Kuliner
Share this on:

Ke Surabaya, Belum Lengkap kalau Belum Makan Bebek Goreng di Sini

  • Ke Surabaya, Belum Lengkap kalau Belum Makan Bebek Goreng di Sini
  • Ke Surabaya, Belum Lengkap kalau Belum Makan Bebek Goreng di Sini

SURABAYA - Ada jadwal berlibur ke Surabaya akhir pekan ini? Sebagai kote terbesar kedua setelah Jakarta, Kota Pahlawan ini kerap menjadi jujukan orang-orang untuk menikmati keindahan sudut-sudut kotanya.

Selain terkenal dengan Bonek (pendukung klub sepakbola asal Surabaya Persebaya), Surabaya juga terkenal dengan wisata kulinernya. Tidak hanya rawon sebagai masakan khas Jawa Timur, bebek goreng dari Surabaya pun ternyata banyak diburu.

Ya, jauh sebelum ekspansi ke Jakarta dan daerah lain, Surabaya memang sudah dikenal sebagai surganya kuliner bebek. Mulai dari emperan sampai yang restoran. Rasanya yang gurih berpadu dengan sambal yang pedas membuat menu ini selalu ngangeni.

Berikut kami berikan list enam tempat makan bebek goreng paling recommended di Surabaya. Dijamin nafsu makan Anda akan memuncak saat berhadapan dengan menu yang satu ini.

1.Bebek Goreng Harissa

Meski pemain baru dalam dunia ?per-bebek-an?, namun Bebek Goreng Harissa (BGH) sudah mampu mencuri perhatian pecinta kuliner. Tidak hanya dari Surabaya tetapi dari daerah lain juga. Keunggulan restoran yang berdiri sejak 2013 itu terletak pada menunya yang beragam. Sebut saja Bebek Putri Madura yang merupakan menu bebek goreng dengan sajian rempah-rempah di atasnya. Suka pedas? Silahkan pilih menu bebek goreng cabai Thailand. Konon katanya, satu porsi menu ini membutuhkan 50 biji cabe rawit. Hufttt?

Karena saking happening-nya, BGH yang merupakan usaha milik Wawan Sugianto (Pemilik Soto Madura Wawan yang juga legendaris itu), kini sudah membuka lebih dari 10 cabang. Terbaru ada di JX Internasional yang terletak di jalan Ahmad Yani.

Jika Anda ke sana ramai-ramai bisa pesan menu Nasi Talam Madura yang berisi bebek satu ekor dengan sentuhan rempah yang sangat kaya. Menu ini bisa disantap hingga 6 orang. Kalau mau membawa sebagai oleh-oleh juga bisa, karena kemasannya sudah didesain khusus.

Harga yang dipatok mulai Rp 15 ribu.

2.Bebek Goreng Tandon Air

Letaknya bukanlah di jalan protokol, tapi kelezatan bebek goreng yang satu ini tetap saja mampu mengundang pembeli dari banyak daerah. Dinamakan bebek Tandon Air, karena letaknya memang persis di sebelah tandon air raksasa PDAM di kawasan jalan raya Pakis Surabaya. Salah satu daya tarik utama dari bebek goreng ini adalah bumbunya yang sangat meresap ke dalam, plus sambelnya yang sangat pedas.

Bebek di sini tersedia dalam dua jenis. Ini bukan berkaitan dengan rasa, tetapi harga. Ya, ada yang ukurannya kecil mulai Rp9.000-10.000. Sedangkan yang berukuran besar mulai Rp12.000? 14.000. Itu belum termasuk nasi putih.

3.Bebek Goreng Kanwa

Salah satu kuliner bebek legendaris di Surabaya adalah Bebek Kanwa. Berdiri sejak awal tahun 1990an, warung bebek ini tak pernah sepi pembeli. Meski sudah menyediakan ratusan potong setiap sore hari saat buka, Bebek Kanwa dipastikan akan ludes saat jarum jam menunjukkan pukul 22.00 WIB.

Ada sedikit tip bagi Anda yang suka pedas. Sambal di sini pedas dan nikmat, namun sayang terkadang penjualnya enggan memberi dalam jumlah banyak. Makanya, kalau yang suka makan dengan banyak sambal, lebih baik makan di tempat tidak usah dibungkus. Sebab jika makan di tempat, tersedia sambal di masing-masing meja yang bebas diambil sesuka hati.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp18 ribu per potong. Oia, bagi yang belum tahu jalan Kanwa, jalan itu merupakan bagian belakang jalan Diponegoro yang mengarah ke Kembang Kuning.

4.Bebek Goreng Sinjay

Nah, kalau nama yang ini sudah tidak diragukan lagi. Ulasannya sudah banyak tersebar dimana-mana. Bahkan, lokasinya yang ada di Bangkalan, Madura setiap hari nyaris menjadi jujugan pecinta kuliner bebek. Mereka rela antri dan nyebrang Suramadu demi menikmati sajian bebek goreng plus sambel mangga atau pencit.

