Kriminal
Share this on:

Tiga Jam Terbakar, 9 Karyawan Pabrik Jadi Korban

  • Tiga Jam Terbakar, 9 Karyawan Pabrik Jadi Korban
  • Tiga Jam Terbakar, 9 Karyawan Pabrik Jadi Korban

Ilustrasi.

LAWANG - Pabrik plastik Primapack di Jalan Perusahaan 99 Krajan Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang terbakar kemarin (7/8). Sembilan karyawan jadi korban. Diduga, kebakaran yang berlangsung sekitar tiga jam, pukul 12.45–15.30, itu dipicu tumpahnya cairan solvent (pelarut atau pengencer zat kimia), lalu mengenai kabel.

Pantauan Jawa Pos Radar Malang di tempat kejadian perkara (TKP), kemarin sekitar pukul 13.00, api membumbung tinggi. Diduga, api muncul dari ruang tengah pabrik milik PT Lawangmas Primapack itu. Puluhan pekerja tampak mondar-mandir keluar masuk pintu gerbang.

Ada yang mengevakuasi barang-barang, ada pula yang mencari pompa hidran untuk memadamkan kobaran api. Sementara beberapa petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang sibuk menyemprotkan air untuk memadamkan api.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 15.30. Dengan demikian, kebakaran salah satu pabrik milik PT Lawangmas Primapack tersebut berlangsung hampir tiga jam, pukul 12.45 hingga 15.30. Di area kebakaran, bau permen karet terasa menyengat. Itu karena yang terbakar merupakan cairan dari tinta yang bau permen karet.

Salah satu keamanan pabrik, Mulyono menduga, pabrik pengepakan plastik itu terbakar akibat tumpahnya tinta, lalu mengenai aliran listrik. Jadi, mengalami korsleting arus pendek. ”Kemungkinannya seperti itu (korsleting listrik akibat tumpahnya solvent, Red),” ujar Mulyono saat ditemui di lokasi kemarin.

Pantauan koran ini, cairan yang diduga solvent berada dalam drum beragam ukuran. Ada drum yang ukurannya tanggung, ada yang besar. Drum berisi cairan yang bisa dievakuasi pun dibawa ke luar pabrik. Diperkirakan ada 100 drum, masing-masing berkapasitas 100 liter. Kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Kepala Bidang Pemberitaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang Handoyo menyatakan, ada dua karyawan pabrik yang terluka. Satu karyawan terluka dalam kondisi kaki kiri melepuh, sedangkan satu lagi terluka di bagian pelipis kanan. ”Ada karyawan yang kelihatan masuk ambulans tadi (kemarin). Kakinya melepuh,” ucap Handoyo.

Selain dua karyawan terluka, ada tujuh karyawan lain yang mengalami gangguan pernapasan ringan. Mereka sudah mendapatkan pertolongan dari Puskesmas Singosari, lalu dilanjutkan perawatan di Rumah Sakit (RS) Medika Lawang.

Ketika damkar dan PMI sibuk memadamkan api, ada satu orang yang diduga karyawan pabrik melarang wartawan untuk meliput. Mereka juga tidak mau dikonfirmasi. Bahkan, sempat terjadi aksi tarik-menarik antara satpam pabrik dengan awak media. Pihak pabrik juga enggan memberikan keterangan terkait penyebab kebakaran tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Lawang Kompol Gaguk Sulistyo belum mengetahui penyebab kebakaran. Perwira polisi dengan satu melati di pundaknya itu akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran. ”Kami selidiki dulu. (Korban, Red) tadi (kemarin) ada yang dievakuasi karena menghirup asap,” katanya. (jaf/c2/dan/jpg)


Berita Sejenis

Begini Detik-detik Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi

Begini Detik-detik Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi

Senin 12 November 2018 sekira pukul 21.00, Haris Simamora (pelaku) mendatangi rumah korban dan menginap di rumah korban.


Satu Keluarga Dibantai, Polisi Periksa Semua Tetangga Korban

Satu Keluarga Dibantai, Polisi Periksa Semua Tetangga Korban

Kasus pembunuhan satu keluarga di Bekasi menjadi PR besar yang harus diselesaikan polisi.


Tiga Anggota Komplotan Pelaku Curanmor Diringkus

Tiga Anggota Komplotan Pelaku Curanmor Diringkus

Satreskrim Polres Banyumas berhasil meringkus komplotan pelaku pencurian sepeda motor belum lama ini. Tiga pelaku berhasil diringkus dalam perkara ini.


Biadab! Tiga Paman Nodai Tiga Keponakannya

Biadab! Tiga Paman Nodai Tiga Keponakannya

Malang nian nasib tiga anak perempuan di bawah umur di Kecamatan Pontianak Utara ini.


Gudang Pabrik Kopi Ludes Terbakar

Gudang Pabrik Kopi Ludes Terbakar

Sebuah gudang penyimpanan produk kopi kemasan, ludes terbakar Minggu (4/11) dinihari.


Kenalan di Facebook, ABG "Digilir Cinta" Tiga Pemuda

Kenalan di Facebook, ABG "Digilir Cinta" Tiga Pemuda

Usai 'digilir cinta' oleh tiga pemuda yang dikenalnya lewat media sosial Facebook , seorang ABG,didampingi kedua orang tua dan neneknya lapor polisi.


Nekat, Pria Paro Baya Curi Pagar Kuburan

Nekat, Pria Paro Baya Curi Pagar Kuburan

Bisa jadi sudah tidak ada barang lain yang dapat dicuri. Hingga akhirnya, besi pagar kuburan pun dicuri. Hal ini dilakukan RD alias Iwan.


Jambret HP Bocah, Tiga Pemuda Dibekuk

Jambret HP Bocah, Tiga Pemuda Dibekuk

Tiga pemuda yang terlibat penjambretan di Jalan Bulaksari IV B, Surabaya dibekuk.


Rumah Kos Masih Jadi Sasaran Curat

Rumah Kos Masih Jadi Sasaran Curat

Untuk kesekian kalinya, rumah kos di Kota Santri menjadi sasaran pencurian dengan pemberatan (Curat).


Tiga Hari Tak Terlihat, Driver Ojol Tewas Gantung Diri

Tiga Hari Tak Terlihat, Driver Ojol Tewas Gantung Diri

Titus Heri Wicaksono, 30, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.



Berita Hari Ini

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!