Kriminal
Share this on:

Lima Tersangka Pembajakan Truk Tangki Pertamina Diciduk

  • Lima Tersangka Pembajakan Truk Tangki Pertamina Diciduk
  • Lima Tersangka Pembajakan Truk Tangki Pertamina Diciduk

JAKARTA - Polisi menetapkan lima tersangka dari kasus pembajakan dua truk tangki PT Pertamina yang dibawa dalam demo Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SPAMT) di depan Istana Negara. Kelima tersangka yang diciduk adalah N, M, TK, WH, dan AM.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Hendri Susianto mengatakan,tersangka berinisial N merupakan Ketua Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SP-AMT). Perwira berpangkat melati tiga ini menyebutkan bahwa yang bersangkutan adalah aktor intelektual yang mengatur dan mengkoordinasi aksi pembajakan mobil tangki itu.

Dalam kasus itu, polisi menggelar identifikasi di dua tempat kejadian perkara (TKP).Pertama di depan Mall Artha Gading, Jakarta Utara. Di lokasi ini, mobil tangki yang dibajak diketahui dalam perjalanan mendistribusikan BBM ke Tol Merak Tangerang, setelah sebelumnya melakukan pengisian di Plumpang.

Sementara TKP lainnya di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. Di TKP tersebut, mobil tangki yang dibajak sedang dalam perjalanan mendistribusikan BBM ke Tol Jagorawi."Di TKP dua, diambil alih tersangka M kemudian dibawa ke Monas," ujar Budhi.

Budhi mengungkapkan, selain dua tersangka yang saat ini telah diamankan anggota, ada 16 orang lainnya dalam perburuan tim reskrim Polres Jakarta Utara, karena ikut terlibat dalam aksi pembajakan truk tangki tersebut, dan juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Ada 16 tersangka lain yang masih dalam pengejaran, dan kita sudah mengantongi identitasnya, antara lain D, A, Af, DA, AW, TK, IF, N, TT, AL, AS, NS, Aan, SP, WL dan DN. Peran para tersangka ini sebagai eksekutor yang ikut membajak truk tangki didua lokasi," bebernya.

Adapun terkait motif para tersangkamembajak mobil tangki Pertamina tersebut, kata Budhi, agar aksi demonstrasi yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir mendapat perhatian dari pemerintah.

Budhi juga menyayangkan, aksi buruh dinodai dengan pembajakan truk.

"Kami sudah cukup professional, ini bukan soal masalah aksi demo memperjuangkan hak mereka, melainkan perbuatan mereka yang masuk tindakan kriminal," terangnya.

Selain menangkap para pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa dua mobil tangki, ponsel, KTP, dan sebagainya. Atas perbuatannya, kelima tersangka dijerat dengan pasal 365 KUHP, pasal 368 KUHP, pasal 170 KUHP dan atau pasal 335 KUHP dengan ancaman penjara hingga 20 tahun.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan menegaskan, dua truk tangki yang dibawa ke tengah-tengah massa aksi demo oleh SerikatPekerja Awak Mobil Tangki (SPAMT) adalah hal terlarang, dan sangat membahayakan.

"Aksi demo dengan membawa mobil tangki BBM, jelas tidak boleh. Terlarang, danberbahaya untuk keselamatan mereka juga, karenadikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadi ledakan," tegas Harry.

Selain itu, diakui Harry, aksi demo dengan truk tangki Pertamina bukan merupakan alat peraga yang diatur dalam UU No 9 Tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

"Sangat beresiko dan kami menyayangkan, seharusnya mereka dapat mengikuti aturan perundang-undangan tentang, tata cara menyampaikan pendapat di muka umum, kan sudah ada aturannya apa yang boleh dan tidak boleh dibawa," tandas perwira Polri berpangkat melati tiga ini. (mhf/fin/tgr/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Penahanannya Ditangguhkan, Eggi Wajib Lapor Dua Kali Seminggu

Penahanannya Ditangguhkan, Eggi Wajib Lapor Dua Kali Seminggu

Wajah tersangka dugaan makar, Eggi Sudjana terlihat begitu semringah saat keluar dari tahanan, setelah permohonan penangguhan penahanannya dikabulkan.


Astaghfirullohaladzim, Uang Negara Rp470 Juta Diduga Jadi Bancakan

Astaghfirullohaladzim, Uang Negara Rp470 Juta Diduga Jadi Bancakan

Ketua Pokja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat KPU Kota Bogor berinisial MH ditetapkan sebagai tersangka.


Tiga Tersangka Kebakaran Pabrik Korek Api Langsung Ditahan

Tiga Tersangka Kebakaran Pabrik Korek Api Langsung Ditahan

Polisi menetapkan tiga tersangka dalam kebakaran yang merenggut 30 korban jiwa di pabrik korek api di Binjai, Jumat (21/6) lalu.


Pintu Pabrik Sengaja Dikunci

Pintu Pabrik Sengaja Dikunci

Bos pabrik korek api gas yang meledak di Langkat, Burhan (37) dan manajer pabrik Lismawarini (43) sudah ditetapkan sebagai tersangka.


Eggi Ajukan Surat Permohonan SP3

Eggi Ajukan Surat Permohonan SP3

Eggi Sudjana, tersangka kasus dugaan makar mengajukan surat permohonan penghentian penyidikan (SP3) ke Polri.


Tersangka Kasus Malaysia Airlines MH17 Bakal Diungkap

Tersangka Kasus Malaysia Airlines MH17 Bakal Diungkap

Penyelidik internasional yang dipimpin Belanda, akan memulai proses pidana atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, 17 Juli 2014 silam.


Amsor, Tersangka Kecelakaan Maut Tol Cipali Alami Luka Berat

Amsor, Tersangka Kecelakaan Maut Tol Cipali Alami Luka Berat

Aparat kepolisian telah menetapkan tersangka pada kecelakaan beruntun di Tola Cipali Km 151, Majalengka yang mengakibatkan 12 orang tewas.


Kivlan Zein Kirim Surat Perlindungan Hukum ke DPR

Kivlan Zein Kirim Surat Perlindungan Hukum ke DPR

Tersangka dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zein mengirimkan surat perlindungan hukum ke Komisi II DPR.


Pidato Sofyan Jacob Belum Penuhi Kualifikasi Tersangka Makar

Pidato Sofyan Jacob Belum Penuhi Kualifikasi Tersangka Makar

Setelah mangkir, Senin (10/6) lalu, Komjen Pol (Purn) Sofyan Jacob akhirnya hadir di Polda Metro Jaya, Senin (17/6) kemarin.


Lima Komisioner KPU Kota Palembang Jadi Tersangka

Lima Komisioner KPU Kota Palembang Jadi Tersangka

Lima komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Palembang kini berstatus tersangka dalam laporan kasus pidana Pemilu 2019.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!