Lifestyle
Share this on:

Berolah Raga saat Puasa, Kenapa Tidak?

  • Berolah Raga saat Puasa, Kenapa Tidak?
  • Berolah Raga saat Puasa, Kenapa Tidak?

TEGAL - Bagi umat Muslim, berpuasa di bulan Ramadan merupakan salah satu kewajiban ibadah. Di Indonesia, umat muslim berpuasa selama 12 sampai 13 jam. Durasi itu lebih singkat dibanding sejumlah negara lain. Namun tak dipungkiri, perubahan pola makan selama bulan Ramadan, seringkali membuat tubuh terasa lemas untuk menjalankan aktivitas keseharian.

Jika sudah merasa lemas, aktivitas fisik seperti olahraga seringkali tak lagi masuk dalam daftar prioritas dalam kegiatan harian. Padahal olah raga saat puasa, membuat tubuh tetapi fit.

Sebagian orang berpikir bahwa olahraga selama puasa akan menguras energi dan membuat tubuh menjadi semakin lemas. Padahal olahraga dapat membantu tubuh tetap fit. Ujar Lim Soeyantho, Chief Operating Officer amp; Member of Board of Director Combiphar melalui rilisnya yang diterima Fajar Indonesia Network.

Lanjut Soeyantho, Sebuah penelitian menyatakan menjalankan puasa selama bulan Ramadan, akan meningkatkan kemampuan adaptasi tubuh untuk proses pembakaran lemak dan penyimpanan karbohidrat di dalam otot dan hati. Dengan demikian, tubuh tidak mudah lemas saat asupan glukosa rendah, karena tubuh mempunyai cadangan makanan untuk diolah.

"Proses adaptasi tersebut akan lebih dirasakan manfaatnya apabila kita tetap aktif berolahraga meski sedang berpuasa," katanya.

Sementara itu, Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar menjelaskan, pada umumnya tubuh akan merasa lapar sekitar 4 sampai 8 jam setelah makan terakhir. Namun setelah beberapa jam, rasa lapar mulai berkurang.

Saat berpuasa di bulan Ramadan, biasanya kita akan merasa lapar pada pukul 10.00 atau 11.00 siang, namun saat pukul 12.00 hingga 13.00 tubuh akan mulai merasa lebih bugar. Kondisi ini bisa terjadi karena pada pukul 12.00 tubuh akan mulai mengompensasi rasa lapar dengan cara mengeluarkan cadangan makanan yang ada di dalam tubuh (glikogen dan asam lemak), untuk menjadi sumber energi.

"Dengan demikian tubuh akan kembali merasa segar," papar Sandi.

Dia mengatakan, perasaan lemas saat berpuasa dapat disebabkan beberapa kondisi, salah satunya adalah turunnya jumlah hemoglobin. Selain berkurangnya sel darah merah, perasaan lemas juga dapat diakibatkan oleh kesalahan memilih menu makanan saat sahur dan berbuka, kekurangan cairan serta kurang olahraga.

"Ketika berolahraga, jantung akan memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh. Darah yang dipompa jantung mengandung oksigen mengalir ke seluruh tubuh dan membuat tubuh terasa lebih bugar," ujar dr Sandi.

Saat jantung tidak memompa darah lebih cepat, tubuh akan terasa lebih lemas karena kurang oksigen. "Karenanya, meski sedang berpuasa, olahraga secara konsisten perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan masing-masing individu," sambungnya.

Olahraga dapat dilakukan setelah sahur atau menjelang berbuka. Rutinitas berolahraga dapat tetap dilanjutkan dengan beberapa penyesuaian seperti durasi dan intensitas olahraga. (rls/da/zul/fin)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Kardio Cara Terbaik untuk Bakar Lemak Perut?

Kardio Cara Terbaik untuk Bakar Lemak Perut?

Jika tujuan Anda adalah untuk menghilangkan lemak, terutama di sekitar perut, sayangnya itu tidak akan terjadi dalam semalam.


10 Cara Cepat Bangkitkan Mood, Yuk Dicoba

10 Cara Cepat Bangkitkan Mood, Yuk Dicoba

Tidak mungkin Anda selalu punya mood atau suasana hati yang bagus.


Sering Merokok Vape Bisa Bikin Flu Sulit Sembuh?

Sering Merokok Vape Bisa Bikin Flu Sulit Sembuh?

Vape atau rokok elektrik tengah menjadi tren saat ini karena dianggap lebih aman dibandingkan rokok konvensional.


Pengaruh Olahraga pada Nafsu Makan

Pengaruh Olahraga pada Nafsu Makan

Setelah berolahraga, terkadang seseorang merasakan tidak adanya nafsu makan.


Enam Penyebab Badan Lemas setelah Bangun Tidur

Enam Penyebab Badan Lemas setelah Bangun Tidur

Saat akan beristirahat atau tidur Anda pasti berharap akan mendapatkan kondisi badan yang jauh lebih segar ketika terbangun nanti.


Terlalu Banyak Konsumsi Kalsium, Bisa Mematikan?

Terlalu Banyak Konsumsi Kalsium, Bisa Mematikan?

Mengonsumsi kalsium berlebih ternyata tidak menyebabkan gigi dan tulang menjadi lebih kuat.


Malas Lepas Lensa Kontak Saat Mandi? Waspadai Hal Ini

Malas Lepas Lensa Kontak Saat Mandi? Waspadai Hal Ini

Siapa yang suka malas melepas lensa kontak saat mandi? Apalagi jika setelah mandi masih harus beraktivitas.


Kenapa Ketombe tak Kunjung Hilang?

Kenapa Ketombe tak Kunjung Hilang?

Munculnya ketombe di kulit kepala sering membuat seseorang yang mengalaminya garuk-garuk.


Atasi Nyeri Haid dengan Olahraga, Apakah Bisa?

Atasi Nyeri Haid dengan Olahraga, Apakah Bisa?

Apa yang pertama kali terpikirkan saat Anda sedang mengalami nyeri haid? Tidur, atau langsung minum obat pereda nyeri?


5 Jenis Makanan ini Bisa Cegah dari Gigitan Nyamuk

5 Jenis Makanan ini Bisa Cegah dari Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk memang sangat mengganggu. Bagaimana tidak, karena setelah gigitan itu, Anda akan mengalami bentol, rasa gatal, hingga meninggalkan bekas



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!