oleh

Kerugian Banjir di Pemalang Mencapai Miliaran

PEMALANG- Bencana banjir yang menerjang wilayah Desa Pesantren Kecamatan Ulujami Pemalang, selain membuat aktivitas warga terganggu, juga menimbulkan kerugian yang tidak sedikit hingga mencapai miliaran rupiah.

Kerugian terbesar dialami sejumlah petani tambak bandeng dan udang. Sebab ratusan hektare tambak ikan yang ada di wilayah tersebut terendam banjir dan rusak.

Kepala Desa Nurokhim mengatakan, untuk satu hektare tambak kerugian petani mencapai Rp10 juta. Padahal ada sekitar 520 hektare tambak di desanya.

“80 persen tambak rusak,” katanya.

Sedangkan pemukiman yang tergenang banjir terparah menimpa empat RT di dusun Sidomulya Desa Pesantren, yaitu RT 1, 2, 3 dan 4, mencapai ratusan KK.

Kisaran kerugian akibat banjir juga dibenarkan Kepala BPBD Pemalang Wahadi. Korban banjir terbesar dialami petani tambak. Bila ditaksir menurutnya mencapai miliaran rupiah.

“Kerugian tentu mencapai miliaran, tapi secara persisnya masih kita hitung,” katanya.

Banjir limpasan Sungai Comal selain merendam rumah dan tambak, juga menimpa sejumlah sekolah dasar di Desa Pesantren dengan ketinggian 70 cm. Hari ini siswa pun terpaksa diliburkan. Sejumlah sekolah yang terdampak diantaranya SDN 1 Pesantren, SD 03 dan 05, dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mambaul Hukam. (sul/ima)

Komentar

Berita Terbaru