Lokal
Share this on:

Di Kota Tegal Masih Ada 10.215 Orang yang Nganggur

  • Di Kota Tegal Masih Ada 10.215 Orang yang Nganggur
  • Di Kota Tegal Masih Ada 10.215 Orang yang Nganggur

TEGAL - 10.215 orang di Kota Tegal tercatat menduduki angka pengangguran terbuka berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal. Itu terungkap saat Penyusunan Dokumen Rencana Tenaga Kerja Kota Tegal 2018-2023 di Ruang Rapat Lantai 2 Setda Pemkot Tegal, kemarin.

Penyusunan dokumen RTKD dipimpin langsung Plt Sekretaris Daerah Yuswo Waluyo yang didampingi Asisten II Herlien Tedjo Oetami dan Kepala Disnakerin Kota Tegal Heru Setyawan. Selain itu, juga hadir Rini Nurhayati dari Pusat Perencanaan Tenaga Kerja pada Kementerian Tenaga Kerja yang menjabarkan sejumlah solusi.

Yuswo Waluyo menyatakan, masih tingginya tingkat pengangguran terbuka (TPT) 2017 yang mencapai 10.215 orang, dipicu membludaknya angkatan kerja sebanyak 124.736 di tahun yang sama. Untuk diketahui, jumlah angkatan kerja Kota Tegal pada 2017 sebesar 124.736 orang yang akan diprediksi terus membesar pada 2023 hingga mencapai 133.438 orang. Menurut dia, butuh solusi yang cepat dan tepat.

Pemetaan RTKD diharapkan lebih mengoptimalkan potensi penyerapan tenaga kerja sekaligus menekan tingkat pengangguran terbuka pada 2023 mendatang. Targetnya, menurut Yuswo, pada 2023 TPT bisa ditekan menjadi 7.751 orang atau 5,81 persen dari jumlah TPT 2017 sebanyak 10.215 orang atau 8,19 persen.

”Penyusunan RTKD, meliputi pendataan angkatan kerja, penduduk usia kerja, hingga pemetaan pengangguran terbuka,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Disnakerin Kota Tegal Heru Setyawan mengatakan, terus meningkatnya jumlah angkatan kerja sepanjang 2017 tercatat 124.736 orang dan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk melakukan penyerapan tenaga kerja.

Program tersebut, kata dia, bisa diwujudkan dengan terus mendongkrak potensi IKM dan UMKM dalam mempekerjakan angkatan kerja. Selain itu, lanjut Heru, fasilitasi lapangan kerja melalui dengan semua investor yang mewajibkan memprioritaskan penyerapan tenaga kerja lokal.

”Fasilitasi ketersediaan lapangan kerja, juga akan melibatkan semua sektor instansi yang dikelola OPD dalam menyerap angkatan kerja,” tandasnya.

Sekadar informasi, terkait jumlah pengangguran secara nasional, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto di Gedung BPS, Senin (5/11) menyatakan, jika ditinjau dari sisi provinsi, Banten menjadi daerah dengan angka pengangguran tertinggi. Tingkat pengangguran di Banten mencapai 8,52 persen.

Sementara Bali, menjadi daerah dengan angka pengangguran terendah, yakni 1,37 persen. ”Se-Indonesia, TPTtertinggi di Banten, 8,52 persen, sementara terendah di Bali 1,37 persen,” ujar Suhariyanto.

Menurut data TPT ditinjau dari provinsi pada Agustus 2018 yang dirilis oleh BPS, selain Banten, terdapat 9 provinsi lainnya yang termasuk 10 besar dengan angka pengangguran tertinggi.

Peringkat pertama didiuki Banten (8,52 persen), berikutnya Jawa Barat (8,17 persen), Maluku (7,27 persen), Kepulauan Riau (7,12 persen), Sulawesi Utara (6,86 persen), Kalimantan Timur (6,60 persen), Aceh (6,36 persen), Papua Barat (6,30 persen), DKI Jakarta (6,24 persen) dan Riau (6,20 persen).

Jika dilihat, sebagai ibu kota negara, DKI Jakarta menduduki posisi ke-9 dari 10 provinsi dengan angka pengangguran tertinggi. Namun, menurut data TPT BPS ini, jika dibandingkan dengan Agustus tahun lalu, DKI Jakarta justru menunjukkan penurunan angka tingkat pengangguran tertinggi, yakni 0,9 persen .

