• Home
  • Berita Lokal
  • Debit Limpasan Waduk Cacaban Naik, Dua Pedukuhan Terendam Banjir

Lokal
Share this on:

Debit Limpasan Waduk Cacaban Naik, Dua Pedukuhan Terendam Banjir

  • Debit Limpasan Waduk Cacaban Naik, Dua Pedukuhan Terendam Banjir
  • Debit Limpasan Waduk Cacaban Naik, Dua Pedukuhan Terendam Banjir

KEDUNGBANTENG - Intensitas curah hujan yang tinggi di beberapa wilayah di Kabupaten Tegal menyebabkan debit air di Waduk Cacaban meluap. Pengelola Waduk Cacaban memerintahkan pintu air dibuka, sehingga menyebabkan dua pedukuhan di Desa Penujah dan Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal kebanjiran.

Kepala Pengelola Waduk Cacaban Edi Kusworo, Selasa (13/3), mengatakan, selaku kepala pengelola Waduk Cacaban memerintahkan penjaga untuk membuka pintu air. Ini dilakukan, lantaran debit air di Waduk Cacaban meluap, sehingga jika tak dilakukan justru akan berdampak sangat luas.

"Pada Selasa (13/3) pukul 00.30 WIB, saya mengontrol Waduk Cacaban. Saya melihat debit air meluap. Makanya saya memerintahkan pengelola, pintu air dibuka dan air keluar mencapai 5.000 meter kubik per detik. Padahal idealnya hanya 3.000 meter kubik per detik," katanya.

Akibat buangan air dari waduk Cacaban, tambah Edi, beberapa rumah di dua padukuhan, yakni Dukuh Silambir dan Sirampog terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 centimeter lebih. Kondisi ini menyebabkan sejumlah warga sekitar Waduk Cacaban khawatir, jika sewaktu-waktu air akan menggenangi rumahnya.

"Banjir terjadi Pedukuhan Silambir RT 08 RW 04 Desa Penujah dan Dukuh Sirambog RT 27 RW 12 Desa Karanganyar. Saat ini genangan air sudah surut dan warga mulai bekerja bakti membersihkan sampah yang masuk ke rumahnya," tambahnya.

Selain menggenangi rumah penduduk, lanjut Edi, pembuangan air Waduk Cacaban juga menyebabkan lahan pertanian seluas 2 hektare di bantaran sungai buangan terendam air. Saat ini, debit air Waduk Cacaban tinggi, karena curah hujan di hulu sungai sangat tinggi. (guh/zul)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!