Kriminal
Share this on:

Terekam CCTV, Pengutil Mendadak Linglung

  • Terekam CCTV, Pengutil Mendadak Linglung
  • Terekam CCTV, Pengutil Mendadak Linglung

BALIKPAPAN - Bertubuh tambun, mengaku bernama Donny. Tidak mempunyai kartu identitas, pekerjaan dan selalu berpindah tempat tinggal. Dia tampak bingung dengan wajah pucat. Setiap ditanya selalu lambat merespons. Kemudian melontarkan kalimat yang sama.

“Saya dulu kerja di sana, Pak. Sekarang tidak kerja. Tinggalnya pindah-pindah. Sendiri saja di sini,” kata Donny sambil menunjuk arah laut, kemarin.

Pernyataan Donny lantas dibantah Kasmiati. Perempuan pemilik toko Amanah di Stal Kuda, Balikpapan Selatan. Perempuan berjilbab itu geram lantaran Donny berbohong di hadapan petugas dari Satuan Intel Brimob Polda Kaltim yang mengintrogasi.

“Jam 08.15 dia datang ke toko saya. Terus kami pergoki mencuri barang jualan saya,” ujar Kasmiati.

Dia menyebutkan, Donny sudah lima kali ketahuan mencuri di toko. Itu terekam dalam gambar CCTV toko Kasimiati. Menggunakan tas dan celana denim longgar, mulai dari susu hingga kopi dan berbagai macam barang masuk ke dalam kantongnya.

Selain itu, pelaku membawa tas untuk mengutil jenis barang yang lebih besar. Karena tak sanggup lagi, Kasmiati melakukan siasat.

"Dua hari lalu, dia (Donny) datang dan setelah dicek dia ambil barang saya lagi. Malamnya langsung saya bilang ke karyawan saya untuk bisa menangkap. Namun kami berdua perempuan. Khawatir mendapat perlawanan, kami minta tolong warga sekitar," ujarnya.

Usai tepergok, Donny berusaha kabur. Dia beralasan akan membeli susu yang saat itu dilihat karyawan masuk di kantongnya. Namun, begitu pemilik toko memperlihatkan aksinya lewat CCTV, dia langsung berusaha pergi dengan menjaminkan motor yang dibawanya.

"Pas dipergoki, bilang mau ketemu istrinya dulu. Nah, sekarang dia bilang sudah tak punya keluarga. Kan bohong," ucapnya.

Kasmiati menyebut aksi Donny tak hanya dilakukan di tokonya. Namun di toko tetangga. Juga di sejumlah toko di kawasan tersebut. Ini berdasarkan pengakuan pemilik toko yang ikut menyaksikan penangkapan pelaku.

"Tadi beberapa pemilik toko sekitar mengaku pernah juga melihat orang itu masuk. Pas di cek di CCTV ternyata dia juga melalukan di toko samping toko saya," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Intel Sat Brimob Polda Kaltim, AKP Edy Musdwiyono menyebut, korban dan warga sekitar toko Amanah datang meminta bantuan untuk mengamankan pelaku pencurian. Untuk menghindari amuk massa, pihaknya langsung menggiring pelaku ke markas Brimob Polda Kaltim.

"Kami bantu mengamankan agar tak terjadi aksi massa yang geram terhadap pelaku. Selanjutnya kami telah menghubungi Polsek Selatan untuk menangani perkara ini karena memang berada di wilayah mereka," terang Edy. (rdh/tom/k18/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Juru Parkir Diringkus Terekam CCTV saat Embat Dompet

Juru Parkir Diringkus Terekam CCTV saat Embat Dompet

Seorang juru parkir, Didik Nurhadi , warga Dukuh Gembong Selatan Kecamatan Kedungwuni Barat, diringkus anggota Polsek Kedungwuni, Sabtu lalu (24/11).


Curi Burung Pakai Mobil Pinjaman, Malah Terekam CCTV

Curi Burung Pakai Mobil Pinjaman, Malah Terekam CCTV

Dua pelaku pencurian burung yang menggunakan mobil di tiga TKP Perumahan Taman Wiguna Selatan, Gununganyar Surabaya Selasa (26/6) lalu akhirnya diringkus.


Rekaman CCV Beredar, Pelaku Kabur

Rekaman CCV Beredar, Pelaku Kabur

Beredarnya rekaman CCTV milik Balai Desa Jojo, Mejobo, Kudus membuat kepolisian kesulitan.


Toko Sosis Kemalingan, Uang Ratusan Juta Raib

Toko Sosis Kemalingan, Uang Ratusan Juta Raib

Toko sosis di Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, kemalingan. Aksi pencurian terekam kamera CCTV dan beredar di media sosial (medsos) kemarin.


Kecelakaan di Suramadu, Dua Motor Terbakar

Kecelakaan di Suramadu, Dua Motor Terbakar

Pengguna jalan yang melintas menuju Surabaya maupun sebaliknya di Jalur Tol Jembatan Suramadu KM 5200 mendadak heboh Selasa (19/6) sekitar pukul 06.30.


Empat Kali Terekam CCTV Ngutil di Minimarket

Empat Kali Terekam CCTV Ngutil di Minimarket

Pencurian di sebuah minimarket Jalan Sam Ratulangi, Gedongair, Tanjungkarang Barat, terekam CCTV.


Delapan Mobil Dirusak Kelompok Orang Misterius

Delapan Mobil Dirusak Kelompok Orang Misterius

Satuan Reserse Kriminal Polres Magelang Kota hingga kini masih melakukan penyelidikan dan memeriksa rekaman CCTV yang berada di Jalan Raya Bogeman, Kota Magelan


Sopir dan Awak Bus Dites Urine

Sopir dan Awak Bus Dites Urine

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal menggelar tes urine secara mendadak bagi supir dan awak angkutan bus di Terminal Tipe A, kemarin.


Terekam CCTV, Pembobol Rumah Tak Bisa Berkelit

Terekam CCTV, Pembobol Rumah Tak Bisa Berkelit

Seorang spesialis pembobol rumah berhasil ditangkap Satuan Reserse Polres Tegal Kota.


Usai Pesta Miras, Yosep Gantung Diri

Usai Pesta Miras, Yosep Gantung Diri

Warga Desa Landau Kumpai, Kecamatan Nanga Mahap mendadak heboh.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!