Nasional
Share this on:

Ajukan Justice Collaborator, Setnov Siap Buka-bukaan

  • Ajukan Justice Collaborator, Setnov Siap Buka-bukaan
  • Ajukan Justice Collaborator, Setnov Siap Buka-bukaan

JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H. Laoly akhirnya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kemarin. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo dalam kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

”Sebagai warga negara yang baik, kita datang,” ujar Yasonna usai diperiksa.

Yasonna mengaku pertanyaan yang diajukan penyidik kemarin tidak berbeda dengan sebelumnya atau saat penyidikan kasus tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong. Yasonna pernah diperiksa KPK pada 3 Juli lalu.

”Saya kan gak berubah dengan yang lain, mengenai kasusnya sama,” ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Selain Yasonna, KPK kemarin juga mengagendakan pemeriksaan keluarga Setnov. Mulai dari istri, Deisti Astriani Tagor, dan dua anak, Rheza Herwindo serta Dwina Michaella.

Bahkan, Setnov turut pula diperiksa setelah pemeriksaan keluarga. Sayang, baik Setnov maupun keluarganya tidak ada satu pun yang mau memberikan komentar saat ditanya soal materi pemeriksaan.

Bukan hanya itu, KPK kemarin juga memeriksa mantan politikus Partai Hanura Miryam S. Haryani. Politikus yang terjerat kasus memberikan keterangan tidak benar di persidangan e-KTP itu juga diperiksa untuk Anang.

Hanya, Miryam mengaku tidak mengenal direktur utama PT Quadra Solution itu. ”Saya tidak kenal,” tuturnya usai diperiksa.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pihaknya memang tengah melakukan pemeriksaan secara maraton untuk menemukan tersangka lain dalam kasus e-KTP. Tersangka baru itu berasal dari kelompok swasta.

”Pengembangan perkara e-KTP untuk menemukan tersangka lain,” tutur mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) tersebut.

Penasehat hukum (PH) Setnov, Firman Wijaya menambahkan, kliennya berencana mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) dalam kasus e-KTP. Itu artinya, Setnov dipastikan bakal membuka keterlibatan pihak lain, khususnya politisi DPR, yang disinyalir terlibat dalam korupsi berjamaah proyek senilai Rp5,9 triliun itu.

”Benar (mengajukan JC), yang penting konsep protection cooperating person clear terhadap posisi Pak Novanto,” ujarnya saat dihubungi Jawa Pos (induk radartegal.com).

Lantas siapa pihak lain yang akan diungkap Setnov? ”Lebih jauh kami bisa membuktikan seperti apa sebenarnya posisi pak SN (Setnov) dalam kasus e-KTP,” kelit Firman. (tyo/jpg)

Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Nuril Berniat Ajukan PK Besok

Nuril Berniat Ajukan PK Besok

Tim Penasihat Hukum Baiq Nuril Maknun sedang bersiap diri mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA).


Biaya Haji Tahun Depan Rp39 Juta

Biaya Haji Tahun Depan Rp39 Juta

Calon jamaah haji (CJH) yang berangkat tahun depan siap-siap merogoh kocek lebih dalam.


Baiq Nuril Resmi Dilindungi LPSK

Baiq Nuril Resmi Dilindungi LPSK

Perempuan-perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual harus berani buka suara.


Mendagri Buka Sarasehan Kemaritiman dan Melantik Pengurus ASPEKSINDO

Mendagri Buka Sarasehan Kemaritiman dan Melantik Pengurus ASPEKSINDO

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, dijadwalkan membuka rembuk kemaritiman nasional yang digelar ASPEKSINDO pada 16-18 November 2018.


Akhir Tahun, 13 Tol Siap Beroperasi

Akhir Tahun, 13 Tol Siap Beroperasi

Pada akhir tahun 2018, 13 ruas Jalan Tol. Ruas-ruas baru tersebut masih lanjutan dari megaproyek Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera.


Tekan Biaya Meeting, Panitia Tak Sediakan Wine

Tekan Biaya Meeting, Panitia Tak Sediakan Wine

Bali semakin siap menyambut kedatangan para delegasi acara pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF)-World Bank Group di Nusa Dua, Kabupaten Badung.


Pelaku Lain Mengarah ke Setnov

Pelaku Lain Mengarah ke Setnov

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menyelesaikan penyidikan tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR (nonaktif) Eni Maulani Saragih.


KPK Umbar Penyelidikan Newmont

KPK Umbar Penyelidikan Newmont

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka-bukaan soal penyelidikan dugaan korupsi penjualan saham PT Newmont Nusa Tenggara kepada PT Amman Mineral Internasional.


Setnov Akui Perintah Eni

Setnov Akui Perintah Eni

Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) akhirnya membuka keterlibatannya terkait dugaan suap kesepakatan kerjasama pembangunan proyek PLTU Riau 1.


Siap-siap, Pemerintah Buka Lowongan 238.015 CPNS Baru

Siap-siap, Pemerintah Buka Lowongan 238.015 CPNS Baru

Pemerintah akhirnya menetapkan besaran kuota CPNS baru 2018. Total kuota yang disiapkan mencapai 238.015 kursi.



Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!