Kriminal
Share this on:

Lima Tersangka Rusuh Wamena Ditangkap

  • Lima Tersangka Rusuh Wamena Ditangkap
  • Lima Tersangka Rusuh Wamena Ditangkap

JAKARTA - Polri menangkap lima tersangka kerusuhan di Wamena, Papua, Rabu (26/9) lalu. Kelima tersangka kebanyakan berasal dari dari luar Wamena. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan kelimanya kini masih dalam proses pemeriksaan mendalam oleh penyidik Polres Wamena.

"Jadi, dari hasil pemeriksaan sementara kelimanya bukan berasal dari Wamena," kata Dedi usai upacara Sertijab di ruang Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Senin (30/9) kemarin.

Terkait peran masing-masing tersangka dalam kerusuhan, Dedi belum dapat membeberkannya. Sebab saat ini aparat kepolisian masih fokus lakukan proses rehabilitasi pembangunan, agar infrastruktur bisa kembali normal di Wamena.

"Saat ini juga petugas sedang berupaya mengembalikan pengungsi secara berangsur-angsur ke Wamena, sekaligus fokus untuk proses rehabilitasi pembangunan, sehingga infastruktur di sana kembali normal," tuturnya.

Dedi memastikan, kondisi Wamena saat ini dan wilayah lain di Bumi Cenderawasih telah kondusif. Hal itu, sesuai dengan adanya jaminan dari TNI-Polri dan beberapa kepala suku di wilayah tersebut.

"Jadi, sudah ada komunikasi dari Kapolda dan beliau sampaikan kondisi di wamena kondusif, ada jaminan TNI-Polri dan beberapa kepala suku. Bahkanboleh dikatakan mereka menyesalkan atas peristiwa yang terjadi, dan juga tidak mereka hendaki," tutur Dedi.

Dedi membantah, jika gelombang kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua merupakan konflik antar suku atau etnis. Kerusuhan disebabkan ulah dari kelompok kriminal bersenjata (KKB). "InsyaAllah, semua akan baik. Dan saya kira, Pak Paulus ini ahli di Papua. Beliau berpengalaman dan asli sana, jadi secara komunikasi sudah paham," ujar Jenderal bintang satu ini.

Di tempat yang sama, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau menyampaikan, langkah awal menangani persoalan yang terjadi di Papua menyelesaikan dulu korban-korban di sana, mulai yang sakit dan juga meninggal dunia perlu dibantu. Kemudian, akan mengurusi pengungsi baik di Wamena maupun di sekitar Jayapura, Sentani.

"Kita akan tangani satu-persatu bersama dengan Pemda, dan Stakeholder yang ada disana. Adapun setelah itu, kita lanjutkan dengan upaya-upaya untuk rekonsiliasi, rehabilitasi, dan sebagainya. Saya pikir itu yang utama ya," ungkap Paulus.

Sementara itu berdasarkan keterangan tertulis yang diterim Fajar Indonesia Network, Polda Papua menggelar taruma healing kepada para korban pengungsi kerusuhan Wamena, di lokasi pengungsian warga di Mako Polres Jayawijaya, Senin (30/9).

"Kegiatan trauma haeling ini memang kita tujukan kepada anak-anak korban dari kurusuhan yang terjadi di Wamena. Anak-anak merupakan kelompok yang paling rentan terhadap dampak trauma yang di timbulkan dari kerusuhan yang terjadi," kata AKP Saida Hobrouw Wakatim Trauma Haeling.

Kata dia, dalam kegiatan ini ada tahapan yang dilakukan pihaknya, diataranya beramaian, game-game dan konseling terhadap anak yang traumanya berlebihan. Menurutnya, dengan kegiatan ini diharapkan bisa mengurangi trauma psikis terhadap anak-anak disini.

"Harapannya, agar mereka kedepan bisa berangsur-asur menghilangkan trauma kerusuhan yang terjadi, dan mampu kembali berdiri serta mental mereka bisa pulih atas kejadian yang dialaminya. Dan Giat truma haeling ini bukan sekali ini saja, tapi berkelanjutan di beberapa titik," jelasnya. (mhf/zul/gw/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

GM Hyundai Diduga Suap Bupati Cirebon Rp6 Miliar

GM Hyundai Diduga Suap Bupati Cirebon Rp6 Miliar

General Manager (GM) Hyundai Engineering Construction Herry Jung ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap perizinan di Kabupaten Cirebon.


Kejati Maluku Tahan Tiga Tersangka Dugaan Korupsi Dishub

Kejati Maluku Tahan Tiga Tersangka Dugaan Korupsi Dishub

Tim jaksa penyidik pidana khusus Kejaksaan Tinggi Maluku menahan tiga tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pada Dinas Perhubungan Kota Ambon.


Kepala Diparta Lombok Barat Ditangkap Jaksa

Kepala Diparta Lombok Barat Ditangkap Jaksa

Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), Selasa (12/11) kemarin.


Nelayan Indonesia Kembali Ditangkap di Australia

Nelayan Indonesia Kembali Ditangkap di Australia

Pihak berwenang Australia kembali menangkap sebuah perahu nelayan asal Indonesia di perairan negara bagian Northern Territory.


Pelaku Pembunuh WNI di Malaysia Ditangkap

Pelaku Pembunuh WNI di Malaysia Ditangkap

Kepolisian Malaysia menangkap salah seorang pria yang diduga memiliki keterkaitan atas temuan sesosok jasad wanita berkewarganegaraan Indonesia (WNI).


Waspadai Buku KIR Palsu

Waspadai Buku KIR Palsu

Dua pelaku pemalsuan buku Kir kendaraan ditangkap polisi. Keduanya merupakan bapak dan anak yang telah beraksi selama 12 tahun.


Istri Pertama Abu Bakr al-Baghdadi Ditangkap di Mesir

Istri Pertama Abu Bakr al-Baghdadi Ditangkap di Mesir

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan berhasil menangkap Asma Fauzi Muhammad al-Qubaysim.


Mantan Kadis ESDM Kepri Tersangka Dugaan Korupsi

Mantan Kadis ESDM Kepri Tersangka Dugaan Korupsi

Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau sejak Juli lalu, tengah membidik adanya dugaan korupsi pemberian izin usaha pertambangan.


Diduga Menyelundupkan Imigran Gelap, WNI Ditangkap di Malaysia

Diduga Menyelundupkan Imigran Gelap, WNI Ditangkap di Malaysia

Otoritas Malaysia menangkap sedikitnya 10 warga negara Indonesia (WNI) terkait dugaan aktivitas penyelundupan imigran.


Pukul Petugas Sirkuit Sepang, Seorang WNI Ditangkap Polisui

Pukul Petugas Sirkuit Sepang, Seorang WNI Ditangkap Polisui

Seorang pria warga negara Indonesia (WNI) ditangkap oleh Kepolisian Malaysia, Senin (4/11) lalu.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!