Lokal
Share this on:

Bulog Jual Beras Medium Rp9.350 per Kg di 49 Titik

  • Bulog Jual Beras Medium Rp9.350 per Kg di 49 Titik
  • Bulog Jual Beras Medium Rp9.350 per Kg di 49 Titik

KRAMAT - Bulog Sub Divisi Regional (Divre) VI Pekalongan menggelar operasi pasar dengan menyalurkan 75 ton beras, Selasa (9/1). Langkah ini diharapkan dapat menstabilkan harga beras yang saat ini mengalami kenaikan cukup tinggi.

"Hari ini ada 75 ton yang kita salurkan dalam rangka pengendalian harga beras, khususnya beras medium yang naik signifikan dan harganya di atas HET," kata Wakil Kepala Bulog Sub Divre VI Pekalongan Siti Farida, saat pelepasan 15 truk pengangkut beras cadangan beras pemerintah (CBP) untuk operasi pasar di gudang Bulog Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Selasa (9/1).

Farida menjelaskan, operasi pasar digelar di 49 titik di wilayah eks Karesidenan Pekalongan. Rinciannya Kabupaten Brebes 9 titik, Kabupaten Tegal 15 titik, Kota Tegal 7 titik, Kabupaten Pemalang 12 titik, dan Kabupaten Batang 4 titik. Adapun pelaksananya adalah distributor besar mitra bulog, pengecer di pasar tradisional, dan satgas operasi pasar bulog.

"Titik-titik penyaluran ini akan diperluas sehingga ditargetkan minimal 50 persen dari pedagang beras akan menjadi penyalur atau pengecer beras operasi pasar," ujarnya.

Menurut Farida, beras yang digunakan dalam operasi pasar merupakan beras jenis medium dengan harga RpRp9.350 per kilogram (kg). Harga ini merupakan harga eceran tertinggi (HET). "Harga tersebut merupakan HET sehingga bisa terjangkau oleh masyarakat," tandasnya.

Farida menambahkan, operasi pasar untuk mengedalikan harga beras sudah digelar Bulog sejak 29 Desember 2017 dan akan berlangsung hingga 31 Maret 2018 mendatang. "Bulan Maret sudah mulai panen, diharapkan harga sudah stabil," pungkas Farida. (far/zul)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!