Sementara, TPT di Jawa Tengah sebesar 4,23 persen. Penduduk bekerja pada kegiatan informal ada sebanyak 60,01 persen, dan persentase pekerja informal naik 1,14 persen poin dibanding Agustus 2017.

”Periode Februari 2017-Februari 2018, 3 kategori terbesar yang mengalami peningkatan tenaga kerja yaitu kategori Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum (0,83 persen poin), Ketegori Perdagangan Besar dan Eceran (0,34 persen poin); Reparasi dan Perawatan Mobil (0,34 persen poin), Kategori Jasa Lainnya (0,33 persen poin,” katanya.

Lalu, terdapat 25,22 persen penduduk bekerja tidak penuh (jam kerja kurang dari 35 jam seminggu) mencakup 6,38 persen setengah pengangggur dan 18,84 persen pekerja paruh waktu. ”Penduduk yang bekerja di Jawa Tengah, Februari 2018 masih tetap didominasi oleh mereka yang berpendidikan rendah (SMP ke bawah) sebesar 69,18 persen,” urainya. (syf/wan/fat/zul)

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

SD Rusak Diterjang Puting Beliung, Siswa Diliburkan

SD Rusak Diterjang Puting Beliung, Siswa Diliburkan

Angin puting beliung yang menerjang Desa Selapura Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Kamis (17/1) sore, juga merusak bangunan SDN Selapura 02.


Puting Beliung Rusak Belasan Rumah

Puting Beliung Rusak Belasan Rumah

Angin puting beliung melanda Desa Selapura Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal, Kamis (17/1) sore. Belasan rumah rusak akibat kejadian ini.


Diterjang Hujan dan Angin, Alun-alun Hanggawana Slawi Terendam Banjir

Diterjang Hujan dan Angin, Alun-alun Hanggawana Slawi Terendam Banjir

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kabupaten Tegal membuat ‎sejumlah pohon tumbang, Kamis (17/1).


Berdua Naik Motor, Disenggol lalu Tunangan Meninggal Terlindas Trailer

Berdua Naik Motor, Disenggol lalu Tunangan Meninggal Terlindas Trailer

Sepeda motor matik Honda Beat warna merah G 5500 DU yang ditunggangi sepasang kekasih ditarbrak truk trailer bermuatan plat baja di Jalur Pantura KM 9 Desa Mar


Tegal Diterjang Hujan Badai, Tower Ambruk dan Sejumlah Wilayah Banjir

Tegal Diterjang Hujan Badai, Tower Ambruk dan Sejumlah Wilayah Banjir

Sejumlah daerah di wilayah Kota Tegal tergenang air dengan ketinggian hampir mencapai pinggang orang dewasa, menyusul hujan deras yang disertai angin kencang.


Brebes Segera Miliki Destinasi Wisata Heritage Mirip De Tjolomadu

Brebes Segera Miliki Destinasi Wisata Heritage Mirip De Tjolomadu

Renovasi bangunan eks Pabrik Gula (PG) Banjaratma di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes yang akan dijadikan rest area terindah di Tanah Air dikebut.


Intai Jamaah Salat Jumat, Dua Remaja Ini Nekat Curi Motor

Intai Jamaah Salat Jumat, Dua Remaja Ini Nekat Curi Motor

Tim Resmob Satuan Reserse Kriminal Polres Tegal berhasil menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Tegal.


Serem Gaes, Kota Tegal Zona Merah Narkoba

Serem Gaes, Kota Tegal Zona Merah Narkoba

Sebagai wilayah perlintasan, Kota Tegal masuk ke dalam zona merah peredaran narkoba.


Dikeluhkan Warga Cemari Desanya, Limbah Beracun di Margasari Dicek

Dikeluhkan Warga Cemari Desanya, Limbah Beracun di Margasari Dicek

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal mengambil sampel udara dan air di kawasan pabrik pengolah limbah berbahaya dan beracun (B3).


Pura-pura Tanya Alamat, Dihipnotis lalu Emas dan Uang Dirampas

Pura-pura Tanya Alamat, Dihipnotis lalu Emas dan Uang Dirampas

Warga Desa Demangharjo Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal diresahkan dengan penipuan dengan hipnotis bermodus tanya alamat.



Berita Hari Ini

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!