oleh

H-3, Polisi Putar Balik 4.722 Kendaraan yang Hendak Masuk ke Jateng

BREBES – Masuk H-3 menjelang Idul Fitri 1441 Hijriyah (H), sedikitnya 4.722 kendaraan yang hendak masuk ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng) via Kabupaten Brebes disuruh putar balik. Ini tidak lain untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi dalam kunjungannya ke Pospam Exit Tol Pejagan, hingga H-3 menjelang Lebaran sudah ada 4.722 yang terpaksa diputar balik. Hal ini (penyekatan) akan terus dilakukan oleh pihaknya dalam mengurangi adanya penyebaran Covid-19.

“Di H-3 jelang Lebaran ini kita lakukan pengecekan anggota dalam penyekatan arus balik skala prioritas. Dan hingga saat ini sudah ada 4.722 kendaraan yang diputar balik,” ungkapnya.

Tidak hanya melakukan penyekatan di wilayah Kabupaten Brebes, pihaknya juga berkoordinasi dengan wilayah Jawa Barat (Jabar). Hal ini terkait penyekatan kendaraan pemudik yang hendak menuju ke arah timur.

“Kita lakukan kordinasi dua tempat. Di sana (Jabar) melakukan penyekatan dan di sini juga lakukan itu. Perlakuannya sama, yakni lakukan cek fisik dan manual sesuai dengan protap yang ada,” jelasnya.

“Selain itu, kita akan diterangkan apakah pengendara itu akan mudik atau tidak. Jadi di situ kelihatan kendaraan itu wajib diputar balik, sehingga anggota cek status terkait pengamanan,” lanjutnya.

Selain itu, dalam pemutaran kendaraan pemudik di jalan tol pihaknya sudah bekerjasama dengan Jasa Marga terkait pemutaran itu. Jadi, dapat prioritas bagi kendaraan yang disuruh putar balik.

“Setiap kendaraan yang disuruh putar balik akan kita kasih stiker, jadi dapat prioritas dan tidak dikenakan biaya lebih tinggi. Dan ini sudah dikoordinasikan dengan tiap provinsi,” pungkasnya. (ded/ima)

Komentar

Berita Terbaru