Lifestyle
Share this on:

Kiat Memilih Sumber Karbohidrat yang Sehat

  • Kiat Memilih Sumber Karbohidrat yang Sehat
  • Kiat Memilih Sumber Karbohidrat yang Sehat

Ilustrasi/freepik.com

JAKARTA - Bagi yang sedang diet, karbohidrat sering menjadi makronutrien yang dianaktirikan. Padahal, karbohidrat itu penting, hanya saja pemilihannya harus diperhatikan. Ikuti tips memilih sumber karbohidrat yang sehat lewat artikel ini.

Menurut dr Sara Elise Wijono MRes dari KlikDokter, karbohidrat adalah sumber utama energi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Jadi sebenarnya asupan karbohidrat tak boleh dihilangkan.

“Idealnya, 45-65 persen sumber kalori didapat dari karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi kurang dari jumlah yang disarankan, itu bisa berisiko,” ungkap dr Sara.

Apabila sampai kekurangan karbohidrat, Anda akan mengalami sejumlah gejala seperti:

Mudah atau selalu merasa lelah dan sulit berkonsentrasi. Sakit kepala, rasa lapar berlebih, dan “kebingungan” karena kadar gula darah dalam tubuh terlalu rendah (hipoglikemia).

Bau mulut, mual, sakit kepala, kelelahan berlebihan, dan pembengkakan sendi. Itu semua termasuk gejala gangguan ketosis (tingginya kadar zat keton dalam darah).

Mudah sakit karena sistem imunitas tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. Susah buang air besar (sembelit). Dehidrasi.

Nah, agar tidak mengalami sejumlah kondisi di atas, Anda disarankan untuk tetap menyertakan karbohidrat dalam menu sehari-hari. Namun, mengingat karbohidrat ada beberapa jenis, Anda mesti memilih yang sehat.

1.Pilih karbohidrat utuh, bukan yang disempurnakan

Mungkin Anda lebih akrab dengan istilah karbohidrat kompleks dan sederhana ketimbang dua istilah ini.

Karbohidrat utuh adalah karbohidrat yang tidak diproses dan mengandung serat alami, sedangkan karbohidrat yang disempurnakan adalah yang sudah melalui berbagai proses pengolahan rumit, sehingga serat alaminya hilang.

Karbohidrat yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang utuh, seperti buah, polong-polongan, kentang, serta biji-bijian. Karbohidrat yang sebaiknya konsumsinya dibatasi atau dihindari adalah minuman manis, jus buah kemasan, aneka kue, roti putih, pasta, nasi putih, kentang goreng atau keripik kentang, atau minuman apa pun dengan pemanis tambahan.

“Karbohidrat utuh masih memiliki sumber serat alami, yang walaupun tidak dapat dicerna langsung oleh tubuh, dapat digunakan oleh bakteri baik di dalam saluran cerna. Proses ini menghasilkan asam lemak yang dapat dijadikan sumber energi oleh beberapa sel dalam tubuh,” jelas dr Sara.

2.Perhatikan porsinya

Meski yang dipilih adalah karbohidrat utuh atau karbohidrat kompleks, tetapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya berlebihan.

Diet rendah karbohidrat memang dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kadar kolesterol baik, serta menstabilkan tekanan darah dan gula darah. Namun, bagi Anda yang punya masalah metabolisme, Anda perlu berhati-hati dengan konsumsi karbohidrat.

Konsultasikan dengan dokter serta ahli gizi, sehingga jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi tidak sampai mengakibatkan gangguan metabolisme.

3.Buang anggapan bahwa karbohidrat adalah penyebab obesitas

Meski mengandung gula, tetapi bukan berarti karbohidrat adalah penyebab utama obesitas. Perlu diingat bahwa banyak populasi – misalnya masyarakat Okinawa, Jepang, yang adalah pemakan nasi – tetap dalam kondisi kesehatan yang baik.

Jadi, buang pikiran bahwa nasi itu selalu jahat. Lakukan perubahan dengan memilih karbohidrat yang tepat, juga dibarengi dengan porsi sesuai anjuran.

Tak sulit sebetulnya mencari alternatif sumber karbohidrat yang lebih sehat di Indonesia. Ada jagung, ubi, talas, atau nasi merah atau nasi cokelat yang sudah sangat mudah ditemukan. Pisang juga bisa jadi pilihan dan mengandung potasium, vitamin A, dan vitamin C yang tinggi.

Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal dengan campuran kacang-kacangan atau potongan buah.

Itulah tips memilih sumber karbohidrat yang lebih sehat. Tak sulit, ya? Mulai sekarang, yuk pilih karbohidrat yang lebih sehat demi menunjang diet Anda. Misalnya lebih banyak makan buah dan sayur, gandum utuh, atau biji-bijian utuh.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan/atau dokter gizi. Dengan begitu, target penurunan berat badan bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh dan terhindar dari efek samping.(klikdokter/ima/jpnn)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

8 Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lelah

8 Penyebab Kenapa Anda Selalu Merasa Lelah

Lelah setelah 8,5 jam bekerja di kantor memang wajar. Namun kalau yang terjadi Anda selalu merasa lelah atau kelelahan


3 Jenis Makanan ini Baik untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

3 Jenis Makanan ini Baik untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Otak membutuhkan nutrisi untuk jantung, paru-paru dan otot. Tapi makanan seperti apa yang penting untuk menjaga otak tetap sehat dan bahagia?


Obat Jerawat Ini Perlu Dihindari Ibu Hamil, Apa Saja?

Obat Jerawat Ini Perlu Dihindari Ibu Hamil, Apa Saja?

Jerawat bisa muncul dalam kondisi apa saja, termasuk saat hamil, yang merupakan masalah kulit yang sering dikeluhkan ibu hamil.


Catat Nih! 6 Makanan ini Harus Dihindari Saat Turunkan Berat Badan

Catat Nih! 6 Makanan ini Harus Dihindari Saat Turunkan Berat Badan

Memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal merupakan impian banyak orang. Namun sayang, menurunkan berat badan tidak semudah mengupas kulit kacang!


5 Cara Tingkatkan Kolagen Secara Natural

5 Cara Tingkatkan Kolagen Secara Natural

Meski usia bertambah, setiap orang tentu ingin kulit tetap sehat, tampak awet muda, dan elastis.


Diet atau Olahraga, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?

Diet atau Olahraga, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa diet dan olahraga merupakan kunci dari berat badan yang sehat.


Simak 5 Cara Atasi Gatal karena Eksim pada Anak Yuk

Simak 5 Cara Atasi Gatal karena Eksim pada Anak Yuk

Sekitar satu dari 10 anak memiliki eksim, yang ditandai dengan kulit kering, merah, dan gatal.


Apa Dampak Kebanyakan Olahraga bagi Kesehatan Otak?

Apa Dampak Kebanyakan Olahraga bagi Kesehatan Otak?

Olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan, itu jelas fakta. Tapi ingat, segala sesuatu yang berlebih juga tidak baik –termasuk berolahraga.


Sering Konsumsi Makanan Olahan? Hati-hati dengan 3 Hal Ini

Sering Konsumsi Makanan Olahan? Hati-hati dengan 3 Hal Ini

Kalian semua tentu sudah tak asing lagi dengan makanan olahan. Jenis makanan ini memang memiliki rasa yang lezat dan bikin ketagihan.


Khasiat Buah Semangka yang Wajib Diketahui

Khasiat Buah Semangka yang Wajib Diketahui

Saat cuaca panas dan terik matahari terasa tak tertahankan, buah semangka menjadi salah satu pelepas dahaga yang diincar banyak orang.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!