Kriminal
Share this on:

Penahanan Eggi Sudjana Terlalu Dipaksakan

  • Penahanan Eggi Sudjana Terlalu Dipaksakan
  • Penahanan Eggi Sudjana Terlalu Dipaksakan

JAKARTA - Tersangka dugaan makar Eggi Sudjana akhirnya dijebloskan ke jeruji besi terhitung, sejak Selasa (14/5) sekitar pukul 23.00 wib, hingga 20 hari ke depan. Advokat, sejumlah tokoh, dan ulama Indonesia ini ditahan Polda Metro Jaya usai menjalani pemeriksaan 1x24 jam.

Kuasa Hukum Eggi Pitra Romadoni mengatakan proses penahanan kliennya terkesan dipaksakan dan terlalu terburu-buru. Seharusnya untuk dilakukan penahanan bisa dirundingkan dulu. Terlebih, waktu penahanan itu seharusnya dilakukan 1x24 jam, setelah penangkapan.

"Saya rasa terlalu terburu-buru, yang namanya penahanan seharusnya dilakukan 1 x 24 jam setelah ditangkap. Tapi ini belum 24 jam pascapenangkapan pukul 06.00 WIB. Harusnya ditahan pun pukul 06.00 WIB, tapi semalam ditahan pada pukul 23.00 Wib. Jelas initerlalu terburu-buru dan dipaksakan," katanya, Rabu (15/5) kemarin.

Dengan situasi ini pula, Pitra mengatakan pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan tim untuk menentukan upaya selanjutnya. Langkah agar kliennya mendapatkan keadilan dan bisa diterima pengajuan penangguhan penahanan.

"Pengguhan penahan sudah kami ajukan setelah Eggi ditangkap ke Dirkrimum. Kemarin kita siapkan juga surat itu dalam konteks mohon tidak ditangkap dan kalau ada penahanan mohon ditangguhkan penahanan," jelas Pitra.

Sayangnya, upaya itu nihil. Padahal Pitra meyakini kliennya tidak akan melarikan diri. Terlebih selama ini, kliennya sangat kooperatif dalam pemeriksaan.

"Ya kan cukup jelas, klien kami itu kooperatif, dia ini tidak pernah melarikan diri, dia tidak ada niat hilangkan barang bukti, kemudian melihat faktor usia dan kesehatan dipertimbangkan dan dia sebagai tulang punggung keluarga," tegasnya.

Bahkan untuk meminta penangguhan penahanan keluarga Eggi Sudjana datang ke Polda Metro sebagai jaminan. Pitra menjelaskan anggota keluarga Eggi yang datang sebanyak tujuh orang yang terdiri atas istri, anak, cucu, kakak, dan adiknya.

"Semua sudah datang dan sedang berada di ruang tunggu," ucapnya.

Berbeda dengan Pitra, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, penahanan dilakukan atas dasar beberapa pertimbangan subjektivis penyidik. Salah satunya, tersangka dikhawatirkan melarikan diri.

"Ya, ada beberapa pertimbangan penahanan tak hanya khawatir tersangka melarikan diri, tapi juga dikhawatirkan akan menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatan atau melarikan diri," kata Argo, Rabu (15/5).

Argo menjelaskan, penahanan Eggi ini juga telah melalui proses gelar perkara. Usai diperiksa sebagai tersangka dan dilakukan penangkapan, penyidik memutuskan untuk menahan Eggi pada Selasa (14/5) malam, hingga 20 hari kedepan.

Menurut Argo, dalam proses penahanan ini yang bersangkutan diakui memang menolak untuk ditahan. Eggi bahkan menolak menandatangani surat penahanan.

"Penyidik yang memberitahu suratnya, tersangka tidak mau tandatangani. Dan karena tersangka tidak mau tandatagani surat perintah penahanan, kemudian dia membuat berita acara penolakan penandatanganan di surat perintah penahanannya," jelas Argo.

Alasan yang disampaikan Eggi menolak ditahan, salah satunya karena tengah mengajukan praperadilan atas penetapan statusnya sebagai tersangka. Selain itu juga ada beberapa keberatan lainnya.

"Keberatan lainnya, yang bersangkutan menyatakan ke penyidik bahwa saksi yang diberikan ke penyidik belum diperiksa. Ada beberapa nama yang diajukan tersangka, kemudian keberatan lainnya karena dia sebagai advokat," tuturnya.

Adapun pasca penahanan Eggi, Argo menyebut, tim kuasa hukumnya langsung mengajukan surat permohonan penangguhan penahanan ke penyidik Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dan diakui Argo, hal itu sudah diterima penyidik dan merupakan hak tersangka namun, dikabulkan atau tidak kewenangan penyidik.

"Pengajuan penangguhan penahanan itu adalah merupakan hak tersangka untuk mengajukan ya, tidak masalah diajukan, nanti penyidik yang akan menilai apakah tersangka bisa ditangguhkan penahanannya atau tidak," imbuhnya. (mhf/gw/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Istri Bikin Status Nyinyir, Tujuh Tentara Dihukum

Istri Bikin Status Nyinyir, Tujuh Tentara Dihukum

Pencopotan jabatan disertai sanksi penahanan terhadpa Kolonel Kav Hendi Suhendi sebagai Dandim Kendari, mendapat banyak sorotan. Tak terkecuali kritik.


Dandhy Laksono Dituduh Provokasi, lalu Disodori Surat Penahanan

Dandhy Laksono Dituduh Provokasi, lalu Disodori Surat Penahanan

Seorang jurnalis pendiri Watchdoc, sekaligus sutradara film Sexy Killers, Dandhy Dwi Laksono digiring paksa dari rumahnya, di Komplek Jatiwaringin Asri, Pondokg


Penahanan Miftahul Ulum Diperpanjang

Penahanan Miftahul Ulum Diperpanjang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan tersangka kasus dugaan suap penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora p


Eggi Sudjana Minta Perlindungan Presiden

Eggi Sudjana Minta Perlindungan Presiden

Tersangka kasus dugaan makar Eggi Sudjana meminta perlindungan hukum kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Kompensasi Pemadaman Listrik Terlalu Kecil

Kompensasi Pemadaman Listrik Terlalu Kecil

Nilai kompensasi yang diberikan PT PLN terhadap masyarakat terkait kasus pemadaman listrik (blackout) dinilai terlalu kecil.


KPK Perpanjang Penahanan Romy 30 Hari

KPK Perpanjang Penahanan Romy 30 Hari

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan Ketua Umum PPP nonaktif Romahurmuziy alias Romy, Rabu (24/7).


Permohonan Jaminan Penangguhan Penahanan Ditolak

Permohonan Jaminan Penangguhan Penahanan Ditolak

Mantan Kas Kostrad Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen dipastikan akan mendapat bantuan hukum dari TNI.


Kivlan Zen Tak Akan Diberi Penangguhan Penahanan

Kivlan Zen Tak Akan Diberi Penangguhan Penahanan

Tersangka kasus hoaks, makar, dan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen tak akan memperoleh penangguhan penahanan.


Polisi Pertimbangkan Penangguhan Penahanan Habil Marati

Polisi Pertimbangkan Penangguhan Penahanan Habil Marati

Polri tengah mempertimbangkan penangguhan penahanan Habil Marati, tersangka kasus makar yang dituding berperan sebagai penyandang dana.


Penangguhan Kivlan Zein Hanya Tinggal Tunggu Waktu

Penangguhan Kivlan Zein Hanya Tinggal Tunggu Waktu

Satu persatu tokoh oposisi pendukung Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang sempat ditahan mendapat penangguhan penahanan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!