Nasional
Share this on:

Afrika Butuh Mie Instan Indonesia

  • Afrika Butuh Mie Instan Indonesia
  • Afrika Butuh Mie Instan Indonesia

NUSA DUA - Hubungan ekonomi Indonesia dengan negara-negara di Afrika bakal semakin meningkat. Wakil Presiden Jusuf Kalla yang membuka Indonesia-Afrika Forum (IAF) 2018 optimistis perdagangan yang telah mencapai USD 8,84 miliar pada 2017 atau meningkat 15,25 persen dari 2016.

JK menuturkan selama ini hubungan yang terjalin dengan negara Afrika itu lebih banyak di bidang politik. Hubungan ekonomi memang perlu dikembangkan terus menerus di sektor investasi dan perdagangan. Dia berharap ada peningkatan tiga kali lipat kerjasama peningkatan kapasitas dan teknik dengan Afrika.

”Indonesia membutuhkan minyak mentah, kapas, biji kopi dari Afrika. Sedangkan Afrika membutuhkan minyak sawit, sepeda motor, dan tentu yang paling populer mie instan Indonesia,” ungkap JK di Bali Nusa Dua Convention Center, kemarin (10/4).

Hadir pula dalam pertemuan itu Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menter Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain itu, barang komoditi lain yang akan diekspor ke Afrika adalah kapal dan kereta api. Ada pula barang-barang tekstil yang dikirim ke benua tersebut. ”Daripada orang Afrika penuhin (Pasar) Tanah Abang untuk beli tekstil, lebih baek kita kirim ke situ. Lebih baek harganya kan,” imbuh dia.

JK memperinci pada 2017 perdagangan Indonesia dengan beberapa negara Afrika meningkat tajam. Misalnya dengan Liberia meningkat 284 persen, Comoro (268 persen), Gabon (215), Togo (105), Burundi (105), dan Cabo Verde (100). ”Sedangkan investasi Afrika di Indonesia pada 2017 mencapai USD 1,28 miliar,” tambah dia.

IAF yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center hingga hari ini (11/4) itu diikuti sekitar 500 peserta dari 53 negara. Forum itu akan membahas kerja sama Indonesia dan Afrika di bidang pangan, infrastruktur, ekonomi kreatif dan ekonomi digital, energi, serta pembangunan. Kesepakatan bisnis yang dicapai lebih dari USD 500 juta.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menuturkan forum tersebut akan membuka pasar baru untuk ekspor. Ditargetkan bakal ada perjanjian-perjanjian perdagangan baru untuk meningkatkan ekspor.

”Salah satu yang menjadi prioritas adalah negara-negara yang disebut sebagai pasar non-traditional. dan peningkatannya tajam sekali,” ujar dia. (jun/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya

Facebook Masih Belum Patuh
Facebook Masih Belum Patuh

Berita Sejenis

Kesepakatan Belum Mengikat

Kesepakatan Belum Mengikat

Kementerian BUMN memastikan transaksi jual beli 51 persen saham divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI) bakal selesai pada September 2018.


Banjir Hadiah Menanti Zohri

Banjir Hadiah Menanti Zohri

Sprinter muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri langsung kebanjiran hadiah setelah menjadi juara dunia lari 100 meter kejuaraan dunia U-20.


Digitalisasi Televisi Dimulai Lagi

Digitalisasi Televisi Dimulai Lagi

Setelah sempat padam, rencana untuk digitalisasi saluran televisi di indonesia kembali dihidupkan oleh pemerintah.


Indonesia Mulai Loby AS

Indonesia Mulai Loby AS

Mata pemerintah dan pelaku usaha kini tertuju pada sengitnya perang dagang antara dua raksasa ekonomi dunia, Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.


Optimis Salip Malaysia Tahun Depan

Optimis Salip Malaysia Tahun Depan

Jumlah publikasi internasional Indonesia tahun ini mengalami peningkatan signifikan.


Rupiah Loyo, Harga BBM Naik Lagi

Rupiah Loyo, Harga BBM Naik Lagi

PT Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM, khususnya Pertamax Series dan Dex Series mulai kemarin (1/7) dan berlaku di SPBU seluruh Indonesia.


Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Larangan Berkunjung ke Israel Efektif Mulai Besok

Akhir Mei lalu pemerintah Israel mengumumkan larangan berkunjung bagi masyarakat Indonesia. Ketentuan larangan kunjungan ini berlaku efektif mulai besok (9/6).


Sekolah Negeri Butuh 988.133 Guru PNS

Sekolah Negeri Butuh 988.133 Guru PNS

Kebutuhan guru yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) di sekolah negeri berjumlah 988.133 orang.


Israel Boiktot Warga Berpaspor Indonesia

Israel Boiktot Warga Berpaspor Indonesia

Kebijakan Pemerintah Israel melarang Warga Negara Indonesia (WNI) masuk ke wilayahnya disayangkan pemerintah.


Brunei Beli Senjata dan Tank Anoa

Brunei Beli Senjata dan Tank Anoa

Lawatan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah ke Indonesia menguatkan kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya bidang pertahanan.



Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!