Lokal
Share this on:

Pesta Miras, 103 Pelajar SMP Diangkut Polisi

  • Pesta Miras, 103 Pelajar SMP Diangkut Polisi
  • Pesta Miras, 103 Pelajar SMP Diangkut Polisi

PEMBINAAN- Polsek Bulakamba melakukan pembinaan kepada para pelajar dan orangtua pelajar yang melakukan pesta miras, Minggu (17/2) kemarin.

BREBES - Puluhan dari 103 pelajar tingkat SMP dari 6 sekolah di Kabupaten Brebes digelandang polisi, Sabtu (16/2) sore. Puluhan pelajar ini digelandang ke Polsek Bulakamba sekitar pukul 16.00 WIB, saat melakukan pesta minuman keras (miras) merayakan ulang tahun salah seorang siswa di sebuah bangunan kosong bekas rumah makan.

Polisi mengamankan dan melakukan pendataan dengan rincian pelajar sekolah dari Kecamatan Larangan 32 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan; Ketanggungan 17 siswa laki-laki; Wanasari 38 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan; serta SMP swasta di Kecamatan Bulakamba 7 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan.

Sebelumnya, mereka kepergok pesta miras di bekas rumah makan di Jalan Raya Bulakamba. Saat kepergok polisi puluhan pelajar berhasil kabur, sementara sebagian berhasil digiring dan diamankan ke Mapolsek Bulakamba. Barang bukti 30 sepeda motor dan miras jenis ciu sebanyak 1 liter lebih yang dikemas dalam galon ukuran 20 liter turut diamankan.

Saat mendapati laporan dari warga, warga mengatakan bahwa ada ratusan pelajar konvoi dengan sepeda motor hendak tawaran di bekas rumah makan jalan Pantura Bulakamba. Namun, saat polisi melakukan penyergapan di TKP, mereka tidak melakukan tawuran, melainkan pesta miras perayaan ulang tahun.

Salah seorang pelajar SMP, DN mengatakan, pesta miras digelar untuk merayakan ulang tahun sekolah rekannya sesama pelajar. Mereka bisa berkumpul bareng karena adanya grup di media sosial (medsos).

DN mengaku dia hanya ikut-ikutan temannya untuk berkumpul dan tidak mengetahui akan minum minuman keras atau pesta miras. "(Minum-minuman keras, red) buat acara ulang tahun. Kumpul-kumpul sama teman," katanya di Mapolsek Bulakamba, Minggu (17/2).

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kapolsek Bulakamba AKP Widiaspo mengatakan Polsek Bulakamba melakukan problem solving atau penyelesaian masalah terkait kejadian kenakalan anak pelajar tingkat SMP yang merayakan ulang tahun dengan minum-minuman keras, Minggu (17/2). Mereka dibina di Mapolsek Bulakamba.

"Ternyata bukan tawuran, melainkan pesta miras di bekas rumah makan. Miras yang dikemas galon ukuran 20 liter hanya tersisa 1 liter lebih. Mata para pelajar ini sudah merah, kemudian kami amankan beserta barang bukti. Sepotong kue ulang tahun juga kami jadikan barang bukti," kata Widiaspo.

Saat diamankan, polisi langsung berkoordinasi dengan pihak wali murid dan pihak sekolah maning-masing. Pihaknya melakukan pembinaan kepada para pelajar yang dihadiri wali murid dan pihak sekolah. Mereka kemudian diminta membuat surat pernyataan yang diketahui oleh masing-masing orangtua.

Selain memberikan pembinaan kepada anak dan orang tuanya ya kepolisian juga berencana memanggil pihak sekolah agar bisa semakin ketat mengawasi siswanya di sekolah saat jam belajar maupun saat berada di luar sekolah. Polisi juga melakukan penindakan terhadap kendaraan yang tidak dilengkapi surat dan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Brebes.

Dia menuturkan, setelah memanggil para orangtua atau wali murid, jaran kepolisian meminta agar mereka lebih bisa mengawasi anaknya. Para pelajar ini kemudian diminta membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan dengan tanda tangan di atas materai. Hal ini lantaran para pelajar tersebut masih berusia di bawah umur.

"Tapi kami meminta para orangtua lebih mengawasi. Pihak sekolah juga kami minta untuk mengawasi mereka," tandasnya. (fid/ism)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Jaga KPU dan Bawaslu, Polisi Dihadiahi Bunga Mawar

Jaga KPU dan Bawaslu, Polisi Dihadiahi Bunga Mawar

Personel polisi yang bertugas di KPU dan Bawaslu mendapatkan suntikan semangat dari Relawan Lalu Lintas Indonesia (Relasi) Kabupaten Tegal, Jumat (24/5) sore.


Ratusan Botol Miras Diamankan Polisi

Ratusan Botol Miras Diamankan Polisi

Polsek Brebes berhasil menyita ratusan botol minuman keras (miras) dari berbagai merk dan jenis.


Kabur usai Tabrak Warga, Sopir Dibekuk di Cilacap

Kabur usai Tabrak Warga, Sopir Dibekuk di Cilacap

Polisi akhirnya berhasil mengungkap kasus tabrak lari yang menewaskan korbannya di Jalingkut Tegal.


Mangkal di Jalan, 12 Perempuan Malam Diangkut Polisi

Mangkal di Jalan, 12 Perempuan Malam Diangkut Polisi

12 wanita yang diduga pekerja seks komersial (PSK) dan lima orang laki-laki hidung belang, Rabu (22/5) malam, diamankan ke Mapolres Tegal Kota.


Congkel Jendela, Petani Gasak Empat Telepon Seluler

Congkel Jendela, Petani Gasak Empat Telepon Seluler

Kholik (28), warga Dukuh Wanalaba Desa Jatilaba Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal harus berurusan dengan polisi.


Bobol Atap, Dua Remaja Gasak 11 HP dan Voucher Pulsa

Bobol Atap, Dua Remaja Gasak 11 HP dan Voucher Pulsa

Polisi akhirnya berhasil meringkus dua terduga pelaku pencurian di sebuah kouner HP di Kecamatan Talang.


Amankan Hasil Pemilu 2019, Tentara dan Polisi Jadi Pagar Betis

Amankan Hasil Pemilu 2019, Tentara dan Polisi Jadi Pagar Betis

Guna mengamankan proses Pengumuman Hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019, Polres Tegal dan Kodim 0712/Tegal akan menjadi pagar betis.


Antisipasi Pelaku Teroris, Penumpang Bus Digeledah Polisi dan Tentara

Antisipasi Pelaku Teroris, Penumpang Bus Digeledah Polisi dan Tentara

Sejumlah personel gabungan TNI-Polri menggelar razia di Jalan Raya Martoloyo Kota Tegal, Senin (20/5) siang.


Sediakan Miras saat Puasa, Tiga Emak-emak Diamankan

Sediakan Miras saat Puasa, Tiga Emak-emak Diamankan

Tiga orang penjual minuman keras (miras) berhasil diamankan Polsek Petarukan. Ironisnya, ketiganya berjenis kelamin perempuan.


Buka saat Ramadan, Tiga Karaoke Dirazia Satpol PP

Buka saat Ramadan, Tiga Karaoke Dirazia Satpol PP

Tempat hiburan karaoke di Brebes selatan menjadi sasaran razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Brebes, Jumat (17/5) kemarin.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!