Kriminal
Share this on:

Usai Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi, Akun Twitter Dahlan Iskan Dihack

  • Usai Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi, Akun Twitter Dahlan Iskan Dihack
  • Usai Deklarasi Dukung Prabowo-Sandi, Akun Twitter Dahlan Iskan Dihack

JAKARTA - Akun Twitter, @Iskan_Dahlan, milik Dahlan Iskan diretas. Puluhan ribu twitter yang ditulisnya sejak tahun 2012 menghilang, begitu pula dengan follower Mantan Menteri BUMN yang berjumlah 2,2 juta tersebut. Kabar itu sempat menghebohkan jagat maya.

Pasalnya, kejadian berlangsung beberapa jam setelah Dahlan Iskan menyampaikan secara terbuka dukungannya kepada pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo - Sandi. Indikasi peretasan pun menguat. Pengumuman ketidakberesan itu disampaikan Dahlan Iskan pada Jumat (12/4) sekitar pukul 20.44 WIB.

Ia tidak menyebutkan adanya peretasan, melainkan penyalahgunaan, "Telah terjadi penyalahgunaan di akun Twitter saya, bagi yang masih ingin mendapatkan update-an dari saya, sila follow kembali Twitter @iskan_dahlan," demikian bunyi twit tersebut.

Ya, pengumaman itu sengaja disampaikan kepada para pembaca kolom Disway, sebuah catatan perjalanan dan kehidupan Dahlan Iskan yang dibuat sejak 8 Februari 2018 silam. Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari Dahlan Iskan untukmenindaklanjuti masalah ini.

Sejak berita ini diturunkan, akun tersebut telah dipulihkan. Hanya adatiga buah twitter berisi pengumuman adanya penyalahgunaan, dan dua tulisan Disway berjudul Menjenguk Bu Ani dan Leukimia Pengantin Remaja. Hal yang sama juga terjadi, pengikutnya yang awalnya 2,2 juta berubah menjadi 8.388 orang.

Mantan wartawan senior Jawa Pos Joko Intarto juga mengumumkan adanya peretasan tersebut lewat akun Facebooknya. "Maka akun Twitter Pak Dahlan yang berfollower 2,2 juta itu pun lenyap. Sekarang @iskan_dahlan baru berfollower 2.225," demikian tulisan postingan yang diunggahnya, Sabtu (13/4) dini hari.

Selang beberapa jam akun resmi @iskan_dahlan memberikan pengumuman adanya penyalahgunaan. Postingan milik Joko Intarto sempat dibagikan 186 kali dengan ratusan likenya.

Terpisah, Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Said Didu ikut mengomentari peretasan itu lewat akun Twitternya @saididu. Ia menyebutkan, bahwa akun milik Dahlan Iskan dihack. Tak lupa, ia juga melakukan mention langsung kepada Capres nomor urut 01 Prabowo Subianto

"Akun Twitter pak Dahlan Iskan @iskan_dahlan dihack dan hilang begitu saja follower beliau lebih dari 2,2 juta. Ini terjadi saat stlh berikan dukungan ke pak @prabowo," demikian isi twiitnya yang ditulis pada Sabtu (13/4). Pernyataan itu cukup viral karena ada retweet sebanyak 2.700 Retweet dan disukai sebanyak 5.749 kali. Sebanyak 510 kali netizen membalas dengan menyebutkan bahwa peretasan itu dilakukan karena pernyataan sikap Dahlan ke Paslon 02.

Dua jam setelah mengunggah keterangan akun Dahlan Iskan dihack, Said Didu kembali mengumumkan bahwa akun tersebut telah pulih lewat Twitter-nya. "Follow kembali akun pak Dahlan Iskan @iskan_dahlan krn sdh kembali - tapi followernya (2,2 juta) yg hilang," demikian bunyi twit tersebut. (fin/zul/tgr)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Lieus Sungkharisma Ditahan

Lieus Sungkharisma Ditahan

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Lieus Sungkharisma resmi ditahan penyidik Polda Metro Jaya, Selasa (21/5).


Prabowo Tak Bisa Dipidana

Prabowo Tak Bisa Dipidana

Polda Metro Jaya menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) terhadap Prabowo Subianto yang kemudian ditarik kembali.


Dugaan Korupsi KKP, Susi Dukung KPK

Dugaan Korupsi KKP, Susi Dukung KPK

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendukung KPK menuntaskan dugaan tindak pidana korupsi di Kementeriannya.


Penangkapan Eggi Sah, Tapi Terkesan Politis

Penangkapan Eggi Sah, Tapi Terkesan Politis

Aparat kepolisian Ditreskrimum Polda metro Jaya akhirnya menangkap aktivis pembela Ulama, Eggi Sudjana usai diperiksa, pada Senin (13/4), terkait dugaan kasus m


Belasan Siswa di India Bunuh Diri Usai UN

Belasan Siswa di India Bunuh Diri Usai UN

Penyelenggaraan ujian nasional untuk siswa kelas 12 mendapat kritik tajam sejumlah kalangan di India.


Keputusan MA Bebaskan Dahlan Iskan Sudah Final

Keputusan MA Bebaskan Dahlan Iskan Sudah Final

Kejagung memilih diam saat disinggung penolakan permohonan kasasi Jaksa atas Dahlan Iskan dalam kasus korupsi aset PT Panca Wira Usaha (PWU).


MA Kuatkan Putusan Bebas Dahlan Iskan

MA Kuatkan Putusan Bebas Dahlan Iskan

Pekan lalu (22/4), Mohamad Askin, Leopold Luhut Hutagalung, dan Surya Jaya sebagai hakim agung memutus perkara kasasi yang diajukan oleh jaksa penuntut umum Kej


Mayoritas Koruptor Masih Dihukum Ringan

Mayoritas Koruptor Masih Dihukum Ringan

Usai gelaran Pilpres, harapan masyarakat terhadap penegakan supremasi hukum tetap ditingkatkan.


Jadi Tersangka KPK, Wali Kota Tasikmalaya Didampingi 10 Pengacara

Jadi Tersangka KPK, Wali Kota Tasikmalaya Didampingi 10 Pengacara

Usai dijadikan tersangka oleh KPK, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman didampingi 10 kuasa hukum.


ICW Apresiasi KPK usai Tetapkan Sofyan Basir sebagai Tersangka

ICW Apresiasi KPK usai Tetapkan Sofyan Basir sebagai Tersangka

Selain ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Sofyan juga telah dinonaktifkan sebagai Dirut PT PLN.



Berita Hari Ini

Video

Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!