Kriminal
Share this on:

Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu

  • Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu
  • Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu

GELAR PERKARA - Wakapolres Magelang Kota Kompol Khamami didampingi Kasat Narkoba AKP Prasetyo dan Kasubag Humas AKP Nur Sajaah menggelar perkara kasus narkoba berikut barang buktinya, kemarin. (wiwit arif)

MAGELANG - Dua pengedar narkoba berhasil ditangkap aparat Polres Magelang Kota. Tersangka AN alias Jolo (26) warga Paten Jurang, Kelurahan Rejowinangun Utara, Magelang Tengah dan AS alias Ambrut (31) warga Kampung Tejosari, Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan itu kini harus merasakan dingginnya jeruji besi, akibat perbuatannya yang diduga sudah dilakukan sejak setahun lalu.

”Turut diamankan barang bukti di antaranya 7 kantong kecil sabu seberat 4,47 gram dan satu kantong kecil tembakau gorilla seberat 0,42 gram,” kata Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi, melalui Wakapolres, Kompol Khamami di sela gelar perkara di mako polres setempat, Rabu (13/3) lalu.

Tidak hanya pengedar, polisi juga berhasil mengamankan satu pemakai barang haram itu berikut barang bukti berupa satu kantong kecil sabu seberat 0,41 gram. Penangkapan tersangka AN berdasarkan pengembangan dan keterangan dari tersangka AS alias Ambrut yang ditangkap Februari lalu.

”Dari dasar keterangan itu, kami langsung menangkap tersangka AN di rumahnya, dan didapati barang bukti tujuh kantong sabu siap edar,” jelasnya.

Didampingi Kasubag Humas AKP Nur Sajaah, Khamami menjelaskan, antara tersangka AS dan AN sudah saling kenal serta sering bertemu satu sama lain. Tersangka AS, kata dia, mendapat barang dari AN untuk digunakan sendiri.

Selain mengamankan dua tersangka yang terkait, polisi juga mengamankan satu orang tersangka pemakai narkoba jenis sabu yakni Indra alias MAI (28) warga Dusun Kwancen, Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang di hari yang sama.

Pengakuan tersangka MAI, menurut dia, mendapatkan barang dari AN. Tersangka MAI sendiri tidak kenal dengan AN namun mengetahui bahwa AN mempunyai narkoba jenis sabu.

”Tersangka MAI kami tangkap di rumahnya saat akan mengkonsumsi narkoba jenis sabu yang sudah disiapkan dalam bong,” ucapnya.

Khamami mengatakan ketiga tersangka dijera dengan pasal yang berbeda. Menurutnya, untuk dua tersangka yakni AS dan AN akan dijerat dengan pasal 114 ayat 1 jo pasal 112 ayat 1 dan atau pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup dan atau pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimal Rp10 miliar.

Sedangkan tersangka MAI terancam dijerat pasal pasal 112 ayat 1 dan atau pasal 127 ayat 1 huruf a, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun dan pidana denda maksimal Rp8 miliar.

”Tersangka AN dan AS sendiri pernah dipenjara untuk kasus lain yakni kasus penganiayaan di wilayah Magelang. Keduanya, keluar penjara pada tahun 2011 silam,” paparnya.

Tersangka MAI yang berprofesi menjadi pelaut, mengaku bahwa sudah memakai narkoba sejak satu tahun lalu.

”Saya sudah menjadi pelaut atau ikut kapal selama empat tahun. Saat ini sedang libur. Dapat narkoba mau dipakai malah sudah ditangkap,” akunya. (wid/wan/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

KPK Harus Kejar Orang Dekat Romi
KPK Harus Kejar Orang Dekat Romi

Berita Sejenis

Vonis Mantan Pengacara Setnov Diperberat

Vonis Mantan Pengacara Setnov Diperberat

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Kalimat ini yang pas bagi Fredrich.


Jazad Bayi Terpotong-potong Hebohkan Warga

Jazad Bayi Terpotong-potong Hebohkan Warga

Mengerikan, mungkin ungkapan ini bisa disematkan pada kejadian yang menggemparkan warga sekitar Pos TPA Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Rabu (20/3) kemarin.


Pakai Deepweb, Bobol ATM Bank 91 Kali

Pakai Deepweb, Bobol ATM Bank 91 Kali

Polda Metro Jaya masih terus melakukan penyidikan kasus pembobolan rekening bank melalui sistem Skimming yang menjerat salah satu kerabat Prabowo Subianto Ramya


Lima Tersangka Pembajakan Truk Tangki Pertamina Diciduk

Lima Tersangka Pembajakan Truk Tangki Pertamina Diciduk

Polisi menetapkan lima tersangka dari kasus pembajakan dua truk tangki PT Pertamina yang dibawa dalam demo Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki (SPAMT) di depan Is


KPK Harus Kejar Orang Dekat Romi

KPK Harus Kejar Orang Dekat Romi

Kasus dugaan korupsi yang menjerat anggota DPR sekaligus Ketua Umum (Ketum) PPP Muchammad Romahurmuziy bukan melulu soal dugaan suap jual beli jabatan.


Di-TO Polisi, Mahasiswa Undip Ditangkap karena Edarkan Sabu

Di-TO Polisi, Mahasiswa Undip Ditangkap karena Edarkan Sabu

Kasus peredaran narkotika di Kota Semarang melibatkan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip).


ABG Cantik Meregang Nyawa Gantung Diri

ABG Cantik Meregang Nyawa Gantung Diri

Warga RT 5 Kelurahan Buluran, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, dihebohkan dengan wanita cantik bernama Mira Susanti yang nekat gantung diri dikamarnya sendiri


Lima Pencuri Kayu Jati Diburu Polisi

Lima Pencuri Kayu Jati Diburu Polisi

Kepolisian Resor Batang tengah memburu komplotan pelaku pemotong pohon jati milik Perum Perhutani di wilayah Kecamatan Limpung.


Kontrak Tak Diperpanjang, Mantan Karyawan Berkomplot Bobol Alfamart

Kontrak Tak Diperpanjang, Mantan Karyawan Berkomplot Bobol Alfamart

Tim Resmob Satreskrim Polres Tegal meringkus komplotan pencuri yang membobol sejumlah minimarket di Kabupaten Tegal.


Empat Pengedar Psikotropika Ditangkap

Empat Pengedar Psikotropika Ditangkap

Satuan Reserse Narkoba Polres Pekalongan Kota, belum lama ini menangkap empat orang yang diduga sebagai pengedar dan atau pemakai jenis psikotropika.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!