Kriminal
Share this on:

Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu

  • Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu
  • Polisi Tangkap Pengedar yang Juga Konsumen Sabu

GELAR PERKARA - Wakapolres Magelang Kota Kompol Khamami didampingi Kasat Narkoba AKP Prasetyo dan Kasubag Humas AKP Nur Sajaah menggelar perkara kasus narkoba berikut barang buktinya, kemarin. (wiwit arif)

MAGELANG - Dua pengedar narkoba berhasil ditangkap aparat Polres Magelang Kota. Tersangka AN alias Jolo (26) warga Paten Jurang, Kelurahan Rejowinangun Utara, Magelang Tengah dan AS alias Ambrut (31) warga Kampung Tejosari, Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan itu kini harus merasakan dingginnya jeruji besi, akibat perbuatannya yang diduga sudah dilakukan sejak setahun lalu.

”Turut diamankan barang bukti di antaranya 7 kantong kecil sabu seberat 4,47 gram dan satu kantong kecil tembakau gorilla seberat 0,42 gram,” kata Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi, melalui Wakapolres, Kompol Khamami di sela gelar perkara di mako polres setempat, Rabu (13/3) lalu.

Tidak hanya pengedar, polisi juga berhasil mengamankan satu pemakai barang haram itu berikut barang bukti berupa satu kantong kecil sabu seberat 0,41 gram. Penangkapan tersangka AN berdasarkan pengembangan dan keterangan dari tersangka AS alias Ambrut yang ditangkap Februari lalu.

”Dari dasar keterangan itu, kami langsung menangkap tersangka AN di rumahnya, dan didapati barang bukti tujuh kantong sabu siap edar,” jelasnya.

Didampingi Kasubag Humas AKP Nur Sajaah, Khamami menjelaskan, antara tersangka AS dan AN sudah saling kenal serta sering bertemu satu sama lain. Tersangka AS, kata dia, mendapat barang dari AN untuk digunakan sendiri.

Selain mengamankan dua tersangka yang terkait, polisi juga mengamankan satu orang tersangka pemakai narkoba jenis sabu yakni Indra alias MAI (28) warga Dusun Kwancen, Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang di hari yang sama.

Pengakuan tersangka MAI, menurut dia, mendapatkan barang dari AN. Tersangka MAI sendiri tidak kenal dengan AN namun mengetahui bahwa AN mempunyai narkoba jenis sabu.

”Tersangka MAI kami tangkap di rumahnya saat akan mengkonsumsi narkoba jenis sabu yang sudah disiapkan dalam bong,” ucapnya.

Khamami mengatakan ketiga tersangka dijera dengan pasal yang berbeda. Menurutnya, untuk dua tersangka yakni AS dan AN akan dijerat dengan pasal 114 ayat 1 jo pasal 112 ayat 1 dan atau pasal 127 ayat 1 huruf a UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup dan atau pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimal Rp10 miliar.

Sedangkan tersangka MAI terancam dijerat pasal pasal 112 ayat 1 dan atau pasal 127 ayat 1 huruf a, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 12 tahun dan pidana denda maksimal Rp8 miliar.

”Tersangka AN dan AS sendiri pernah dipenjara untuk kasus lain yakni kasus penganiayaan di wilayah Magelang. Keduanya, keluar penjara pada tahun 2011 silam,” paparnya.

Tersangka MAI yang berprofesi menjadi pelaut, mengaku bahwa sudah memakai narkoba sejak satu tahun lalu.

”Saya sudah menjadi pelaut atau ikut kapal selama empat tahun. Saat ini sedang libur. Dapat narkoba mau dipakai malah sudah ditangkap,” akunya. (wid/wan/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

KPK Harus Kejar Orang Dekat Romi
KPK Harus Kejar Orang Dekat Romi

Berita Sejenis

Pimpinan KPK Harus Ada Polisi dan Jaksanya

Pimpinan KPK Harus Ada Polisi dan Jaksanya

Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK periode 2019-2023 diingatkan agar memilih pimpinan KPK yang memenuhi unsur penyidikan dan penuntutan.


Kasus Menu Makanan Youtuber Rius Vernandes Diminta Damai

Kasus Menu Makanan Youtuber Rius Vernandes Diminta Damai

Kasus menu makanan yang ditulis pihak maskapai Garuda Indonesia berujung masalah hukum diminta diselesaikan secara kekeluargaan.


Mendag Enggartiasto Lukita Mangkir Lagi

Mendag Enggartiasto Lukita Mangkir Lagi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyayangkan sikap Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yang kembali mangkir.


Ombudsman Sisir Potensi Maladministrasi Kasus Nuril

Ombudsman Sisir Potensi Maladministrasi Kasus Nuril

Kasus yang menimpa Baiq Nuril Maknun, mantan pegawai tata usaha SMA Negeri 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat menjadi perhatian Ombudsman.


Terlibat OTT ASN Wajib Dipecat

Terlibat OTT ASN Wajib Dipecat

ASN yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kedua OTT itu harus diberhentikan sementara.


Proses Hukum Kasus Makar dan UBN Jalan Terus

Proses Hukum Kasus Makar dan UBN Jalan Terus

Mabes Polri memastikan kasus-kasus dugaan makar yang melibatkan beberapa tokoh pendukung salah satu pasangan capres-cawapres masih tetap berjalan.


MA Kembali Tolak Permohonan Prabowo-Sandi

MA Kembali Tolak Permohonan Prabowo-Sandi

Permohonan kasasi terkait pelanggaran administrasi Pemilu (PAP) yang diajukan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali ditolak Mahkamah Agung (


Wakil Ketua DPR Nonaktif Divonis 6 Tahun Penjara

Wakil Ketua DPR Nonaktif Divonis 6 Tahun Penjara

KPK berharap vonis yang dijatuhkan kepada Wakil Ketua DPR nonaktif Taufik Kurniawan dapat menjadi pembelajaran bagi politisi lain.


Jempol! Indonesia Tangkap Kapal Buruan Internasional

Jempol! Indonesia Tangkap Kapal Buruan Internasional

Satuan Tugas 115 berhasil menghentikan dan memeriksa kapal MV NIKA berbendera Panama yang menjadi buruan internasional di Selat Malaka, Jumat (12/7) lalu.


BNN Musnahkan Ganja, Sabu dan Ekstasi di Aceh

BNN Musnahkan Ganja, Sabu dan Ekstasi di Aceh

Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan barang bukti narkoba berupa 338 Kg ganja kering, 52 Kg sabu, dan 22.766 butir pil ekstasi.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!