Nasional
Share this on:

10 Menteri Paling Sering Diberitakan

  • 10 Menteri Paling Sering Diberitakan
  • 10 Menteri Paling Sering Diberitakan

JAKARTA - Ada 10 menteri kabinet Jokowi-JK paling yang banyak diberitakan oleh media massa. Sepanjang 1 Januari hingga 31 Juli, total pemberitaan tentang kinerja menteri Kabinet Kerja dan kebijakan kementerian dari 3.735 media siber (online) di Indonesia mencapai 6.041.378 berita.

"Data tersebut dianalisis secara real time dengan menggunakan sistem Intelligence Media Management (IMM) yang berbasis artificial intelligence," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang di Jakarta, Senin (19/8) kemarin.

Pada semester pertama 2019, tercatat ada 10 menteri yang paling banyak diberitakan media. Yang pertama adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pemberitaan mengenai dirinya mencapai 29.240 berita. Budi Karya mendapat sorotan paling besar dari media. Di antaranya soal situasi mudik dan kenaikan harga tiket pesawat.

Posisi kedua, ditempati Menko Polhukam Wiranto dengan 28.550 berita. Mantan Panglima ABRI ini paling banyak diberitakan menyusul situasi politik dan keamanan menjelang dan sesudah pencoblosan dan kerusuhan 22 Mei. Posisi ketiga menteri yang paling banyak diberitakan media adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan 26.299 berita.

"Sri Mulyani paling banyak diberitakan karena fokus kerja pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah. Dampak perang dagang AS-Tiongkok, termasuk isu utang luar negeri," imbuhnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berada di peringkat keempat dengan 23.080 berita. Posisi kelima Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan 21.338 berita. Sementara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjadi menteri paling banyak diberitakan media keenam dengan 18.515 berita.

Posisi ketujuh hingga 10, yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan 17.843 berita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan 17.432 berita, Menkominfo Rudiantara sebanyak 14.896 berita, dan Menseskab Pramono Anung sekitar 13.927 berita. "Dalam hal Menteri Terpegah, posisi figur adalah sebagai objek. Artinya, figur yang dirujuk oleh media," pungkasnya.

Tak Bisa Didikte

Terpisah, permintaan jatah menteri oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri kepada presiden Jokowi, dinilai sebuah kesalahan. Pengamat politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Marianus Kleden menyatakan sebagai orang Solo, yang dibesarkan PDIP, Jokowi mungkin agak salah tingkah. Namun, Jokowi punya style sendiri untuk menunjukkan powernya sebagai presiden.

"Menurut saya, Megawati telah melakukan kesalahan. Dia berusaha menekan Jokowi dalam kongres PDIP di Bali," kata Marianus.

Pengamat politik Unwira, Mikhael Raja Muda Bataona menambahkan permintaan Megawati soal jatah menteri, membuktikan Megawati sendiri tidak bisa mendikte Jokowi. "Pernyataan Megawati justru mengkonfirmasi sebuah anomali komunikasi Megawati-Jokowi. Jika selama ini semua orang berpikir Megawati bisa mendikte Jokowi, maka ini menjadi bukti bahwa Jokowi tidak bisa didikte. Bahkan oleh Megawati sekalipun," jelas Mikhael.

Akibat kesulitan mendikte Jokowi itulah, Megawati sengaja membuka permintaan soal jatah menteri untuk PDIP secara terbuka dalam forum kongres PDIP. Selain itu, pernyataan Megawati juga sebuah konfirmasi psikologis. Dimana Megawati risau derasnya arus tekanan ke Jokowi. Terutama dari ketua umum partai soal jatah menteri anggota koalisi.

"Inilah yang membuat Megawati membuat semacam contra opini untuk mengimbangi manuver partai-partai tersebut," jelasnya.

Caranya adalah dengan menggunakan guyon di hadapan para tamu. Termasuk ketua umum partai, bahwa PDIP sebagai partai pemenang harus diberi jatah menteri paling banyak. Tak hanya itu. Permintaan jatah menteri dari Megawati membuktikan Jokowi sulit ditekan. Megawati sebagai ketua umum menggunakan forum kongres untuk mengunci Jokowi yang juga kader PDIP.

"Megawati hanya mau memberi pesan tegas bahwa Jokowi harus memperhatikan PDIP. Karena partai ideologis itu sudah berdarah-berdarah berjuang memenangkan Jokowi," pungkasnya. (rh/zul/fin)

Berita Sebelumnya

16 PP Bakal Direvisi demi Rektor Asing
16 PP Bakal Direvisi demi Rektor Asing

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Mahathir Bakal Beri Sanksi Pengusaha Malaysia

Mahathir Bakal Beri Sanksi Pengusaha Malaysia

Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengancam akan menindak perusahaan Malaysia yang menjadi biang kerok kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.


Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Soal Pengganti Imam Nahrawi, Jokowi Minta Waktu Sehari

Pengunduran diri Imam Nahrawi dari jabatannya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sudah diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Jokowi Urutan 16 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Jokowi Urutan 16 Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Royal Islamic Strategic Studies Centre Yordania kembali merilis tokoh-tokoh muslim paling berpengaruh di dunia untuk tahun 2019.


Naik Rp4,47 Triliun, Dana BOS Jangan untuk Bayar Honorer

Naik Rp4,47 Triliun, Dana BOS Jangan untuk Bayar Honorer

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta dana bantuan operasional sekolah (BOS) tidak lagi digunakan untuk membayar gaji guru hono


Diduga Terima Rp26,5 Miliar, Menpora Ditetapkan Tersangka Suap

Diduga Terima Rp26,5 Miliar, Menpora Ditetapkan Tersangka Suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah Kemenpora ke KON


Kecewa, Jokowi Sentil Gubernur dan Tegur Menteri

Kecewa, Jokowi Sentil Gubernur dan Tegur Menteri

Kekecewaan Presiden Joko Widodo terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau dan Kelimantan Tengah begitu terlihat saat memimpin rapat terbata


Tokoh Dunia Ikut Berduka Cita Wafatnya Habibie

Tokoh Dunia Ikut Berduka Cita Wafatnya Habibie

Kabar meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie, tak hanya ramai diberitakan oleh media dalam negeri.


Angkat Menteri Energi dari Dalam Istana

Angkat Menteri Energi dari Dalam Istana

Arab Saudi akhirnya mengangkat putra raja, Pangeran Abdulaziz bin Salman sebagai Menteri Energi untuk menggantikan Khalid Al-Falih.


Menlu Iran Akan Kunjungi Indonesia

Menlu Iran Akan Kunjungi Indonesia

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Mousavi mengatakan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Javad Zarif dijadwalkan, akan melakukan perjalanan ke Bangladesh d


Menhub Akan Evaluasi Tol Cipularang KM 90

Menhub Akan Evaluasi Tol Cipularang KM 90

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana mengevaluasi Tol Cipularang KM 90 yang kerap menjadi lokasi kecelakaan.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!