Namun, karena ini mengupas tentang bebek di Surabaya, ternyata Bebek Sinjay sudah membuka cabang di Kota Pahlawan. Pertama ada di Kapas Krampung dan yang kedua ada di deretan ruko di frontage road Ahmad Yani. Tepatnya di seberang Taman Pelangi.

5.Bebek Goreng Tugu Pahlawan

Jika Anda suka kuliner bebek yang digoreng kering plus sambel korek. Nah, di sini tempatnya. Warung kaki lima yang terletak di seberang Tugu Pahlawan itu memang menawarkan sensasi makan bebek yang berbeda. Untuk membelinya, Anda terkadang harus berdiri antri. Nggak mau antri? Ya makan ala prasmanan dengan berdiri.

Selain bebek yang digoreng kering, ada satu ciri khas dari bebek seharga Rp20 ribu perporsi plus nasi itu. Yakni taburan serundeng atau serbuk kelapa yang bercitarasa asin gurih.

6.Bebek Goreng Wachid Hasyim

Berbeda dengan bebek goreng Tugu Pahlawan, bebek goreng Wachid Hasyim yang ada di ujung jalan Jemursari itu justru digoreng tidak terlalu kering. Sehingga dagingnya masih terasa juicy. Di tempat ini juga Anda akan menemui bumbu khas berwarna kuning gelap. Rasanya, hmmmm. Maknyus kalau kata pak Bondan Winarno.

Dulu, warung ini hanya memiliki sedikit kursi dengan tiga meja panjang. Tapi, karena pelanggan semakin banyak. Pemilik menyewa ruang kosong di sebelah warungnya dan melebarkan tempat tersebut. (pda/zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Sukses berkat Riset Kafe Bangkrut
Sukses berkat Riset Kafe Bangkrut

Berita Sejenis

Makan Kenyang, Bisa Selfie Sepuasnya

Makan Kenyang, Bisa Selfie Sepuasnya

Persaingan meraup rezeki bagi para pengusaha kuliner di Kota Mataram semakin ketat.


Ingin Coba Minuman Cendol Duren? Ke Sini Saja...

Ingin Coba Minuman Cendol Duren? Ke Sini Saja...

My Thai Resto menciptakan satu lagi menu yang menggugah selera, yakni Kakap Steam Saus Lemon.


Segar... Wedang Tuak, Minuman Tradisional Salem yang Menyehatkan

Segar... Wedang Tuak, Minuman Tradisional Salem yang Menyehatkan

Salah satu minuman khas di Kabupaten Brebes yang belum banyak didiketahui adalah wedang tuak yang terbuat dari air aren pohon kelapa.


Enaknya Sate Aci Wa?an, Serasa Makan Sate Kambing Muda

Enaknya Sate Aci Wa?an, Serasa Makan Sate Kambing Muda

Salah satu warung sate yang terbuat dari tepung singkong (aci) menjadi buruan para pecinta kuliner.


Nasi Grombyang Pemalang Pikat Warga Jakarta

Nasi Grombyang Pemalang Pikat Warga Jakarta

Nasi Grombyang makanan khas Pemalang, ramai diburu pengunjung pada Pekan Produk Budaya Nusantara Expo di TMII Jakarta, belum lama ini.


Ingin Makan Jengkol Gratis, Beli Pakai Bahasa Inggris

Ingin Makan Jengkol Gratis, Beli Pakai Bahasa Inggris

Jengkol mendengar namanya pasti kita langsung membayangkan bau tidak sedap.


Wow... Lezatnya Aroma Kopi Bandung Mulai Dilirik Pengusaha Turki

Wow... Lezatnya Aroma Kopi Bandung Mulai Dilirik Pengusaha Turki

Bagi beberapa penikmat kopi lokal, kopi hutan Bandung Barat nampaknya masih belum terkenal.


Suguhkan Menu Tradisional, Bikin Pikiran Tenang dan Nyaman

Suguhkan Menu Tradisional, Bikin Pikiran Tenang dan Nyaman

Pondok Makan Sumber Waras, tempat makan berkonsep tradisional.


Ingin Sehat, Makan Teratur dari Sekarang

Ingin Sehat, Makan Teratur dari Sekarang

Coba sebutkan berapa kali Anda sebaiknya makan dalam sehari? Anda pasti sudah hapal di luar kepala: sarapan, makan siang, dan makan malam.


Ingin Terlihat Awet Muda? Makan Makanan Ini Saja

Ingin Terlihat Awet Muda? Makan Makanan Ini Saja

Siapa tak berseri-seri bila dipuji berwajah segar dan terlihat awet muda? Senjatanya ternyata tak sulit.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!