Kriminal
Share this on:

Lieus Sungkharisma Ditahan

  • Lieus Sungkharisma Ditahan
  • Lieus Sungkharisma Ditahan

Foto: jawa pos

JAKARTA - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Lieus Sungkharisma resmi ditahan penyidik Polda Metro Jaya di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Lieus ditahan setelah menjadi tersangka kasus dugaan makar dan penyebaran berita bohong atau hoaks.

Penahan dilakukan karena hingga malam, penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya belum menerima surat terkait permohonan penangguhan penahanan kepada Lieus Sungkharisma maupun Eggi Sudjana, dua tersangka kasus dugaan makar. Padahal, Senin (20/5) malam, saat mendampingi Prabowo Subianto ke Rutan Polda Metro Jaya, Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar mengatakan akan mengajukan surat penangguhan penahanan.

Dahnil juga mengatakan salah penjamin adalah mantan Wamenhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin. "Penyidik sampai saat ini belum menerima adanya surat permohonan penangguhan untuk bapak Eggi dan bapak Lieus," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono kepada Fajar Indonesia, Selasa (21/5) malam.

Menurut Argo, pihaknya dengan tangan terbuka mempersilakan pihak mana pun yang ingin melakukan pengajuan penangguhan penahanan. Namun dikabulkan atau tidaknya permohonan tersebut, tergantung dari kajian penyidik.

"Namanya penangguhan itu, adalah hak daripada tersangka dan keluarganya. Akan tetapi, untuk dikabulkan atau tidak semua itu kewenangan penyidik, jadi ada penilaian dari penyidik seperti apa? Apakah nanti dikabulkan atau tidak," kata Argo.

Argo menjelaskan Lieus akan ditahan selama 20 hari ke depan. Kini Lieus terus diperiksa. Meski demikian, penyidik akan tetap memberikan hak-hak Lieus selama pemeriksaan. Bahkan, saat Liues tak mau bicara pun, polisi menunda pemeriksaan dahulu.

"Kita memberikan hak-hak tersangka. Misalnya dia lelah, kita lanjutkan besoknya. Jadi tak sekaligus kita langsung selesaikan pemeriksaan," katanya.

Dijelaskan Argo, pemeriksaan Lieus untuk menggali ucapannya tentang hatespeech dan makar. Lieus saat ditangkap mengaku tak akan berbicara tentang penangkapan serta kasusnya itu. Tapi menurut Argo, kini Lieus sudah mau menjawab pertanyaan-pertanyaan penyidik.

"Jadi setelah melakukan pendekatan akhirnya mau bicara dan menjawab semua pertanyaan penyidik," tuturnya.

Untuk diketahui, Tim BPN Prabowo-Sandi berencana melayangkan surat pengajuan penangguhan penahanan terhadap tersangka Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma, pada Selasa (21/5). Hal itu disampaikan Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak saat ikut mendampingi Capres 02 Prabowo Subianto menjenguk Eggi dan Lieus ke Polda Metro Jaya, Senin (20/5) malam.

Dia mengatakan, pasca kunjungan pihaknya akan mengirim surat penangguhan penahanan untuk Eggi dan Lieus. Bahkan dia menyebut, dalam surat penangguhan nanti mantan Wamenhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin akan menjadi salah satu penjaminnya.

"Setelah kunjungan ini, besok tim Prabowo akan mengirim surat permohonan penangguhan tahanan Bang Eggi, Pak Lieus, beberapa orang yang kita anggap diperlakukan tidak adil," kata Dahnil di Polda Metro Jaya, Senin (20/5) malam.

Dahnil pun menambahkan, selainmantan Wamenham, Prabowo juga sudah mendapat konfirmasi dari sejumlah tokoh lainnya yang menyatakan siap menjadi penjamin penangguhan penahanan Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma. "Ada beberapa tokoh, ada Letjen Sjafrie, semua tokoh-tokoh itu kan kirim surat menyampaikan jaminan," imbuhnya. (mhf/gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Berkas Perkara Eggi dan Lieus Dilimpahkan

Berkas Perkara Eggi dan Lieus Dilimpahkan

Polri telah melimpahkan berkas perkara tahap I kasus dugaan makar dua tokoh ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta pekan ini.


Ustadz Lancip Diperiksa Pekan Depan, Pria Bersorban Hijau Ditahan

Ustadz Lancip Diperiksa Pekan Depan, Pria Bersorban Hijau Ditahan

KH Ahmad Rifky Umar Said Barayos atau kerap disapa Ustadz Lancip harus berurusan dengan polisi.


Dua Tokoh BPN Prabowo Bebas, Dua Lagi Masih Menunggu

Dua Tokoh BPN Prabowo Bebas, Dua Lagi Masih Menunggu

Empat tokoh pendukung Capres 02 Prabowo-Sandi yang ditahan aparat kepolisian terkait kasus hoaks dan dugaan makar minta ditangguhkan penahanannya.


Sofyan Meriang Pasca Ditahan

Sofyan Meriang Pasca Ditahan

Proses pemeriksaan di Gedung Merah Putih, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ternyata bisa membuat kondisi kesehatan seseorang langsung terganggu.


Lusa, Permadi dan Lieus Sungkharisma Kembali Diperiksa Bareskrim

Lusa, Permadi dan Lieus Sungkharisma Kembali Diperiksa Bareskrim

Politisi Gerindra Permadi dan aktivis sosial Lieus Sungkharisma kompak mangkir dari panggilan pemeriksaan Bareskrim Polri, Selasa (14/3) kemarin.


Bupati Jepara Ditahan, Ketua DPRD Tulungagung Tersangka

Bupati Jepara Ditahan, Ketua DPRD Tulungagung Tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung 2014-2019 Supriyono (SPR), kemarin (13/5).


Dua Pensiunandi Brebes Ditahan di Lapas Kedungpane 20 Hari

Dua Pensiunandi Brebes Ditahan di Lapas Kedungpane 20 Hari

Dua Pensiunan PNS Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes MR dan MS, ditahan di Rutan Lapas Kelas 1A Kedungpane Semarang.


Diperiksa Tujuh Jam, Sofyan Basir Belum ditahan KPK

Diperiksa Tujuh Jam, Sofyan Basir Belum ditahan KPK

KPK menggelar pemeriksaan perdana bagi tersangka kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerja sama proyek PLTU Riau-1, Sofyan Basir, Senin (6/5) kemarin.


Diduga Gelapkan Uang, Manajer Blue Heaven Disidang

Diduga Gelapkan Uang, Manajer Blue Heaven Disidang

Diduga menggelapkan uang perusahaan, Manajer Karaoke Blue Heaven (BH) Kaja Soesanto alias Apiauw ditahan.


Jadi Tersangka, Mantan Direktur PT DPS Tak Ditahan

Jadi Tersangka, Mantan Direktur PT DPS Tak Ditahan

Penyidikan dugaan korupsi di PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS) terus berlanjut.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!