Kriminal
Share this on:

Tiga Jam Terbakar, 9 Karyawan Pabrik Jadi Korban

  • Tiga Jam Terbakar, 9 Karyawan Pabrik Jadi Korban
  • Tiga Jam Terbakar, 9 Karyawan Pabrik Jadi Korban

Ilustrasi.

LAWANG - Pabrik plastik Primapack di Jalan Perusahaan 99 Krajan Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang terbakar kemarin (7/8). Sembilan karyawan jadi korban. Diduga, kebakaran yang berlangsung sekitar tiga jam, pukul 12.45–15.30, itu dipicu tumpahnya cairan solvent (pelarut atau pengencer zat kimia), lalu mengenai kabel.

Pantauan Jawa Pos Radar Malang di tempat kejadian perkara (TKP), kemarin sekitar pukul 13.00, api membumbung tinggi. Diduga, api muncul dari ruang tengah pabrik milik PT Lawangmas Primapack itu. Puluhan pekerja tampak mondar-mandir keluar masuk pintu gerbang.

Ada yang mengevakuasi barang-barang, ada pula yang mencari pompa hidran untuk memadamkan kobaran api. Sementara beberapa petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang sibuk menyemprotkan air untuk memadamkan api.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 15.30. Dengan demikian, kebakaran salah satu pabrik milik PT Lawangmas Primapack tersebut berlangsung hampir tiga jam, pukul 12.45 hingga 15.30. Di area kebakaran, bau permen karet terasa menyengat. Itu karena yang terbakar merupakan cairan dari tinta yang bau permen karet.

Salah satu keamanan pabrik, Mulyono menduga, pabrik pengepakan plastik itu terbakar akibat tumpahnya tinta, lalu mengenai aliran listrik. Jadi, mengalami korsleting arus pendek. ”Kemungkinannya seperti itu (korsleting listrik akibat tumpahnya solvent, Red),” ujar Mulyono saat ditemui di lokasi kemarin.

Pantauan koran ini, cairan yang diduga solvent berada dalam drum beragam ukuran. Ada drum yang ukurannya tanggung, ada yang besar. Drum berisi cairan yang bisa dievakuasi pun dibawa ke luar pabrik. Diperkirakan ada 100 drum, masing-masing berkapasitas 100 liter. Kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar.

Kepala Bidang Pemberitaan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang Handoyo menyatakan, ada dua karyawan pabrik yang terluka. Satu karyawan terluka dalam kondisi kaki kiri melepuh, sedangkan satu lagi terluka di bagian pelipis kanan. ”Ada karyawan yang kelihatan masuk ambulans tadi (kemarin). Kakinya melepuh,” ucap Handoyo.

Selain dua karyawan terluka, ada tujuh karyawan lain yang mengalami gangguan pernapasan ringan. Mereka sudah mendapatkan pertolongan dari Puskesmas Singosari, lalu dilanjutkan perawatan di Rumah Sakit (RS) Medika Lawang.

Ketika damkar dan PMI sibuk memadamkan api, ada satu orang yang diduga karyawan pabrik melarang wartawan untuk meliput. Mereka juga tidak mau dikonfirmasi. Bahkan, sempat terjadi aksi tarik-menarik antara satpam pabrik dengan awak media. Pihak pabrik juga enggan memberikan keterangan terkait penyebab kebakaran tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Lawang Kompol Gaguk Sulistyo belum mengetahui penyebab kebakaran. Perwira polisi dengan satu melati di pundaknya itu akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran. ”Kami selidiki dulu. (Korban, Red) tadi (kemarin) ada yang dievakuasi karena menghirup asap,” katanya. (jaf/c2/dan/jpg)


Berita Sejenis

Tiga Nelayan Indonesia Hanyut Sampai ke Filipina

Tiga Nelayan Indonesia Hanyut Sampai ke Filipina

Nelayan Filipina berhasil menyelamatkan tiga nelayan Indonesia asal Tobelo, Maluku Utara, yang sempat terkatung-katung empat hari di lautan.


Ditabrak lalu Truk Tanki Pertamina Terbakar, Tiga Tewas

Ditabrak lalu Truk Tanki Pertamina Terbakar, Tiga Tewas

Truk tanki Pertamina berisi 24 kiloliter (KL) bahan bakar minyak terbakar usai ditabrak minibus. Akibatnya tiga orang tewas.


Indonesia Jadi Tujuan Penipuan Industri Hiburan

Indonesia Jadi Tujuan Penipuan Industri Hiburan

Biro Penyelidikan Federal Amerika Serikat (FBI) menyebut Indonesia sebagai negara tujuan para pelaku penipuan di dunia hiburan AS.


Nasib Rizieq Syihab Tak Disinggung

Nasib Rizieq Syihab Tak Disinggung

Lebih dari 1 jam Joko Widodo dan Prabowo Subianto bertemu. Keduanya terlibat banyak perbincangan.


DAK Kepulauan Meranti Diduga Jadi Bancakan Bowo

DAK Kepulauan Meranti Diduga Jadi Bancakan Bowo

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau Irwan Nasir, Kamis (11/7).


Mantan Kapolres Tegal Diperiksa TGPF terkait Kasus Novel

Mantan Kapolres Tegal Diperiksa TGPF terkait Kasus Novel

Teka-teki jenderal bintang tiga polisi yang diperiksa Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Novel Baswedan akhirnya terungkap.


Bareskrim Ungkap Pembuatan Obat Palsu

Bareskrim Ungkap Pembuatan Obat Palsu

Bareskrim Polri menangkap pemilik pabrik obat palsu PT Jaya Karunia Investondo (JKI).


Pistol Glock 42 yang Tewaskan Korban Kerusuhan

Pistol Glock 42 yang Tewaskan Korban Kerusuhan

Penyelidikan kasus penembakan saat kerusuhan 21-22 Mei makin terang. Polisi mengklaim telah mengetahui identitas pelaku.


LPSK Apresiasi Vonis MA Bebaskan Anak Korban Pemerkosaan

LPSK Apresiasi Vonis MA Bebaskan Anak Korban Pemerkosaan

Keputusan Mahkamah Agung (MA) membebaskan anak korban perkosaan dari tudingan melakukan menggugurkan anak (aborsi), diapresiasi LPSK.


Ike Edwin Lengkapi 10 Pati Polri yang Daftar Capim KPK

Ike Edwin Lengkapi 10 Pati Polri yang Daftar Capim KPK

Memang tidak ada larangan bagi anggota kepolisian untuk ikut melamar jadi pimpinan KPK.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!