Kriminal
Share this on:

Nekat, 35 Kg Sabu Disembunyikan dalam Truk Sayuran

  • Nekat, 35 Kg Sabu Disembunyikan dalam Truk Sayuran
  • Nekat, 35 Kg Sabu Disembunyikan dalam Truk Sayuran

Foto: indonews.id

**JAKARTA ** - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 35 kilogram ke Jakarta. Untuk mengelabui petugas, sabu seberat itu disembunyikan dalam tumpukan sayuran jenis kol.

Pengungkapan penyelundupan sabu yang disebunyikan dalam tumpukan sayur kol berhasil digagalkan BNN di sebuah SPBU di ruas jalan tol Tangerang-Merak KM 2 Cikuasa Atas, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten. Dalam pengungkapan ini petugas mengamankan sabu, seberat 35 kg. Selanjutnya dalam pross pengembangan, BNN menemukan uang senilai 268 juta dari tangan pelaku.

"Pengungkapan ini merupakan hasil kerjasama BNN dan tim BNNP Banten. Usai menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait adanya sebuah truk yang akan mengirim sabu dari Medan ke Jakarta," kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari melalui keterang tertulisnya, Minggu (26/5) kemarin.

Informasi tersebut langsung ditindaklanjuti. Hasilnyya, BNN mendapati sebuah kendaraan colt diesel bernopol BK 9434 IN yang mencurigakan. Saat digeledah ditemukan sabu seberat 35 kg yang tersimpan di dinding truk yang bermuatan sayuran kol.

"Kita lakukan pengungkapan kasus itu, pada Selasa (21/5) lalu, sekitar pukul 23.55 WIB. Dan dari situ kita berhasil amankan dua pelaku, yakni supir dan kernetnya atas nama Muzir (50) dan Surya (59). Keduanya berasal dari Sumatera Utara," kata Arman.

"Jadi truk itu memang sudah kita lakukan control delivery. Dan setiba di Merak, truk tersebut pun langsung dihentikan dan dilakukan penggeledahan oleh anggota," sambungnya.

Lebih lanjut, pasca penangkapan para pelaku dan juga truk bermuatan sayur kol kemudian langsung dibawa oleh petugas ke kantor BNN guna proses penyelidikan lebih lanjut. Dan hasil introgasi kepada pelaku Muzir, diketahui kalau dia mendapatkan sabu dari seorang bernama Rizki atas perintah Ridwan.

"Dari keterangan itu, tim pun langsung bergerak untuk menangkap dua pelaku tersebut ditempat persembunyiannya, dan kini keduanya pun sudah kita amankan di kantor," ujarnya.

Arman menjelaskan, dalam proses penangkapan dua pelaku yang memasok barang haram itu, tim berhasil mengamankan barang bukti lainnya, antara lain sejumlah mobil, sepeda motor serta uang tunai Rp268 juta.

Terpisah Humas BNN Kombes Pol Sulistyo Pudjo mengakui, kasus tersebut saat ini masih didalami anggota di lapangan guna menangkap pelaku lainnya. "Kasus ini masih dikembangkan, karena masih ada pelaku yang merupakan bandar besarnya saat ini masih diburu oleh anggota. Adapun untuk empat pelaku yang sudah tertangkap saat ini sudah ditahan di BNN," ungkapnya. (mhf/gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Penyerang di Polsek Wonokromo, Pemain Tunggal

Penyerang di Polsek Wonokromo, Pemain Tunggal

Seorang pria bernama Imam Musthofa nekat melakukan aksi penyerangan terhadap dua anggota polisi di kantor Polsek Wonokromo, Surabaya, Sabtu (17/8).


Satgas Diinstruksikan Tembak di Tempat Pelaku Pembakaran Hutan

Satgas Diinstruksikan Tembak di Tempat Pelaku Pembakaran Hutan

Polri diminta untuk lebiih tegas dan berani dalam menindak para pelaku pembakar hutan, baik itu perorangan maupun korporasi.


Indonesia Darurat Siber

Indonesia Darurat Siber

Kebutuhan UU Keamanan dan Ketahanan Siber bagi Indonesia sangat dibutuhkan. Semua alat dan perangkat yang terhubung dengan internet, memiliki kelemahan dalam si


KPK Kejar Penuntasan Kasus Impor Bawang

KPK Kejar Penuntasan Kasus Impor Bawang

KPK mengaku tengah mendalami dugaan adanya praktik memperdagangkan pengaruh dalam kasus suap impor bawang putih.


Sembilan Orang Digantung di Tengah Kota

Sembilan Orang Digantung di Tengah Kota

Polisi Meksiko menemukan sembilan mayat dalam kondisi tergantung di jembatan layang Kota Uruapan, Negara Bagian Michoacan, Kamis (8/8).


Satgas Antimafia Bola Polri Dihiidupkan Lagi

Satgas Antimafia Bola Polri Dihiidupkan Lagi

Satgas Antimafia Bola kembali dibentuk untuk mengungkap kasus-kasus sepakbola Tanah Air dalam enam bulan ke depan.


Perusahaan Internasional Diduga Terlibat Pelanggaran HAM

Perusahaan Internasional Diduga Terlibat Pelanggaran HAM

UN Fact-Finding Mission mengungkap puluhan perusahaan asing Asia dan Eropa berisiko terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia terhadap etnis Rohingya di Rakh


Kasus Nunung Ditangani Dua Jaksa

Kasus Nunung Ditangani Dua Jaksa

Tim jaksa Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta mulai meneliti berkas kasus sabu Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat dan suaminya.


WNI Pengikut ISIS Tewas di Kamp Pengungsi Suriah

WNI Pengikut ISIS Tewas di Kamp Pengungsi Suriah

Seorang perempuan petempur ISIS berkebangsaan Indonesia ditemukan tewas di dalam tenda kamp pengungsi Al-Hol, Suriah Barat Laut.,


Tim Teknis Polri Resmi Bertugas Ungkap Kasus Novel

Tim Teknis Polri Resmi Bertugas Ungkap Kasus Novel

Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menandatangani surat perintah (Sprin) sejumlah anggota yang masuk dalam tim untuk mengungkap kasus penyiraman air keras te



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!