Lifestyle
Share this on:

Sempat Dibahas saat Debat Ketiga, Ini Manfaat Kolostrum untuk Bayi

  • Sempat Dibahas saat Debat Ketiga, Ini Manfaat Kolostrum untuk Bayi
  • Sempat Dibahas saat Debat Ketiga, Ini Manfaat Kolostrum untuk Bayi

**JAKARTA ** - Persoalan pemberian kolostrum atau air susu yang kali pertama keluar dari payudara ibu jabang bayi, menjadi salah satu topik debat, Minggu (17/3) malam. Saat itu kedua calon wakil presiden (cawapres) saling bertukar gagasan tentang penanganan stunting.

Sandiaga Uno yang diberi pertanyaak terkait hal itu oleh Ma’ruf Amin, menjawabnya dengan menceritakan apa yang pernah dialami istrinya, Nur Asia atau yang akrab disapa Mpok Nur. Saat melahirkan anak terakhirny itu, usia Mpok Nur sudah 42 tahun.

Seperti lazimnya ibu-ibu pada umumnya, Mpok Nur juga menyusui anak bunhsunya, Sulaiman. Tetapi menginjak enam bulan usia Sulaiman, papar Sandiaga, ASI istrinya tak keluar lagi.

"Tidak tahu kenapa, mungkin karena masalah usia. Nah kalau sampai tidak dilanjukan bagaimana kebutuhan protein Sulaiman?" tanya Sandi.

Seperti yang dikutip dari hellisehat.com, kolostrum adalah air susu pertama yang dikeluarkan payudara pada masa kehamilan. Kolostrum memiliki warna yang berbeda dengan ASI, yaitu cenderung kekuningan dan lebih kental.

Banyak yang bilang kalau ASI pertama ini sangat baik bagi kesehatan bayi, kenapa? Ya, karena kolostrum adalah ASI yang mengandung antibodi dan imunoglobulin yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Susu pertama ibu ini memang dirancang untuk dipersiapkan sebagai asupan pertama bagi sang bayi. Jadi kandungan gizinya tak perlu diragukan lagi.

Setelah dilahirkan, perut bayi yang baru lahir lemah dan rentan. Kolostrum sangat cocok untuk makanan pertama bayi karena sangat mudah dicerna. Beberapa manfaat kolostrum adalah dapat mencegah infeksi pada bayi.

Ini karena kolostrum kaya akan sel darah putih untuk melawan infeksi bakteri dan virus. Bayi yang diberi kolostrum tidak rentan terkena pneumonia, bronkitis, flu, infeksi perut, dan penyakit infeksi lainnya.

Selain itu, kolostrum juga bisa mencegah bayi kuning pascapersalinan. Karena kolostrum bisa membantu tubuh mengurangi bilirubin, sehingga bayi tidak mengalami ikterus atau penyakit kuning.

Kolostrum juga sangat berhuna untuk membantu perkembangan organ pencernaan bayi. Kolostrum bermanfaat untuk mempersiapkan sistem pencernaan, agar dapat mencerna susu matang yang diproduksi payudara Anda nantinya.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, kolsotrum harus diperah dulu sebelum proses persalinan. Ini bisa terjadi lantaran janin mengalami kondisi tertentu, dan harus cepat mendapatkan asupan yang baik, sesaat setelah persalinan.

Biasanya hal ini terjadi lantaran bayi lahir prematur atau dilahirkan kembar. Sehingga tak bisa memberikan ASI dalam satu waktu. Selain itu juga bisa dialami, kerena bayi mengalami kelainan, seperti kelainan jantung atau down syndrome.

Sampai saat ini, kolostrum dianggap aman dan tidak memiliki efek samping. Namun, konsumsi kolostrum jangka panjang dapat menyebabkan kegelisahan, logorrhea, dan insomnia. Namun, semua efek samping itu akan hilang setelah beberapa hari.

Kolostrum adalah susu pertama yang lama-kelamaan akan ‘matang’ beberapa minggu, setelah persalinan dan akhirnya berubah warna seperti ASI pada umumnya. Biasanya, selama masa tersebut, kandungan antibodinya semakin menurun tapi volume ASI yang dihasilkan bertambah.

Untungnya, fungsi perlindungan dari penyakit masih ada. Semakin banyak susu yang dikonsumsi bayi dari ibunya, semakin tinggi tingkat perlindungan imunnya.

Jadi, kolostrum sangat disarankan untuk diberikan pada bayi sejak ia lahir dan kemudian dilanjutkan dengan ASI eksklusif hingga 6 bulan. Setelah 6 bulan, barulah Anda dapat memberikan si kecil makanan tambahan karena pada usia tersebut kebutuhan gizinya semakin bertambah. (zul)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

MUI Bakal Keluarkan Fatwa Untuk Game Online PUBG

MUI Bakal Keluarkan Fatwa Untuk Game Online PUBG

Setelah serangan bersenjata di dua masjid Selandia Baru, yang menyebabkan 50 orang meninggal dunia, muncul usulan agar game daring PlayerUnknown's Battleground


Kenalkan Inkubator Hybrid Generasi Baru

Kenalkan Inkubator Hybrid Generasi Baru

Menurut data World Health Organization, Indonesia menempati urutan kelima sebagai negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di dunia.


Wow, Resleting Ini Bisa Jadi Tas

Wow, Resleting Ini Bisa Jadi Tas

Resleting identik dengan pakaian. Lazimnya, resleting untuk celana, jaket, tas, dompet dan lain-lain.


Ingin Cantik ala Artis Hollywood? Ini yang Harus Anda Lakukan

Ingin Cantik ala Artis Hollywood? Ini yang Harus Anda Lakukan

Mario Dedivanovic mendapatkan predikat sebagai make up artist yang paling banyak dicari melalui pencarian Google di Indonesia.


Hadirkan Tren Terkini Industri Kecantikan

Hadirkan Tren Terkini Industri Kecantikan

Pasar industri kecantikan Indonesia merupakan pasar ketiga terbesar di Asia.


Kenali dari Dini Apa Itu Osteoartritis

Kenali dari Dini Apa Itu Osteoartritis

Apakah Anda pernah merasakan nyeri pada sendi lutut? Mungkin untuk sebagian orang, hal ini sudah biasa terjadi.


Lima Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Buat Apalikasi Awasgan yang Bisa Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Lima Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) Buat Apalikasi Awasgan yang Bisa Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Gadget, siapa yang tak mengenal benda yang satu ini. Apalagi smartphone sudah menjadi kebutuhan utama untuk melakukan komunikasi sehari-hari.


Ini Koleksi Cantik untuk Mahmud Sambut Lebaran

Ini Koleksi Cantik untuk Mahmud Sambut Lebaran

Pada Ramadan ini, Luna Maya melalui lini busananya, Luna Habit, kembali mengeluarkan koleksi terbaru.


Mengintip Ketatnya Persaingan Ponsel Premium

Mengintip Ketatnya Persaingan Ponsel Premium

Persaingan di smartphone premium cukup panas. Setelah LG G6 sempat meluncur dengan harga hampir menyentuh Rp10 juta


Hanya Butuh Tiga Tahun untuk Hafal 30 Juz Alquran

Hanya Butuh Tiga Tahun untuk Hafal 30 Juz Alquran

Bagi Fiqhan Makrifatullah untuk menjadi seorang hafidz atau penghafal Aquran tidak sesulit yang dibayangkan orang.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!