Lifestyle
Share this on:

Kardio Cara Terbaik untuk Bakar Lemak Perut?

  • Kardio Cara Terbaik untuk Bakar Lemak Perut?
  • Kardio Cara Terbaik untuk Bakar Lemak Perut?

Ilustrasi./freepik.com

JAKARTA - Jika tujuan Anda adalah untuk menghilangkan lemak, terutama di sekitar perut, sayangnya itu tidak akan terjadi dalam semalam. Anda juga tidak bisa secara khusus mengurangi lemak di sekitar perut, Anda juga harus menargetkan lemak tubuh secara keseluruhan.

Pola makan dan olahraga yang konsisten berperan dalam hal ini, tetapi memang benar bahwa beberapa latihan memang membakar lemak lebih cepat dan lebih efisien daripada yang lain, meskipun Anda harus menjalankan diet sehat.

Jadi, apa latihan terbaik untuk membakar lemak, cepat? Anda mungkin berpikir latihan tersebut bisa berupa kardio yang memompa jantung dan kardio yang merangsang keringat seperti berlari, bersepeda, atau berenang.

Tetapi meskipun kardio memainkan peran besar dalam gaya hidup sehat, itu bukan cara yang paling efektif untuk menghilangkan lemak. Menurut dua pelatih, gelar itu diberikan kepada pelatihan perlawanan (HIIT), terutama jenis yang melibatkan sirkuit intensitas tinggi.

"Kombinasi pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan pelatihan resistensi sangat efektif," kata pelatih pribadi bersertifikat Ashley Kelly NASM, yang melatih klien untuk Bach di New York City, seperti dilansir laman MSN.

Pada dasarnya, Anda melakukan serangkaian latihan yang dirancang untuk memperkuat bagian tubuh tertentu, dengan sedikit atau tanpa istirahat di antara latihan.

Ini adalah formula yang cukup sederhana: Anda membangun otot melalui latihan kekuatan, baik dengan latihan beban atau berat badan, dan Anda memaksimalkan detak jantung Anda dengan melakukannya di sirkuit yang cepat dan intens.

"Pelatihan ketahanan dengan detak jantung yang meningkat adalah cara tercepat untuk menghilangkan lemak," seperti yang dikatakan Angelo Grinceri FAFS, kepala pelatih di Performix House di NYC dan pelatih pelatihan pribadi Ladder.

Apa yang membuat HIIT jauh lebih efektif? Itu datang ke aspek pembentukan otot.

Meskipun kardio memang luar biasa dalam meningkatkan detak jantung Anda, kardio tidak menggerakkan atau membentuk otot seperti halnya HIIT dan pelatihan resistensi. Kardio sebenarnya bisa memecah otot jika Anda melakukannya terlalu sering dan tanpa bahan bakar yang tepat.

Sebaliknya, dengan latihan resistensi intensitas tinggi, intinya adalah membangun otot.

Anda tidak hanya membakar kalori besar di seluruh latihan, berkat peningkatan detak jantung Anda, tetapi Anda juga akan terus membakar kalori sepanjang hari.

Ada korelasi langsung antara massa otot seseorang dan berapa banyak kalori yang dia bakar.

Otot membakar lemak bahkan ketika Anda sedang beristirahat. Semakin banyak otot yang Anda miliki, maka akan semakin tinggi tingkat metabolisme istirahat Anda (RMR) dan semakin banyak kalori yang akan Anda bakar bahkan ketika Anda sedang duduk santai di sofa.

Apa arti semua ini bagi jadwal latihan Anda? Baik Ashley maupun Angelo merekomendasikan untuk menyeimbangkan latihan kardio dan resistensi Anda sepanjang minggu, karena meskipun kardio bukan cara tercepat untuk membakar lemak, itu tetap sangat penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sebuah studi pada 2016 dari Journal of Internal Medicine menunjukkan bahwa kardio seperti berjalan, memanjat tangga, bersepeda, dan berenang menurunkan diabetes tipe 2, beberapa kanker, jatuh, patah tulang osteoporosis, dan depresi.

Memasukkan latihan kardio dan resistensi juga mengurangi risiko cedera.

Angelo mengatakan kliennya telah menemukan kesuksesan pembakaran lemak dengan melakukan pelatihan resistensi setidaknya dua kali seminggu, di samping latihan kardio dua hingga tiga kali seminggu.

Jadwal ideal Ashley, tergantung pada orangnya. Meningkatkan pelatihan perlawanan menjadi tiga kali seminggu, dengan dua hari kardio dan dua hari istirahat.

Mereka berdua sepakat, bahwa Anda harus melakukan kardio setidaknya 30 menit, empat hingga lima hari dalam seminggu. (fny/jpnn/ima)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Minyak Goreng Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Loh

Minyak Goreng Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Loh

Makanan akan terasa lebih menggugah selera apabila diolah dengan minyak goreng.


Simak 5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan

Simak 5 Manfaat Minum Air Lemon untuk Kesehatan

Buah lemon terkenal kaya akan vitamin C dan air lemon diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan serta kecantikan bagi tubuh.


Benarkah Orang yang Rajin Bangun Pagi Lebih Bahagia?

Benarkah Orang yang Rajin Bangun Pagi Lebih Bahagia?

Beberapa orang merasa lebih mudah untuk tidur cepat serta bangun lebih pagi, sementara orang lain lebih memilih tidur larut malam dan bangun siang.


5 Cara Jaga Jantung Tetap Sehat

5 Cara Jaga Jantung Tetap Sehat

Mencegah serangan jantung sebetulnya tidaklah sulit, semua kembali lagi kepada kemauan.


Ini Makanan yang Kaya Enzim Pencernaan

Ini Makanan yang Kaya Enzim Pencernaan

Ketika makan, sistem pencernaan terutama lambung dan usus mulai bekerja mengumpulkan protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi.


Tidur Lebih Baik dengan Menghindari 4 Kesalahan Umum Ini

Tidur Lebih Baik dengan Menghindari 4 Kesalahan Umum Ini

Sangat mudah untuk kehilangan kebiasaan kecil yang memengaruhi kualitas tidur dan kesehatan untuk jangka panjang.


Cara Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Cara Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur merupakan cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh untuk memulai beraktivitas seharian.


5 Cara Ini Bisa Cerahkan Kulit Wajah

5 Cara Ini Bisa Cerahkan Kulit Wajah

Mempunyai kulit wajah yang cerah tampaknya menjadi idaman setiap orang, khususnya kaum hawa.


Jangan berlebihan, ini Batas Aman Minum Kopi untuk Ibu Hamil

Jangan berlebihan, ini Batas Aman Minum Kopi untuk Ibu Hamil

Kopi adalah salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang, termasuk ibu hamil.


Simak Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Yuk

Simak Manfaat Biji Chia untuk Kesehatan Yuk

Pernahkah Anda mendengar tentang biji chia? Biji sejenis tanaman daun mint yaitu salvia hispanica, memang masih belum mudah kita peroleh di pasaran.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!