Nasional
Share this on:

Anies-Sandi Diskusikan Wajah Jakarta dengan Jokowi

  • Anies-Sandi Diskusikan Wajah Jakarta dengan Jokowi
  • Anies-Sandi Diskusikan Wajah Jakarta dengan Jokowi

JAKARTA - Pembangunan DKI Jakarta menjadi bahasan utama saat Presiden Joko Widodo memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno kemarin (25/10). Diskusi di ruang kerja Presiden di Istana Merdeka itu juga menjadi pertemuan pertama Anies dengan mantan Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Anies, setidaknya ada enam topik yang menjadi fokus pembicaraan bersama Presiden. Masing-masing Asian Games, MRT, LRT, trotoar, penanggulangan banjir, dan penataan kampung kumuh. Dalam diskusi trsebut, hadir pula Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Seskab Pramono Anung.

Pertemuan di awal tampak berlangsung penuh tawa. Sempat terdengar Jokowi, Anies, dan Sandi bercanda soal pakaian dinas harian (PDH) yang menjadi pembicaraan netizen beberapa hari belakangan. Presiden berada di tengah, Anies dan Sandi di kiri, sedangkan Pramono dan Budi Karya di sisi kanan Presiden. Sementra itu, Basuki terlambat hadir dalam pertemuan tersebut.

Keenam topik pembicaraan bermuara pada perubahan wajah Jakarta. Mengingat, ke depan Jakarta akan terus menjadi tuan rumah berbagai event internasional. Salah satu yang terbesar dan paling dekat adalah Asian Games 2018. Saat ini, perhatian masyarakat Asia akan tertuju ke Indonesia yang diwakili Jakarta dan Palembang.

’’Kami ingin memastikan bahwa masyarakat dunia internasional yang datang ke Jakarta itu akan mendapatkan pengalaman baik selama berada di sini,’’ terang Anies usai pertemuan tertutup selama satu jam itu. Karenanya, pembicaraan terkait persiapan Asian Games dilakukan dengan mendetail.

Termasuk di dalamnya progres penyelesaian proyek moda transportasi baik MRT maupun LRT. Sebab, kedua proyek itu diharapkan bisa menjadi pengurang kemacetan di Jakarta. ’’Kami sudah melihat progres MRT dan LRT, dan kami ingin memastikan semua proyek berjalan on time, on budget, dan berkualitas,’’ lanjut mantan Mendikbud itu.

Dalam penanggulangan banjir, dibahas mengenai progres sodetan Kali Ciliwung yang akan terhubung langsung ke Kanal Banjir Timur. Unuk penataan kampung kumuh, Anies sepakat bahwa tidak bisa diperbaiki secara horizontal. ’’Ada pembangunan rumah yang harus dilakukan secara vertikal, sehingga lahannya tetap bisa dipakai,’’ tutur Anies.

Masyarakat setempat tetap bisa tinggal di lahan tersebut dalam bentuk vertikal, namun yang terpenting kawasan pemukimannya tidak lagi kumuh. Pemukiman akan menjadi lebih bersih dan sehat, sehingga warga setempat juga tidak mudah terkena penyakit.

Konsep penataannya tentu akan berbeda antara satu wilayah dnegan wilayah yag lain. Yang jelas, di Jakarta saat ini ada 220 kampung yang bisa masuk kategori kumuh.

Pertemuan Anies dan Jokowi secara resmi juga sekaligus mengawali rangkaian pertemuan gubernur DKI dengan para pendahulunya. Anies berencana menemui Sutiyoso, bahkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat ini masih berada di tahanan Mako Brimob.

’’Nanti kami atur waktunya, kami cocokkan. Tapi yang jelas semua akan ditemui,’’ ujar Anies.

Dari Jokowi, dia mendapatkan sejumlah pengalaman dalam menjalankan pemerintahan di DKI Jakarta. Baik dalam berhubungan dengan birokrasi, warga, hingga DPRD. ’’Penting bagi seorang gubernur untuk berkomunikasi dnegan semua pihak,’’ tambahnya. Pengalaman lainnya yang dibagi adalah penataan kawasan, seperti waduk Pluit.

