Nasional
Share this on:

Afrika Butuh Mie Instan Indonesia

  • Afrika Butuh Mie Instan Indonesia
  • Afrika Butuh Mie Instan Indonesia

NUSA DUA - Hubungan ekonomi Indonesia dengan negara-negara di Afrika bakal semakin meningkat. Wakil Presiden Jusuf Kalla yang membuka Indonesia-Afrika Forum (IAF) 2018 optimistis perdagangan yang telah mencapai USD 8,84 miliar pada 2017 atau meningkat 15,25 persen dari 2016.

JK menuturkan selama ini hubungan yang terjalin dengan negara Afrika itu lebih banyak di bidang politik. Hubungan ekonomi memang perlu dikembangkan terus menerus di sektor investasi dan perdagangan. Dia berharap ada peningkatan tiga kali lipat kerjasama peningkatan kapasitas dan teknik dengan Afrika.

”Indonesia membutuhkan minyak mentah, kapas, biji kopi dari Afrika. Sedangkan Afrika membutuhkan minyak sawit, sepeda motor, dan tentu yang paling populer mie instan Indonesia,” ungkap JK di Bali Nusa Dua Convention Center, kemarin (10/4).

Hadir pula dalam pertemuan itu Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menter Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain itu, barang komoditi lain yang akan diekspor ke Afrika adalah kapal dan kereta api. Ada pula barang-barang tekstil yang dikirim ke benua tersebut. ”Daripada orang Afrika penuhin (Pasar) Tanah Abang untuk beli tekstil, lebih baek kita kirim ke situ. Lebih baek harganya kan,” imbuh dia.

JK memperinci pada 2017 perdagangan Indonesia dengan beberapa negara Afrika meningkat tajam. Misalnya dengan Liberia meningkat 284 persen, Comoro (268 persen), Gabon (215), Togo (105), Burundi (105), dan Cabo Verde (100). ”Sedangkan investasi Afrika di Indonesia pada 2017 mencapai USD 1,28 miliar,” tambah dia.

IAF yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center hingga hari ini (11/4) itu diikuti sekitar 500 peserta dari 53 negara. Forum itu akan membahas kerja sama Indonesia dan Afrika di bidang pangan, infrastruktur, ekonomi kreatif dan ekonomi digital, energi, serta pembangunan. Kesepakatan bisnis yang dicapai lebih dari USD 500 juta.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menuturkan forum tersebut akan membuka pasar baru untuk ekspor. Ditargetkan bakal ada perjanjian-perjanjian perdagangan baru untuk meningkatkan ekspor.

”Salah satu yang menjadi prioritas adalah negara-negara yang disebut sebagai pasar non-traditional. dan peningkatannya tajam sekali,” ujar dia. (jun/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Facebook Masih Belum Patuh
Facebook Masih Belum Patuh

Berita Sejenis

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga Budi Mulya Tagih Janji KPK

Keluarga terpidana mantan Deputi Bidang Moneter Bank Indonesia (BI) Budi Mulya kembali mendatangi gedung KPK kemarin (19/9).


TKW Dijual Online

TKW Dijual Online

Salah satu situs jual beli online Singapura Carousell kedapatan memasang iklan penjualan beberapa Pekerja Migran Indonesia perempuan (TKW).


Pimen Kiye, Empat dari 10 Anak Indonesia Kerdil

Pimen Kiye, Empat dari 10 Anak Indonesia Kerdil

Kemarin (16/9) pemerintah menyerukan dimulainya Kampanye Nasional Pencegahan Stunting secara nasional.


Jokowi Bantah Kampanye di Iklan Capaian di Bioskop

Jokowi Bantah Kampanye di Iklan Capaian di Bioskop

Penayangan iklan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menayangkan capaian pemerintah terus mendapat protes dari partai Gerakan Indonesia Raya.


Kemenlu Berharap Bukan WNI

Kemenlu Berharap Bukan WNI

Beredar kabar bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban penculikan di perairan Semporna, Sabah, Malaysia.


Jokowi Minta Restu Sinta Nuriyah

Jokowi Minta Restu Sinta Nuriyah

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin akhirnya mengumumkan nama Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK).


Kepala Daerah Tersangka Tetap Wajib Dilantik

Kepala Daerah Tersangka Tetap Wajib Dilantik

Kepala daerah terpilih yang menjadi tersangka kasus pidana bukan hal yang baru di Indonesia.


Erupsi Semeru Mulai Ganggu Penerbangan

Erupsi Semeru Mulai Ganggu Penerbangan

Erupsi Gunung Semeru kemarin membuat Maskapai Garuda Indonesia mengalihkan penerbangan dari Jakarta menuju Malang ke Surabaya.


Vaksin MR Haram tapi Diperbolehkan

Vaksin MR Haram tapi Diperbolehkan

Setelah menggelar rapat selama dua jam, tadi malam pukul 22.00 Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait vaksin measles-rubella (MR).


Idul Adha Arab Saudi Selasa, Indonesia Rabu

Idul Adha Arab Saudi Selasa, Indonesia Rabu

Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha (10 Dzulhijjah) jatuh pada 22 Agustus.



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!