Lokal
Share this on:

Pengiriman 1.050 Liter Minuman Keras Digagalkan

  • Pengiriman 1.050 Liter Minuman Keras Digagalkan
  • Pengiriman 1.050 Liter Minuman Keras Digagalkan

SLAWI - Satuan Reskrim Polres Tegal berhasil menggagalkan pengiriman 1.050 liter minuman keras (miras) dari Kabupaten Banyumas, yang rencananya hendak diedarkan di wilayah Jawa Barat.

Penggagalan yang dilakukan pada Kamis (21/12) sekitar pukul 18.00 WIB di Jalan Raya Klonengan Desa Prupuk Utara Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal itu bermula saat Satuan Reskrim mendapat informasi adanya pengiriman miras dari wilayah Banyumas dengan menggunakan mobil Suzuki Futura.

Sejumlah anggota Satuan Reskrim kemudian menindaklanjuti informasi tersebut dengan melakukan pendalaman dan pengintaian. Saat mobil yang dicurigai melintas, anggota kemudian menghentikan mobil bernomor polisi B 1397 UZC itu dan melakukan pemeriksaan.

"Saat anggota melakukan pencegatan dan pemeriksaan, benar, di dalam mobil tersebut didapati sebanyak 35 jirigen berukuran masing-masing 30 liter berisi miras jenis tuak," kata Wakapolres Tegal Kompol Muhammad Purbaya, Jumat (22/12).

Selain menyita barang bukti miras, petugas juga menggelandang pelaku pengiriman Wasito (37) warga Desa Jingkang RT 04 RW 03 Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas ke Mapolres Tegal. Pelaku selanjutnya langsung diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) Slawi dan dikenakan tindak pidana ringan (tipiring).

Menurut Purbaya, pelaku bukan kali ini saja melakukan pengiriman miras. Dari pengakuannya, sudah sekitar tiga tahun pengiriman miras dilakukan.

"Pelaku dikenakan Pasal 49 ayat (1) huruf b Perda Kabupaten Tegal Nomor 7 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum," terang Purbaya.

Sementara itu menurut pelaku, miras yang dibawanya rencananya akan dikirim ke Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat. "Rencananya mau dibawa ke Cirebon, dan Indramayu," ungkapnya. (far/zul)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!