oleh

Pedagang dan Pembeli di Pasar dan Swalayan Kabupaten Tegal Kena Rapid Test, Begini Hasilnya

SLAWI – Tim Gabungan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal menggelar pelaksanaan rapid test massal, Sabtu (23/5) di beberapa titik keramaian. Titik tersebut antara lain Pasar Trayeman, Toserba Jogya, Pasar Bawang dan Bassa Swalayan.

Kasi Pecegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Bidang P3P Dinkes Ari Dwi Cahyani, Sabtu (23/5) mengatakan, dari hasil rapid test yang dilakukan, tim tidak menemukan orang menunjukkan reaktif positif Covid-19. Dinkes
sudah memeriksa masing-masing titik 50 orang secara sampling. Dari hasil rapid test tersebut, tidak ada yang reaktif positif.

Dirinya menambahkan, pihaknya menyasar pembeli maupun penjual saat turun ke pasar, lalu di swalayan sasarannya adalah karyawan dan pembeli yang memang masih ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Jika didapati pengunjung yang reaktif positif, satgas akan langsung mengkarantina orang tersebut dan dilakukan swab test. Rencananya, setelah Lebaran akan ada 2 tahap lagi rapid test massal di pusat-pusat keramaian,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perdagangan, Koperasi dan UKM Suspriyanti mengatakan, dengan adanya rapid test, semua menjadi mengerti dan antarpedagang serta pembeli juga tidak saling curiga. Menurutnya, langkah ini sangat tepat karena jika kedapatan ada yang reaktif bisa langsung ditelusuri. Pihaknya juga tidak henti-hentinya mengimbau untuk tetap memakai masker dan sesering mungkin cuci tangan.

“Jika tidak memakai masker sebaiknya jangan ke pasar.” (guh/ima)

Komentar

Berita Terbaru