Lokal
Share this on:

Tolak Permen, 1.000 Nelayan Tegal Siapkan Aksi 818 dan Petisi

  • Tolak Permen, 1.000 Nelayan Tegal Siapkan Aksi 818 dan Petisi
  • Tolak Permen, 1.000 Nelayan Tegal Siapkan Aksi 818 dan Petisi

TEGAL - Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang pengaturan alat cantrang resmi diberlakukan mulai 1 Januari 2018. Karenanya, ribuan nelayan Kota Tegal bakal menggelar aksi penolakan pemberlakuan permen tersebut.

Bendahara HNSI cabang Tegal Riswanto mengatakan nelayan telah mengadakan rapat koordinasi yang menyepakati aksi damai nelayan cantrang Kota Tegal 8 Januari mendatang. Tuntutan Aksi Meminta dukungan sikap Plt. Walikota Tegal HM. Nursholeh dan Ketua DPRD Edy Soeripno dengan penandatangan petisi yang sudah disusun.

"Estimasi jumlah masa 1.000 orang nelayan," katanya.

Menurut Riswanto, ada empat poin yang akan dimintakan tanda tangan dukungan. Di antaranya yakni meminta legalitas cantrang secara nasional dengan tidak membatasi ukuran GT kapal kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti.

"Kemudian, menuntut kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Kelautan dan Perikanan agar nelayan cantrang tetap bisa melaut menggunakan alat tangkap cantrang secara bersama-sama,” tambahnya.

Selanjutnya meminta kepada Presiden Jokowi melalui aparat penegak hukum di laut, untuk tidak ada penangkapan terhadap nelayan cantrang selama nelum ada legalitas alat tangkap cantrang secara nasional. Terakhir menolak pemberlakuan pelarangan alat tangkap cantrang, dan nelayan cantrang siap diatur. (muj/zul)

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!