Lokal
Share this on:

Di Brebes Masih Ada 59 Perlintasan Kereta Api Tak Dijaga

  • Di Brebes Masih Ada 59 Perlintasan Kereta Api Tak Dijaga
  • Di Brebes Masih Ada 59 Perlintasan Kereta Api Tak Dijaga

MANUAL - Perlintasan di Desa Bulakelor Kecamatan Ketanggungan yang menggunakan palang pintu sederhana. (eko fidiyanto/radar brebes)

BREBES - Masyarakat pengguna jalan sepertinya harus waspada ketika melintas di perlintasan kereta api (KA) di wilayah Kabupaten Brebes. Pasalnya, masih ada 59 perlintasan sebidang yang tidak dijaga petugas. Kondisi tersebut telah terjadi sejak tahun 2013 silam.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Brebes, Akhmad Satibi menyebut berdasarkan data tahun 2013, dari total jumlah perlintasan sebidang sebanyak 85, baru ada 13 perlintasan yang dijaga oleh Dinas Perhubungan (Dishub), dan 13 perlintasan yang dijaga oleh PT KAI.

"Namun saat ini ada 2 titik penambahan, yaitu di perlintasan Kretek Kecamatan Paguyangan dan di Dermoleng Kecamatan Ketanggungan. Penambahan penjagaan tersebut sebagai upaya untuk mengayomi masyarakat saat melintas di perlintasan KA. Terlebih jika musim arus mudik, banyak kendaraan yang melintas sehingga penjagaan kami tingkatkan," katanya, kemarin.

Dia menjelaskan, ada tiga jenis penjagaan perlintasan sebidang, yakni penjagaan yang dilakukan oleh Pemkab Brebes, penjagaan yang dijaga masyarakat, dan perlintasan sebidang yang tidak dijaga namun legal atau resmi. Dari total 85 perlintasan sebidang ini, ada banyak perlintasan sebidang yang tidak dijaga.

"Tahun-tahun mendatang jika pemerintah pusat sudah memiliki kereta api cepat dengan kecepatan mencapai 160 km per jam, maka perlintasan sebidang itu ditutup," terangnya lagi.

Satibi menjelaskan, sesuai Undang-Undang semua perlintasan tidak boleh ada kecuali ada jaminan keselamatan, sehingga jumlah perlintasan sebidang yang ada di Kabupaten Brebes diharapkan semakin berkurang. Karena masih banyak perlintasan yang tidak dijaga.

"Seharusnya semakin ke sini memang harus berkurang. Itu amanat Undang-Undang," ungkapnya.

Salah satu perlintasan KA yang sebelumnya tidak dijaga, kini sudah dijaga oleh petugas Dishub yang bergantian dengan petugas PT KAI dan dibantu oleh masyarakat. Ialah di pintu perlintasan KA yang rada di Desa Bulakelor Kecamatan Ketanggungan. Di perlintasan tersebut kini menggunakan peralatan sederhana.

Kepala Desa Bulakelor Kecamatan Ketanggungan Darsono mengatakan, semenjak dibangunnya Flyover Dermoleng, masyarakat setempat swadaya membangun pos jaga pintu perlintasan beserta palang pintunya. Mengingat jalur Ketanggungan-Purwokerto pada saat itu dialihkan di jalur alternatif Bulakelor-Luwung Gede.

"Walau dengan sarana sederhana, palang pintu dan pos jaga merupakan swadaya dari pemuda dan masyarakat Bulakelor. Kini kami masih mengharap bantuan dari Pemkab Brebes demi keamanan palang pintu yang aman," tandasnya. (fid/ism/zul)


Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Tak Netral, ASN Siap-siap Saja Disanksi

Tak Netral, ASN Siap-siap Saja Disanksi

Selain harus menjaga netralitasnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang berpolitik praktis dalam penyelenggaraan Pilkada maupun pemilu.


Kang Nur: Tak Ada Permainan Fee Proyek di Kota Tegal

Kang Nur: Tak Ada Permainan Fee Proyek di Kota Tegal

Plt Wali Kota Tegal HM. Nursoleh menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk pembangunan di tahun 2018.


Selain Diganti Namanya, Karang Birahi Akan Berstandar Nasional

Selain Diganti Namanya, Karang Birahi Akan Berstandar Nasional

Selain akan mengganti namanya, Pemkab Brebes akan kembali melanjutkan renovasi Stadion Karang Birahi yang sudah menelan anggaran Rp10 miliar.


Giliran, Guru di Brebes Borong Bawang dari Petani

Giliran, Guru di Brebes Borong Bawang dari Petani

Tidak hanya PNS di lingkungan Pemkab Brebes, anggota kepolisan, TNI, dan PNS di lingkungan kecamatan, ikut andil membeli bawang merah dari petani.


Gizi Buruk Brebes Nomor Satu di Jateng

Gizi Buruk Brebes Nomor Satu di Jateng

Hingga awal 2018, gizi buruk di Kabupaten Brebes masih menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah.


Pemkab Tegal Butuh 3.077 PNS Baru

Pemkab Tegal Butuh 3.077 PNS Baru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal masih menunggu persetujuan pemerintah pusat terkait pengajuan rekrutmen CPNS.


Harga Beras Medium Masih Tinggi

Harga Beras Medium Masih Tinggi

Operasi pasar yang dilakukan Pemkot Tegal dan Bulog belum berdampak signifikan terhadap penurunan harga beras medium.


Mudik Lebaran, Jakarta-Semarang Sudah Tersambung Tol

Mudik Lebaran, Jakarta-Semarang Sudah Tersambung Tol

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan tiga ruas tol mulai dari Pejagan, Brebes, hingga Semarang sudah bisa dilalui untuk arus mudik lebaran 2018.


Naikkan Penyerapan, Bulog Siapkan Gudang Bawang Ber-AC

Naikkan Penyerapan, Bulog Siapkan Gudang Bawang Ber-AC

Untuk meningkatkan penyerapan bawang, Bulog Sub Divre VI Pekalongan bakal membuat gudang di wilayah Kabupaten Brebes.


Tiga Hari ke Depan, Gelombang Laut 1,5-3 Meter

Tiga Hari ke Depan, Gelombang Laut 1,5-3 Meter

BMKG Tegal memprediksi gelombang laut setinggi 1,5 meter sampai 3 meter masih terjadi di Laut Jawa secara umum, dan Pantai Utara, hingga tiga hari ke depan.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!