Kriminal
Share this on:

KPK Pastikan Penyidikan Sofyan Segera Tuntas

  • KPK Pastikan Penyidikan Sofyan Segera Tuntas
  • KPK Pastikan Penyidikan Sofyan Segera Tuntas

JAKARTA - Lain dengan Karen Agustiawan, Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati dibidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sudah dua kali dia mengalami pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi PLTU Mulut Tambang Riau 1 Sofyan Basir.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menegaskan poin-poin yang ditanyakan oleh penyidik kepada orang nomor satu di PT Pertamina itu memang terkait dengan tugasnya saat bekerja di PT PLN. Khususnya yang berhubungan dengan PLTU Mulut Tambang Riau 1. Sebab, proyek itu direncanakan ketika Nicke masih bekerja di perusahaan tersebut.

Pria yang biasa dipanggil Febri itu pun menjelaskan bahwa penyidik lembaga antirasuah berusaha menggali hal-hal yang diketahui oleh Nicke terkait kasus yang tengah mereka tangani saat ini. "Bagaimana proses internal PLN untuk persetujuan atau menjelang persetujuan kontrak kerja sama PLTU Riau 1 tersebut," beber Febri, kemarin (11/6).

Selain itu, kaitan proyek PLTU Mulut Tambang Riau 1 dengan RUPTL 2016 2017 juga turut ditanyakan. Sebagai saksi untuk tersangka Sofyan Basir, Nicke sudah tiga kali diperiksa oleh KPK.

Dalam surat dakwaan untuk terpidana Eni Maulani Saragih, nama Nicke memang sempat disebut. Yakni dalam pertemuan yang terjadi di Hotel Fairmount. Selain itu, dalam pertemuan antara Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN Supangkat Iwan Santoso dengan Johanes Budisutrisno Kotjo, Nicke juga disebut pernah ikut.

Untuk menuntaskan penyidikan terhadap Sofyan, Febri memastikan bahwa instansinya begerak cepat. Kemarin (11/6) KPK berencana memeriksa Sofyan. Kali ini, Sofyan bakal diperiksa oleh penyidik sebagai tersangka. "Sehingga nanti kalau ada beberapa hal yang perlu dikonfirmasi atau diklarifikasi oleh penyidik, akan diproses lebih lanjut," bebernya.

Dalam kasus itu, Sofyan diduga telah menerima hadiah atau janji dari Kotjo. Dia diduga menerima hadiah atau janji tersebut bersama Eni dan mantan Menteri Sosial Idrus Marham.

Tidak hanya mengebut pemeriksaan, KPK juga memastikan bahwa penyidikan terhadap Sofyan sudah nyaris rampung dan segera dilimpahkan kepada ke tahap penuntutan. "Semoga tidak terlalu lama," ujar Febri. Bila sesuai rencana, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat ini penyidikan Sofyan sudah dilimpahkan.

Untuk diketahui Nicke diperiksa lantaran pernah menjabat sebagai Direktur Perencanaan Korporat PT PLN saat Sofyan masih mejabat dirut di perusahaan tersebut. Tidak banyak yang disampaikan oleh Nicke ketika ditanyai oleh awak media setelah dirinya selesai diperiksa oleh KPK.

Dia hanya menyebutkan bahwa pemeriksaannya masih sama seperti sebelumnya. "Nggak banyak berubah," ungkap dia. "Ditanya seputar tupoksi sebagai direktur perencanaan saja waktu saya mejabat," tambahnya.

Selain itu, Nicke tidak berkomentar apa pun. (riz/ful/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

KPK Perdalam Perkara Sunjaya

KPK Perdalam Perkara Sunjaya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melakukan pengembangan perkara suap rotasi, mutasi, dan promosi jabatan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab Cirebon).


Dewas Turunkan Peran Komisioner, KPK Tidak Takut

Dewas Turunkan Peran Komisioner, KPK Tidak Takut

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif menegaskan pihaknya sama sekali tidak merasa takut dengan kehadiran dewan pengawas (dewas).


ICW Siapkan Judicial Review ke MK

ICW Siapkan Judicial Review ke MK

Pemerintah dan DPR RI mempersilakan masyarakat yang tidak puas atas revisi UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK, dapat menggugatnya ke Mahkamah Konstitusi (MK).


Analisis UU Baru, KPK Bentuk Tim Transisi

Analisis UU Baru, KPK Bentuk Tim Transisi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk Tim Transisi untuk menganalisis materi hasil revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002.


Ditetapkan sebagai Tersangka, Menpora Otomatis Mundur

Ditetapkan sebagai Tersangka, Menpora Otomatis Mundur

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menpora Imam Nahrawi sebagai tersangka terkait pengajuan proposal dana hibah KONI.


Kantor Dinas Pertanian dan BPKAD Mojokerto Digeledah

Kantor Dinas Pertanian dan BPKAD Mojokerto Digeledah

Jaksa Penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto mengembangkan hasil penyidikan dugaan tindak pidana korupsi Pembangunan Irigasi Air Tanah Dangkal/Sumur Dang


KPK Geledah Tiga Ruang Kepala Dinas Kepri

KPK Geledah Tiga Ruang Kepala Dinas Kepri

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, dan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (17/9) kemarin.


Pelantikan Dua Pejabat KPK Tetap Sah

Pelantikan Dua Pejabat KPK Tetap Sah

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo resmi melantik Cahya Harefa sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK dan Fitroh Rohcahyanto sebagai Direk


Negara Dirugikan Rp100 Miliar, Tersangka kok Masih Gelap

Negara Dirugikan Rp100 Miliar, Tersangka kok Masih Gelap

Penyidikan dugaan tindak pidana korupsi pemberian fasilitas pembiayaan dari PT Danareksa Sekuritas kepada debitur PT Evio Sekuritas oleh Kejaksaan Agung masih b


Penguatan Peran Negara Bisa Tangkal Radikalisme di Sekolah

Penguatan Peran Negara Bisa Tangkal Radikalisme di Sekolah

Radikalisme telah masuk ke Institusi pendidikan. Dalam hal ini negara harus segera bertindak untuk menetralisir generasi penerus bangsa terpapar dari doktrin ra



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!