Kriminal
Share this on:

Teror Pembakaran Kendaraan Masih Hantui Semarang

  • Teror Pembakaran Kendaraan Masih Hantui Semarang
  • Teror Pembakaran Kendaraan Masih Hantui Semarang

POLICE LINE - Dua kendaraan milik penghuni rumah kos di Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, hangus terkena teror pembakaran, Sabtu (16/2) lalu. (adityo dwi riantoto/jawa pos radar semarang)

SEMARANG - Aksi teror pembakaran kendaraan yang telah menggemparkan Kota Semarang, dua minggu lalu sempat hilang seolah di telan bumi. Namun Sabtu (16/2) kemarin, aksi teror pembakaran mencuat lagi. Kali ini, dua kendaraan milik penghuni rumah kos bernomor 10 Jalan Candi Prambanan Timur IV, RT 04 RW 11 Kelurahan Kalipancur Kecamatan Ngaliyan hangus terbakar.

Aksi teror ini dibilang nekat. Jika teror sebelumnya terjadi pada malam atau dinihari, kali ini teror dilancarkan pagi hari pukul 09.45, sehingga menghanguskan dua kendaraan Honda Tiger H 3894 KM dan Honda Vario H5733 AJW yang sedang diparkir di rumah kos. Tepatnya di belakang kantor Kelurahan Kalipancur atau kurang lebih hanya 1 kilometer dari rumah dinas Wali Kota Semarang.

Beruntung, kejadian tersebut diketahui salah seorang pegawai kelurahan dan memberitahu penjaga warung. “Tadi ada pegawai kelurahan yang bilang ada motor terbakar. Dia melihat dari jendela dan memberitahu saya,” kata Sutiman, pemilik warung di samping Kantor Kelurahan Kalipancur.

Sutiman pun bergegas memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tak berselang lama, para penghuni kos dan warga sekitar melakukan pemadaman dan memindahkan motor keluar rumah agar tidak membakar rumah. “Tadinya apinya kecil, kemudian membesar. Dengan ember bekas cucian piring dan dibantu warga, api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Akibat amukan api, motor milik dua penghuni kos ini rusak parah. Bahkan sebagian motor hangus terbakar seperti jok, spat bor, mesin, dan bodi motor hangus terbakar. Dia mengaku sebelum kejadian, tidak melihat orang yang mencurigakan ataupun orang yang melintas.

“Pas kejadian, saya tidak lihat orang di sekitar lokasi. Di jalanan depan ini juga nggak kelihatan ada orang lewat,” ucapnya.

Sementara itu, pasca kejadian, jajaran kepolisian Polrestabes Semarang langsung melakukan olah TKP dengan memasang garis polisi. Dua anjing pelacak disiagakan untuk mencari jejak pelaku pembakaran. Dari hasil olah TKP, polisi berhasil menemukan beberapa batang korek api kayu dari sekitar lokasi.

“Batang korek api, jumlahnya cukup banyak,” kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji saat meninjau tempat kejadian perkara.

Polisi dengan pangkat tiga melati di bahu ini menjelaskan anggotanya juga melakukan penyisiran. Namun tidak mendapati barang bukti lain seperti di lokasi pembakaran lain seperti botol plastik air mineral, plastik, sisa kain terbakar, ataupun selang bensin.

“Hasil olah TKP, tidak ditemukan, namun dipastikan dua motor tersebut dibakar,” tegasnya.

Abi mengaku masih mendalami kasus tersebut. Apakah terkait teror pembakaran yang terjadi sebelumnya. Polisi sedang memeriksa saksi dan mengupayakan mencari ciri-ciri pelaku dari kamera CCTV yang ada di salah satu rumah warga.

“Belum bisa dikatakan terkait atau tidak dengan kasus kemarin. Saat ini, kami upayakan mencari dari kamera pengawas CCTV yang ada di sekitar rumah ini,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya total sudah terjadi 17 kasus pembakaran di Kota Semarang dengan modus yang hampir sama. Kasus terakhir percobaan pembakaran pada 3 Februari 2019 lalu di Kecamatan Semarang Timur dengan sasaran 1 unit Mitsubishi Colt DA 9130 ZE. Meski tidak sampai terbakar, pelaku sudah menyiram mobil dengan bahan bakar minyak. (den/wan/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Gara-gara Iseng, Ponpes Terbakar
Gara-gara Iseng, Ponpes Terbakar

Berita Sejenis

Kasus Kematian Pelajar Indonesia Masih Gelap

Kasus Kematian Pelajar Indonesia Masih Gelap

Konsulat Jenderal RI di Shanghai menyatakan, bahwa kasus kematian seorang pelajar asal Indonesia di Cina sampai saat ini masih dalam penyelidikan.


Kejar Pelaku Teror di Jawa Timur, Polisi Lacak Toko Kimia

Kejar Pelaku Teror di Jawa Timur, Polisi Lacak Toko Kimia

Polisi memburu otak rencana aksi teror di Jawa Timur dan Jawa Barat berinisial A.


Berkas Perkara Pengaturan Skor Segera P21

Berkas Perkara Pengaturan Skor Segera P21

Tim Jaksa Peneliti pada Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung masih terus melakukan penelitian berkas perkara kasus dugaan pengaturan skor per


Kejagung Ogah Disalahkan KPK

Kejagung Ogah Disalahkan KPK

Penanganan perkara dugaan tindak pidana korupsi oleh KPK masih terbilang lamban.


Pakai Deepweb, Bobol ATM Bank 91 Kali

Pakai Deepweb, Bobol ATM Bank 91 Kali

Polda Metro Jaya masih terus melakukan penyidikan kasus pembobolan rekening bank melalui sistem Skimming yang menjerat salah satu kerabat Prabowo Subianto Ramya


Di-TO Polisi, Mahasiswa Undip Ditangkap karena Edarkan Sabu

Di-TO Polisi, Mahasiswa Undip Ditangkap karena Edarkan Sabu

Kasus peredaran narkotika di Kota Semarang melibatkan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip).


Pembakar Sepeda Motor Ditangkap

Pembakar Sepeda Motor Ditangkap

Polres Temanggung, hingga saat ini masih memburu aktor intelektual kasus pembakaran dua sepeda motor di Dusun Kali Salam Desa Ketitang Kecamatan Jumo.


Awas! Teror Tusuk Ban Mobil

Awas! Teror Tusuk Ban Mobil

Perusakan oleh orang tidak dikenal kembali terjadi di wilayah Kabupaten Temanggung.


Galian C Longsor, Tujuh Truk Tertimbun

Galian C Longsor, Tujuh Truk Tertimbun

Tanah longsor terjadi di areal penambangan galian C di wilayah perbatasan Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen dan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.


Teror Bakar Mobil di Semarang Kian Nekat

Teror Bakar Mobil di Semarang Kian Nekat

Pelaku teror bakar mobil dan motor di Kota Semarang semakin nekat. Kali ini, dilakukan di tengah permukiman warga.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!