Nasional
Share this on:

Ambruknya Jembatan Widang Tak Akan Ganggu Mudik

  • Ambruknya Jembatan Widang Tak Akan Ganggu Mudik
  • Ambruknya Jembatan Widang Tak Akan Ganggu Mudik

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimis jika ambruknya Jembatan Widang di Tuban Jawa Timur tidak akan mengganggu arus mudik. Kementerian tersebut telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengatasi antrean mengular di sekitar Jembatan Widang.

Terkait ambruknya jembatan Widang Tuban, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi kemarin mengakui jika ada kelebihan muatan. ”Ada tiga kendaraan yang berjejer,” ujarnya. Tiga kendaraan tersebut yang menyebabkan jembatan ambruk.

Namun Budi menampik jika tidak ada pengawasan di jembatan timbang. Dia mengakui jika tidak ada jembatan timbang di sisi jembatan yang roboh. ”Jembatan timbang ada di bagian lajur dari Lamongan ke Tuban,” ujar Budi saat ditemui di sela-sela penandatanganan SKB 3 menteri di Kantor Kemenko PMK.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan arus mudik lebaran nanti tidak akan terganggu. Untuk penanganan manajemen lalu lintas pasca kejadian dibagi menjadi dua. Untuk kendaraan kecil, baik dari arah Tuban maupun arah Lamongan akan dibuat dua arah di Jembatan Widang Baru.

Sedangkan untuk truk pengangkut barang dari arah Surabaya ke Tuban akan diarahkan dari Paciran-Gondong-Tuban. Jika kendaraan yang sudah masuk ke arah Lamongan akan diarahkan ke Cepu-Blora-Purwodadi. Untuk kendaraan dari arah Tuban ke Surabaya akan dialihkan ke Jalan Dendles-Tuban-Gondong-Paciran-Surabaya.

Menhub menegaskan bahwa dari Kementerian PUPR berkomitmen akan memperbaiki jembatan dengan memakan waktu kurang lebih 45 hari. Artinya sebelum Lebaran sudah selesai. ”Tapi kami juga menyiapkan, seperti yang kami sampaikan tadi jalur itu adalah lewat utara dan selatan yang memungkinkan sebagai alternatif,” katanya.

Alternatif lainnya adalah memindahkan angkutan truk menggunakan kapal Ro-Ro dari Surabaya ke Semarang. Diharapkan satu kapal Ro-Ro itu bisa mengangkut 200 truk yang diangkut dari Surabaya langsung ke Semarang. Alternatif kedua adalah mengefektifkan angkutan-angkutan massal seperti bus.

Menurut Menhub akan diberikan sejumlah bus yang beroperasi antara Semarang dan Surabaya. ”Bila dimungkinkan kita akan memberikan mudik gratis dari Surabaya ke Semarang atau sebaliknya. Sehingga kepadatan lalu lintas mobil-mobil kecil bisa ditekan. Jadi kami akan diskusikan segera dengan Dishub Jateng dan Dishub Jatim supaya daerah ini menjadi suatu perhatian untuk menghadapi Lebaran ini,” pungkas Budi. (lyn/jpg)

Berita Sebelumnya

Cuti Lebaran Ditambah Tiga Hari
Cuti Lebaran Ditambah Tiga Hari

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Cross Beams Jatuh, Jembatan Kalikuto Tetap Tepat Waktu

Cross Beams Jatuh, Jembatan Kalikuto Tetap Tepat Waktu

Perbaikan Jembatan Tol Kalikuto di ruas Batang-Semarang segera dilakukan.


Jumlah Formasi CPNS diputuskan Pekan Depan

Jumlah Formasi CPNS diputuskan Pekan Depan

Teka-teki terkait formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka pada tahun ini akan segera diketahui.


KPU Tolak Eks Napi Koruptor Nyaleg

KPU Tolak Eks Napi Koruptor Nyaleg

Pendaftaran calon legislatif (caleg) akan mulai dibuka besok (4/7).


Pemerintah Bersihkan Pejabat Nakal

Pemerintah Bersihkan Pejabat Nakal

Insiden KM Sinar Bangun di Danau Toba pekan lalu (18/6) masuk catatan buruk dalam arus mudik dan balik tahun ini.


Arus Mudik Semakin Landai

Arus Mudik Semakin Landai

Mendekati hari H lebaran, arus mudik masih terus terjadi. Di beberapa moda transportasi, jumlah pemudik semakin sedikit.


Pemudik Roda Dua dan Pribadi Turun

Pemudik Roda Dua dan Pribadi Turun

Puncak arus mudik pertama yang diperkirakan Kementerian Perhubungan bisa dianggap lancar. Jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua pun berkurang.


Marak Pelemparan Batu, Jasa Marga Perketat Pengawasan

Marak Pelemparan Batu, Jasa Marga Perketat Pengawasan

Pasca insiden pelemparan batu dari jembatan penyeberangan Km 6 Jalan Tol Jakarta Cikampek, PT Jasa Marga akan memperketat pengawasan di titik-titik rawan.


Mobil Dinas Dilarang Buat Mudik

Mobil Dinas Dilarang Buat Mudik

Bagi aparatur sipil negara (ASN) yang ingin menggunakan kendaraan dinas untuk mudik Lebaran, tampaknya, harus mengurungkan niatnya.


Densus 88 Gagalkan Serangan Bom ke DPR

Densus 88 Gagalkan Serangan Bom ke DPR

Densus 88 Anti Teror berhasil mencegah terjadinya serangan aksi bom yang akan menyasar gedung DPR, Sabtu (2/6) lalu.


Bos First Travel Divonis Maksimal

Bos First Travel Divonis Maksimal

Seolah air matanya telah mengering, tak ada raut sedih yang berlebihan dari Anniesa Hasibuan dan dua terdakwa kasus penipuan haji dan umroh lainnya



Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!