Kriminal
Share this on:

Teror Pembakaran Kendaraan Masih Hantui Semarang

  • Teror Pembakaran Kendaraan Masih Hantui Semarang
  • Teror Pembakaran Kendaraan Masih Hantui Semarang

POLICE LINE - Dua kendaraan milik penghuni rumah kos di Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, hangus terkena teror pembakaran, Sabtu (16/2) lalu. (adityo dwi riantoto/jawa pos radar semarang)

SEMARANG - Aksi teror pembakaran kendaraan yang telah menggemparkan Kota Semarang, dua minggu lalu sempat hilang seolah di telan bumi. Namun Sabtu (16/2) kemarin, aksi teror pembakaran mencuat lagi. Kali ini, dua kendaraan milik penghuni rumah kos bernomor 10 Jalan Candi Prambanan Timur IV, RT 04 RW 11 Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan hangus terbakar.

Aksi teror ini dibilang nekat. Jika teror sebelumnya terjadi pada malam atau dinihari, kali ini teror dilancarkan pagi hari pukul 09.45, sehingga menghanguskan dua kendaraan Honda Tiger H 3894 KM dan Honda Vario H5733 AJW yang sedang diparkir di rumah kos. Tepatnya di belakang kantor Kelurahan Kalipancur atau kurang lebih hanya 1 kilometer dari rumah dinas Wali Kota Semarang.

Beruntung, kejadian tersebut diketahui salah seorang pegawai kelurahan dan memberitahu penjaga warung. “Tadi ada pegawai kelurahan yang bilang ada motor terbakar. Dia melihat dari jendela dan memberitahu saya,” kata Sutiman, pemilik warung di samping Kantor Kelurahan Kalipancur.

Sutiman pun bergegas memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tak berselang lama, para penghuni kos dan warga sekitar melakukan pemadaman dan memindahkan motor keluar rumah agar tidak membakar rumah. “Tadinya apinya kecil, kemudian membesar. Dengan ember bekas cucian piring dan dibantu warga, api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Akibat amukan api, motor milik dua penghuni kos ini rusak parah. Bahkan sebagian motor hangus terbakar seperti jok, spat bor, mesin, dan bodi motor hangus terbakar. Dia mengaku sebelum kejadian, tidak melihat orang yang mencurigakan ataupun orang yang melintas.

“Pas kejadian, saya tidak lihat orang di sekitar lokasi. Di jalanan depan ini juga nggak kelihatan ada orang lewat,” ucapnya.

Sementara itu, pasca kejadian, jajaran kepolisian Polrestabes Semarang langsung melakukan olah TKP dengan memasang garis polisi. Dua anjing pelacak disiagakan untuk mencari jejak pelaku pembakaran. Dari hasil olah TKP, polisi berhasil menemukan beberapa batang korek api kayu dari sekitar lokasi.

“Batang korek api, jumlahnya cukup banyak,” kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji saat meninjau tempat kejadian perkara.

Polisi dengan pangkat tiga melati di bahu ini menjelaskan anggotanya juga melakukan penyisiran. Namun tidak mendapati barang bukti lain seperti di lokasi pembakaran lain seperti botol plastik air mineral, plastik, sisa kain terbakar, ataupun selang bensin.

“Hasil olah TKP, tidak ditemukan, namun dipastikan dua motor tersebut dibakar,” tegasnya.

Abi mengaku masih mendalami kasus tersebut. Apakah terkait teror pembakaran yang terjadi sebelumnya. Polisi sedang memeriksa saksi dan mengupayakan mencari ciri-ciri pelaku dari kamera CCTV yang ada di salah satu rumah warga.

“Belum bisa dikatakan terkait atau tidak dengan kasus kemarin. Saat ini, kami upayakan mencari dari kamera pengawas CCTV yang ada di sekitar rumah ini,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya total sudah terjadi 17 kasus pembakaran di Kota Semarang dengan modus yang hampir sama. Kasus terakhir percobaan pembakaran pada 3 Februari 2019 lalu di Kecamatan Semarang Timur dengan sasaran 1 unit Mitsubishi Colt DA 9130 ZE. Meski tidak sampai terbakar, pelaku sudah menyiram mobil dengan bahan bakar minyak. (den/wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Gara-gara Iseng, Ponpes Terbakar
Gara-gara Iseng, Ponpes Terbakar

Berita Sejenis

Dikawal Densus 88 Bersenjata Lengkap, 28 Tahanan Teroris Tiba di Semarang

Dikawal Densus 88 Bersenjata Lengkap, 28 Tahanan Teroris Tiba di Semarang

28 orang penumpang kapal Kapal Pelni Lawit Jakarta yang tiba di Pelabuhan Tanjungmas Semarang diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri.


Temuan Baru Kasus Sunjaya Masih Ditelusuri KPK

Temuan Baru Kasus Sunjaya Masih Ditelusuri KPK

KPK tidak mungkin hanya mendalami keterangan saksi kasus Bupati Cirebon (nonaktif) Sunjaya Purwadisastra.


Kecelakaan Maut di Salatiga, Sopir Avanza Diduga Ngantuk

Kecelakaan Maut di Salatiga, Sopir Avanza Diduga Ngantuk

Kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Salatiga-Boyolali, tepatnya di Dusun Ngentak Desa Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, Minggu (23/6) dinihari.


Empat Koruptor Kakap yang Masih Bebas Harus Ditangkap

Empat Koruptor Kakap yang Masih Bebas Harus Ditangkap

Pernyataan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mendapat sorotan dari Indonesia Police Watch (IPW).


Perempuan Indonesia Mulai Disasar Kelompok Radikal

Perempuan Indonesia Mulai Disasar Kelompok Radikal

Beberapa tahun terakhir ini aksi teror di Indonesia tidak hanya melibatkan laki-laki, melainkan juga perempuan.


Rutan KPK Masih Manusiawi

Rutan KPK Masih Manusiawi

Rutan KPK tidak overkapasitas seperti rutan-rutan lain, para tahanan masih memiliki ruang yang cukup untuk beraktivitas dalam sel.


Polri Pastikan 9 Pati-nya Berpengalaman di Penyidikan

Polri Pastikan 9 Pati-nya Berpengalaman di Penyidikan

Sembilan perwira tinggi (Pati) Polri yang mengajukan ikut seleksi capim KPK masih menunggu hasil asesmen.


10 Gugatan Praperadilan, Kado Lebaran untuk Kejagung

10 Gugatan Praperadilan, Kado Lebaran untuk Kejagung

MAKI mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung) memberi alasan kepada masyarakat mengenai masih mangkraknya kasus korupsi.


Pelaku Pelanggaran HAM Masih Gelap

Pelaku Pelanggaran HAM Masih Gelap

Pengaduan terkait kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta terus diverifikasi oleh lembaga advokasi dan kemanusiaan.


Dua Tokoh BPN Prabowo Bebas, Dua Lagi Masih Menunggu

Dua Tokoh BPN Prabowo Bebas, Dua Lagi Masih Menunggu

Empat tokoh pendukung Capres 02 Prabowo-Sandi yang ditahan aparat kepolisian terkait kasus hoaks dan dugaan makar minta ditangguhkan penahanannya.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!