Di sisi lain, kehadiran para menteri tersebut terkait dengan rencana menjadikan kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, menjadi pusat transportasi di Jakarta. Budi Karya menuturkan, kunci pembangunan moda transportasi adalah konektivitas. Itu yang akan dibuat di Jakarta.

’’Dukuh Atas bisa menjadi titik perjumpaan dari paling banyak moda,’’ terangnya.

Saat ini, di kawasan Dukuh Atas terdapat stasiun Sudirman yang biasa digunakan untuk pemberhentian KRL dari Tanah Abang, Jakpus, maupun Manggarai, Jaksel. Juga ada halte TransJakarta koridor 1 yang menghubungkan kawasan Harmoni di Pusat dan Blok M di Selatan.

Ke depan, moda MRT dari Lebak Bulus, Jaksel, juga akan berhenti di Dukuh Atas. LRT dari Bekasi ke Kemayoran, Jakpus, akan diperpanjang rutenya hingga ke Dukuh Atas. Begitu pula kereta bandara, yang stasiunnya saat ini sedang dalam proses pembangunan. ’’Kereta bandara akan kami resmikan akhir November, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit,’’ lanjut mantan Dirut PT Agkasa Pura II itu. Untuk masa-masa awal, kereta bandara akan tersedia setiap setengah jam.

Dengan demikian, ke depan bakal dibangun sebuah kompleks stasiun besar di kawasan Dukuh Atas. Stasiun tersebut akan menjadi muara semua moda transportasi, sehingga bisa saling terhubung. Masyarakat juga bisa dengan mudah berganti moda transportasi di stasiun itu.

’’Mungkin tahun depan akan kita mulai,’’ tambah Budi. (byu/oki/jpnn)


Berita Sebelumnya

Berita Berikutnya


Berita Sejenis

Episode Terbaru, KPK vs Setnov

Episode Terbaru, KPK vs Setnov

Setnov tidak bisa berkelit ketika ketua majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta Yanto memerintahkan JPU KPK membaca surat dakwaan, kemarin (13/12).


Hadi Ajak Kapolri Ngopi

Hadi Ajak Kapolri Ngopi

Hari pertama mejabat sebagai Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto langsung disibukkan dengan berbagai agenda.


Regulasi Ruwet Celah Korupsi

Regulasi Ruwet Celah Korupsi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmennya terhadap pemberantasan korupsi.


Jokowi Ditagih Janji Penyelesaian Kasus HAM

Jokowi Ditagih Janji Penyelesaian Kasus HAM

Penyelesaian kasus-kasus hak asasi manusia (HAM) masa lalu kembali dipertanyakan dalam peringatan hari HAM Internasional, kemarin (10/12).


Jenderal Asal Tegal Itu Pamitan Sebelum Sertijab

Jenderal Asal Tegal Itu Pamitan Sebelum Sertijab

Senyum lepas tampak dari wajah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat mengunjungi Komando Armada kawasan Timur (Koarmatim).


Hmmm... Proyek Kereta Cepat Maju Mundur Maju Mundur Cantik

Hmmm... Proyek Kereta Cepat Maju Mundur Maju Mundur Cantik

Setelah sempat dijanjikan rampung pada November 2017, desain proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Surabaya akhirnya mundur lagi ke bulan Maret.


KPK: Setnov Lebih Terhormat Ikuti Sidang

KPK: Setnov Lebih Terhormat Ikuti Sidang

Upaya praperadilan Setya Novanto (Setnov) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan akhirnya pupus.


Dittipikor Fokus Selesaikan 40 Kasus Korupsi

Dittipikor Fokus Selesaikan 40 Kasus Korupsi

Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan kasus korupsi yang ditangani.


Bos Reklamasi Serahkan Berkas-berkas ke KPK

Bos Reklamasi Serahkan Berkas-berkas ke KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengumpulkan bukti-bukti dalam penyelidikan indikasi rasuah reklamasi Teluk Jakarta.


Dua Terduga Teroris Muncul, Polres Dharmasraya Terbakar

Dua Terduga Teroris Muncul, Polres Dharmasraya Terbakar

Aksi teror dengan modus baru terjadi di Polres Dharmasraya kemarin dinihari (12/11).



Berita Hari Ini

Kolom

Video

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!