihak Garuda sendiri," kata Tulus.

Tulus juga meminta penumpang maskapai untuk tidak selalu men-share foto, video, atau narasi ke media sosial, karena berpotensi terjerat pasar UU ITE. Tulus menyarankan, sebelum men-share sebaiknya melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak pelaku usaha atau produsen agar tidak berujung ke ranah hukum.

Youtuber asal Indonesia, Rius Vernandes sebelumnya dilaporkan pihak manajemen Garuda Indonesia lantaran mengunggah menu makanan maskapai penerbangan Garuda yang ditulis tangan di selembar kertas ke akun media sosial Instagram pribadinya.

Kala kejadian itu, Rius sedang melakukan penerbangan Jakarta-Sydney bersama kekasihnya, Elwiyana Monica. Akibat ulahnya, kini Rius dan Elwiyana harus berhadapan dengan hukum atas laporan dugaan tindak pidana pencemaran nama baik maskapai penerbangan

Youtuber yang memiliki subscriber 600 ribu ini memang dikenal sering membuat konten ulasan berbagai maskapai penerbangan yang dia tumpangi. Beberapa maskapai penerbangan yang telah Rius review di antaranya, Lion Air, Oman Air, Thai Airways, Japan Airlines, dan Singapore Airlines.

Sebetulnya mengomentari dan mereview makanan sudah menjadi kebiasaan Rius karena profesinya di bidang kuliner. Sebelumnya anggota Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) melaporkan salah satu unggahan youtuber Rius Vernandes di akun instagram. Pihak Garuda menilai unggahan Rius berdampak pada reputasi perusahaan.

"Kami juga akan menghormati semua proses hukum yang akan berjalan dan mematuhi segala keputusan yang ditetapkan oleh pihak pengadilan nantinya," kata Ketua Harian Sekarga, Tomy Tampatty.

Dia menganggap unggaan itu tidak proporsional sehingga menimbulkan persepsi negatif di masyarakat atas layanan maskapai Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional. Kemudian setelah unggahan tersebut viral, Maskapai Garuda mengeluarkan surat yang berisi larangan pengambilan foto di dalam pesawat Garuda.

Surat itu dikeluarkan karena untuk menghormati privasi penumpang lain dan awak pesawat yang sedang bertugas. (ds/zul/din/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kejaksaan Terima 7 Berkas Perkara Koporasi Penyebab Karhutla

Kejaksaan Terima 7 Berkas Perkara Koporasi Penyebab Karhutla

Gerak cepat aparat hukum memroses kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Saat ini Kejaksaan telah menerima 7 berkas perkara atasnama korporasi dan 159 berk


Kirim Red Notice, Polisi Terbitkan DPO Veronica Koman

Kirim Red Notice, Polisi Terbitkan DPO Veronica Koman

Mabes Polri telah melakukan gelar perkara terkait kasus yang menjerat tersangka penyebaran hoaks Asrama Mahasiswa Papua, Veronica Koman.


Eggi Sudjana Minta Perlindungan Presiden

Eggi Sudjana Minta Perlindungan Presiden

Tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana meminta perlindungan hukum kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Tersangkakan Menpora, Tak Ada Muatan Politis

Tersangkakan Menpora, Tak Ada Muatan Politis

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah penetapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI be


Terlibat Kasus Curanmor, Otak Kerusuhan Papua Ditangkap

Terlibat Kasus Curanmor, Otak Kerusuhan Papua Ditangkap

Tim gabungan Polda Papua kembali meringkus diduga dalang atau aktor intelektual kasus kerusuhan yang terjadi di Tanah Papua, beberapa waktu lalu.


BTN: Kasus Korupsi Rp250 Miliar Telah Selesai

BTN: Kasus Korupsi Rp250 Miliar Telah Selesai

PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN merasa kecewa dengan berbagai pemberitaan di Fajar Indonesia Network.


228 Orang dan 5 Korporasi Tersangka Karhutla

228 Orang dan 5 Korporasi Tersangka Karhutla

Ancaman Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mencopot Kapolda hingga Kapolsek yang tidak mampu menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta menang


Indonesia Diminta Cabut Status Tersangka Veronica Koman

Indonesia Diminta Cabut Status Tersangka Veronica Koman

Sekelompok ahli independen di bawah naungan Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (OHCHR) mendesak pemerintah Indonesia mencabut, status te


Ditahan di Polda, Infeksi Paru-paru Kivlan Zen Kambuh

Ditahan di Polda, Infeksi Paru-paru Kivlan Zen Kambuh

Tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Senin (16/9) s


Kasus Makar Tokoh Oposisi Tetap Berjalan

Kasus Makar Tokoh Oposisi Tetap Berjalan

Polri menyebut kasus dugaan makar terhadap para tokoh pendukung calon presiden dan wakil presiden Probowo Subianto-Sandiaga Uno masih berlanjut.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!